Pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 29 May 2020, Dibaca : 86 Kali

Jakarta - Selamat atas pelantikan pejabat administrator dan pengawas pada lingkungan Ditjen Kesmas. Selamat bekerja dan bertugas kepada :


1. Mahmud Fauzi S.K.M, M.Kes sebagai  Kasubdit  Pengelolaan Konsumsi Gizi, Dit Gizi Masyarakat


2. Adhi Sambodo, S.T., M.K.M. sebagai Kasi Peningkatan  Higiene dan Sanitasi Pangan, Dit. Kesling


3. Is Faizah, S.T sebagai Kasubbag Pengelolaan Barang Milik Negara, Setditjen Kesmas


4. dr. Lora Aguatina, M.K.M sebagai Kasi Pengamanan  Limbah, Dit.Kesling


5. dr. Nindya Savitri, M.K.M sebagai Kasi Akses Kesehatan Lanjut Usia,  Dit.kesga


#dukunggermas #lawancovid19

Selengkapnya

Keluarga Sayang Lansia, Keluarga Bahagia

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 29 May 2020, Dibaca : 33 Kali

Jakarta - Setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Tema tahun ini mengangkat "Negara Hadir Untuk Lanjut Usia" dengan sub tema "Keluarga Sayang Lansia, Keluarga Bahagia". 

 

Di Indonesia yang dimaksud dengan lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. lansia adalah bagian siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang, yang dapat berdaya guna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat. Agar dapat berdaya guna Lansia harus sehat dan dipersiapkan sedini mungkin, serta berada di lingkungan yang mendukung potensi yang dimilikinya.

 

Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, penyakit yang terbanyak pada lansia untuk penyakit tidak men

Selengkapnya

Jubir Covid :Covid-19 di Beberapa Daerah Sudah Terkendali

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 29 May 2020, Dibaca : 33 Kali

Jakarta - Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan secara garis besar beberapa provinsi di Tanah Air telah menunjukkan gambaran bagus. Tidak ada lagi penambahan kasus Covid-19 signifikan, tidak ada lagi perluasan daerah terdampak, dan tidak ada penularan local yang tidak terkendali.

 
''Artinya di daerah tersebut Covid-19 sudah mulai terkendali dan sudah mulai kita sarankan lakukan relaksasi tanpa meninggalkan aspek protokol kesehatan untuk tetap menjamin aman dari Covid-19,'' katanya pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (27/5).
 
Namun demikian protokol kesehatan tetap harus diterapkan seiring dengan dimulainya era New Normal. Pada era New Normal masyara
Selengkapnya

Protokol Kesehatan di Sektor Jasa dan Perdagangan

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 29 May 2020, Dibaca : 46 Kali

Jakarta - Pandemi memaksa bangsa Indonesia hidup dengan tatanan hidup baru (New Normal) bersama Covid-19 yaitu : Kondisi dimana masyarakat dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan melakukan adaptasi untuk dapat hidup berdampingan dengan Covid-19. Karena Masyarakat perlu beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (Bekerja, berdagang, mengajar, bersosialisasi, aktualisasi diri) maka perlu adanya peraturan baru, gaya hidup yang baru serta kebiasaan baru yang dapat menjadikan masyarakat sehat bugar produktif.



Protokol ini bisa diunduh disini


#dukungGERMAS #LawanCovid19 #newnormal #normalbaru

Selengkapnya

Selamat Idul Fitri 1441 H

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 23 May 2020, Dibaca : 118 Kali

 

Jakarta - Keluarga Besar Ditjen Kesmas mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

 

Jaga Kesehatan Jaga Silahturahmi
Jalani kehidupan Normal Baru yang lebih sehat

 

Selengkapnya

Kampanye Perubahan Perilaku, Pemerintah Sediakan Layanan Informasi Covid-19 di nomor 321

Dipublikasikan Pada : Rabu, 20 May 2020, Dibaca : 323 Kali

Jakarta - Perubahan perilaku merupakan hal yang sangat penting untuk menekan penyebaran Covid-19. Karena itu pemerintah menyediakan layanan Interactive Voice Response (IVR) 321 sebagai salah satu media edukasi pencegahan Covid-19.

 
Layanan tersebut diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan, USAID, dan PT XL Axiata Tbk dan dilaunching hari ini, Selasa (19/5). 
 
Launching Kampanye Berubah Usir Wabah, Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19 dan layanan 321 interactive Voice Response dilakukan secara virtual di Jakarta. Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto mengatakan wabah Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, tetapi juga aspek kemanusiaan, sosial
Selengkapnya

Kemenkes dan TVRI Kerjasama Lawan COVID 19

Dipublikasikan Pada : Selasa, 19 May 2020, Dibaca : 146 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan RI dan TVRI sepakati kerja sama lawan Covid-19 bidang publikasi, informasi, dan edukasi. Kerja sama dilakukan karena banyaknya kekhawatiran masyarakat terhadap situasi pandemi Covid-19.

 

Sekretaris Jenderal Kemenkes RI drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan situasi pandemi Covid-19 menimbulkan kekhawatiran masyarakat dan membuat mereka tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat mengenai Covid-19, miss informasi, hoaks, dan juga tidak lengkapan informasi yang mereka dapatkan.

 

“Kementerian Kesehatan perlu melakukan penyebarluasan informasi khusus terkait Covid-19 guna memberikan informasi dan edukasi yang benar bagi masyarakat. Harapannya mas

Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Tuntut Masyarakat Hidup Normal yang Baru

Dipublikasikan Pada : Senin, 18 May 2020, Dibaca : 150 Kali

Jakarta - Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyampaikan bahwa virus Covid-19 tidak bisa hilang dalam waktu singkat dan menjadi masalah di seluruh dunia. Oleh karena itu tatanan hidup normal yang baru perlu diterapkan oleh masyarakat.

 

“Kita harus memiliki komitmen kuat untuk berdampingan dengan situasi seperti ini (pandemi Covid-19). Oleh karena itu kita harus mulai mengubah budaya dasar kita menuju budaya dasar yang baru atau menuju ke kehidupan normal yang baru,” kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (18/5).

 

Kehidupan normal yang baru, kata dr. Achmad, adalah kebiasaan-kebiasaan untuk hidup bersih dan sehat, untuk

Selengkapnya

Pasien Covid-19 Sembuh Capai 3 Ribu

Dipublikasikan Pada : Rabu, 13 May 2020, Dibaca : 158 Kali

Jakarta - Jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh terus terjadi penambahan. Hingga hari ini pukul 12.00 WIB pasien sembuh dari Covid-19 tercatat 3.063 orang.

 
Ada penambahan 182 orang pasien sembuh per hari ini, kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto, di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (12/5).
 
Ia menambahkan bahwa jumlah kasus konfirmasi positif pun bertambah sebanyak 484 sehingga total 14.749. Pasien meninggal bertambah 16 total 1.007.
 
Data itu didapat dari hasil pemeriksaan spesimen sebanyak 165.128 dari 119.728 orang. Sudah 376 kabupaten/kota terdampak Covid-19 di 34 provinsi.
 
''Data inilah yang menggambarkan adanya upaya kerja keras kita bersama untuk mencegah p
Selengkapnya

Tidak Mudik Untuk Cegah COVID-19

Dipublikasikan Pada : Selasa, 12 May 2020, Dibaca : 149 Kali

Jakarta - Mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa. Namun untuk kali dengan situasi pandemi Covid-19 Pemerintah meminta masyarakat untuk tidak mudik.

 

Pemerintah meminta setiap orang untuk berpartisipasi secara aktif dalam penanganan Covid-19 dengan cara memutus rantai penularan. Salah satunya dengan tidak mudik ke kampung halaman. Jangan mudik, jangan berpergian. Pastikan kita tidak tertular dan tidak menulari orang lain.

 

Mudik berpotensi menularkan virus corona kepada keluarga di kampung halaman. Meskipun tanpa gejala apapun langkah yang paling aman adalah tidak mudik dan tidak berpergian kemana pun.

 

Marilah kita lindungi orang di kampun

Selengkapnya