Sekretariat Ditjen Kesmas Gelar Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Satker

Dipublikasikan Pada : Kamis, 16 November 2017, Dibaca : 19 Kali

Bekasi – Rabu, 15 November 2017. Menjelang akhir tahun anggaran tahun 2017, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat selaku Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran tingkat Eselon I (UAPPA-E1)bersiap untuk melakukan penyusunan laporan keuangan. Sebagai salah satu rangkaiannya, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat melalui Setditjen Kesehatan Masyarakat melaksanakan persiapan penyusunan laporan keuangan yang diikuti olehperwakilan provinsi penanggungjawab program dan seluruh Satker Ditjen Kesmas bertempat di Hotel Santika Mega City, Bekasi.

 

Diselenggarakan pada 15 – 18 November 2017, Persiapan ini dilakukan mengingat pentingnya kerjasama dari semua Satuan Kerja program Kesehatan Mas

Selengkapnya

Sertijab Direktur Promosi Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Selasa, 14 November 2017, Dibaca : 33 Kali

JAKARTA - Senin 13 November 2017 bertempat di Ruang 208, Ditjen kesmas melakukan serah terima jabatan dari Plt. Direktur Promosi Kesehatan dr. Eni Gustina, MPH kepada dr. Riskiana Sukandhi Putra, M.Kes 

Selengkapnya

Biasakan Hidup Sehat, Pesan Pak Jusuf Kalla

Dipublikasikan Pada : Selasa, 14 November 2017, Dibaca : 33 Kali

JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) bersama masyarakat Jakarta hadir dalam acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53 di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (12/11/2017). Dalam sambutannya, ia mengajak masyarakat untuk membiasakan hidup sehat sejak kecil.

 

"Obat itu penting, tapi berolahraga merupakan kebiasaan sehat, tidak merokok, merupakan upaya kesehatan yang murah," ungkap Wapres.


Menurutnya, negara yang baik adalah negara yang masyarakatnya jarang ke rumah sakit. "Negara yang baik, yakni negara yang sehat. Rumah sakit baik, tapi sepi penghuninya, karena rakyatnya sehat."

 

Untuk itu, dia juga mengingatkan untuk membiasakan hidup sehat sejak kecil, mulai dari anak an

Selengkapnya

Usulan Rincian Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2018

Dipublikasikan Pada : Kamis, 09 November 2017, Dibaca : 0 Kali

Jakarta 09 November 2017

Usulan Rincian Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2018 Download Disini 

 

 

Selengkapnya

Pelantikan Direktur Promosi Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 03 November 2017, Dibaca : 103 Kali

JAKARTA - Bertempat di Ruang Leimena, Jumat (3/11) Menteri Kesehatan melantik Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan kemenkes RI.

 

Khusus di ingkungan Direktorat Jenderal kesmas yang dilantik adalah dr. Rizkiyana Sukandhi Putra, M.Kes sebagai Direktur Pomosi Kesehtaan dan Pemberdayaan Masyarakat. 

Selengkapnya

Puskesmas kakaskasen Terapkan SIKDA Generik Online untuk Pemantauan Program Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 26 Oktober 2017, Dibaca : 75 Kali

TOMOHON - Berbagai upaya dilakukan untuk memantau pencapaian program-program kesehatan.  Salah satunya dilakukan oleh Puskesmas Kakaskasen melalui aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik Online.

 

Aplikasi ini kata Kepala Puskesmas Kakaskasen drg. Jeand’arc F. Karundeng, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di  Puskesmas serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data serta informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

 

‘’Lewat aplikasi ini diharapkan akan membantu kami melakukan pemantauan program – program kesehatan dan menganalisa sebagai bahan perencanaan maupun intervensi yang harus dilakukan,’’ ungkap dr drg. Jeand’arc.

 

Kota Tomohon s

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Melihat Lansung Pembangunan Kesehatan di Provinsi Sulawesi Utara

Dipublikasikan Pada : Kamis, 26 Oktober 2017, Dibaca : 65 Kali

MANADO - Dirjen Kesmas beserta tim Media kesehatan melakukan kunjungan ke Provinsi Sulawesi Utara 18-19 Oktober untuk melihat langsung pembangunan kesehatan yang sudah berjalan, khususnya program-program kesehatan masyarakat ke beberapa lokasi yaitu (1). Puskesmas Bahu Kota Manado, (2). Posyandu Cerdas, Kota Manado, (3). Puskesmas Kakaskasen, Kota Tomohon, (4). SD Santa Clara, Kota Tomohon, (5). RSUD Sam Ratulangi, Kabupaten Minahasa dan (6). Desa Pinilih, Kabupaten Minahasa Utara.

 

Program-program tersebut adalah pelayanan promotif preventif, pelaksanaan Pendekatan Keluarga, SIKDA Generik, Desa bebas buang air besar sembarangan, promosi kesehtaan di sekolah, pelaksanaan GERMAS.

 

Sebelu

Selengkapnya

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dari Desa Pinilih

Dipublikasikan Pada : Kamis, 26 Oktober 2017, Dibaca : 68 Kali

MINAHASA UTARA - Berkunjung ke Desa Pinilih yang terletak di kecamatan Dimembe Minahasa Utara terasa sangat menyenangkan dengan hawa yang sejuk serta masyarakatnya yang ramah. Tapi sampai dengan tahun 2014, buang air besar sembarangan masih menjadi masalah di Desa tersebut.

 

Kepala desa Pinilih, Fedrik Longdong mengatakan bahwa pada tahun 2014 masih ada 58 kepala keluarga yang berperilaku buang air besar sembarangan, sedangkan pada tahun ini sudah tidak ada yang berperilaku seperti itu.

 

''Kebiasaan tidak sehat BAB sembarangan bisa menyebabkan penyakit Diare, Tifoid, dan gizi buruk'', ujar Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. Imran Agus Nurali, SpOK, kepada sejumlah media dalam

Selengkapnya

Sehat, Cantik dan Cerdas Tanpa Anemia

Dipublikasikan Pada : Selasa, 17 Oktober 2017, Dibaca : 98 Kali

Karawang – Siswi SMA N 5 Karawang riuh karena kedatangan tamu yang tidak biasa. Mereka adalah rombongan dari Nutrition International, DFAT, GAC dan Kementerian Kesehatan yang dihadiri oleh Tim dari Direktorat Gizi Masyarakat. Pada hari Senin, 16 Oktober 2017 Direktorat Gizi Masyarakat bersama rombongan mengunjungi SMA N 5 Karawang dalam rangka melihat langsung program pencegahan anemia pada remaja putri di sekolah yang dilaksanakan oleh SMA ini.

“Kunjungan ini adalah bentuk apresiasi untuk Kabupaten Karawang yang sudah inisiatif memulai program pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) di sekolah,” ujar Kepala Bidang Kesmas Dinkes Provinsi Jawa Barat. Sejak 2008 Kab.Karawang sudah memberikan T

Selengkapnya

Semarakkan Hari Kesehatan Nasional dengan Bersepeda 3 Ribu Kilometer

Dipublikasikan Pada : Senin, 16 Oktober 2017, Dibaca : 96 Kali

SABANG - Dirjen Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama sejumlah kalangan melakukan tur sepeda sekitar 3 ribu Kilometer dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53. Kegiatan tersebut sekaligus mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Anung Sugihantono menyampaikan tur sepeda ini contoh implementasi nyata dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2016 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

''Kemenkes berharap ini bukan yang pertama dan terakhir. Tidak hanya menginspirasi tapi juga menarik partisipasi masyarakat untuk berolah raga secara teratur,'' kata Anung dalam sambutannya pada Sabtu (14/10).

Tur sep

Selengkapnya