Ditjen Kesmas Ajak Peserta CFD Untuk Peduli Stunting

Dipublikasikan Pada : Selasa, 18 September 2018, Dibaca : 12 Kali

JAKARTA—Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, resmi untuk memulai kampanye Nasional Pencegahan Stunting pada Minggu pagi (16/9/2018) dengan melaksanakan Deklarasi Nasional di lapangan Monas, Jakarta.

Pada Minggu pagi itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dr.Kirana Pritasari, bersama dengan para pejabat lain di Kementerian Kesehatan, melaksanakn jalan kaki bersama menuju Monas Jakarta untuk mengajak peserta Car Free Day (CFD) turut peduli tehadap bahaya stunting.

 

Peserta yang dilepas langsung oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Menteri Kesehatan Nila F.Molelok itu, diikuti pula oleh pejabat lainnya seperti Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Gubernur DK

Selengkapnya

Ajakan Hidup sehat Melalui Pameran di Deklarasi Pencegahan Stunting

Dipublikasikan Pada : Senin, 17 September 2018, Dibaca : 34 Kali

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggelar stand booth di acara Kampanye Nasional Pencegahan Stunting yang dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Farid Moeloek serta beberapa pejabat lain yang berpusat di Monas, Minggu (16/9).

 

Pada kesempatan tersebut, Menkes Nila Moeloek berpesan kepada para orang tua, juga remaja selaku calon orang tua agar memahami bagaimana cara mencegah stunting, utamanya melalui perbaikan pola makan, pola pengasuhan, juga perhatikan kebersihan.


''Kalau tidak mau anak-anak kita stunting, kalau kasih makan anak-anak utamakan (sumber protein) untuk anak-anak d

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Mengajak Jurnalis Memberitakan Lebih Banyak Topik Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Senin, 17 September 2018, Dibaca : 12 Kali

Jakarta - Salah satu prioritas pembangunan kesehatan dalam RPJMN tahun 2015-2019 adalah perbaikan gizi khususnya menurunkan prevalensi Stunting. Dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Stunting harus dimulai secara tepat sebelum kelahiran dan berlanjut sampai anak berusia dua tahun. Intervensi yang paling menentukan untuk dapat mengurangi dan memperbaiki gangguan yang terjadi pada anak perlu dilakukan pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

 

Kementerian Kesehatan memberikan apresiasi sebesar – besarnya kepada Aliansi Jurnalis Independen Indonesia dan Danone Indonesia atas dukungannya terhadap pembangunan kesehatan di Indonesia dengan melaksanakan HNAJ guna peningkatan kapasitas jurnali

Selengkapnya

Indonesia Bawa Senam Poco-Poco ke Pertemuan WHO RC-71 di India

Dipublikasikan Pada : Rabu, 12 September 2018, Dibaca : 22 Kali

New Delhi, 5 September 2018

 

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Kirana Pritasari, MQIH, mengajak seluruh delegasi pertemuan WHO Regional Committee (RC) of South East Asia Region (SEAR) di New Delhi, India, untuk bersama-sama melakukan senam Poco-Poco, Rabu (5/9).

 

“Senam poco-poco merupakan senam yang diadaptasi dari berbagai tarian tradisional Indonesia. Senam ini berhasil meraih rekor dunia (baca: guinness world record) di hari yang sama dengan peluncuran ASEAN Car Free Day, beberapa waktu lalu menjelang pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta” ungkap Kirana kepada seluruh peserta RC-71, sesaat sebelum memulai senam.

 

Senam dipimpin ol

Selengkapnya

Ada ISI PIRINGKU pada Jakarta Eat Festival

Dipublikasikan Pada : Senin, 03 September 2018, Dibaca : 71 Kali

JAKARTA - Ditjen Kesmas Kemenkes RI bekerjasama dengan Femina Group mengadakan kampanye ISI PIRINGKU melalui Demo dan Talkshow dalam gelaran Jakarta Eat Festival 2018 di Gandaria City, 1 September 2018.

 

Direktur Kesehatan Keluarga sekaligus Plt. Direktur Promosi Kesehatan dr. Eni Gustina, MPH bersama dr. Rita Ramayulis, DCN dari PERSAGI memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana memahami cara menyiapkan makanan yang sehat serta membiasakan mengkonsumsi makanan sesuai dengan pola ISI PIRINGKU dalam kehidupan sehari-hari dengan host Inez Tagor.

 

Chef Norman Ismail juga ikut memasak makanan sehat yang praktis, menyampaikan cara mengolah makanan yang sehat hingga mempraktekkan penyiapan

Selengkapnya

Kunjungan Kerja Pertama Dirjen Kesmas Ke LKTM Palembang

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 24 Agustus 2018, Dibaca : 93 Kali

PALEMBANG---Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari, MQIH didampingi oleh Sekretaris Ditjen Kesmas dr.Kuwat Sri Hudoyo, MS pada Rabu (23/8/2018) kemarin melakukan kunjungan kerja pertamanya ke kantor baru Loka Kesehatan Tradisonal Masyarakat (LKTM) Palembang.

“Ini adalah kunjungan pertama saya ke kantor LKTM Palembang. Nanti saya akan meninjau gedung ini dan melihat pelayanan yang dilakukan di sini”, ujar dr. Kirana disela-sela kunjungannya.

 

Sebelum melaksanakan kunjungannya untuk meninjau fasilitas dan sarana yang ada di kantor LKTM yang baru itu, Dirjen Kesmas berkesempatan menyaksikan acara serah terima jabatan (Sertijab) dari dr. Febrika Wediasari kepada dr.Herma

Selengkapnya

Sesditjen Kesmas Saksikan Sertijab Kepala LKTM Palembang

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 24 Agustus 2018, Dibaca : 95 Kali

PALEMBANG---Serah Terima Jabatan (sertijab) Kepala Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) Palembang dari pejabat lama dr.Febrika Wediasari kepada pejabat baru dr.Hermanto telah dilaksanakan pada Rabu (23/8/2018) kemarin, di Aula gedung LKTM Palembang, jalan Inspektur Marjuki, Palembang.

Serah terima jabatan ini dilaksanakan dihadapan Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat, dr.Kuwat Sri Hudoyo, MS,  yang disaksikan oleh seluruh pegawai di lingkungan LKTM, dan juga oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari, MQIH bersamaan dengan kunjungan kerjanya untuk melihat gedung baru yang dimiliki oleh kantor tersebut.

 

Pada acara gelaran tersebut, Dirjen Kesmas menyampaikan araha

Selengkapnya

Rahasia Pemberian ASI Ekslusif Terhadap Pola Asuh Anak

Dipublikasikan Pada : Selasa, 21 Agustus 2018, Dibaca : 122 Kali

JAKARTA---Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI, dr.Kirana Pritasari, MQIH, dalam acara seminar ASI Nasional 2018 menyebut bahwa, beberapa  data kajian dan fakta  global dalam The Lancet Breasfeeding Series tahun 2016 membuktikan bahwa ASI Ekslusif dapat menurunkan angka kematian karena infeksi sebanyak 88% pada bayi berusia kurang dari 3 bulan.

 

Ia menambahkan, beberapa  studi menyebutkan bahwa dalam upaya pencegahan berat bayi lahir rendah (BBLR), stunting dan meningkatkan inisiasi menyusui dini (IMD), ASI Ekslusif berkontribusi dalam menurunkan risiko obesitas dan penyakit kronis.  Intinya, kata dr. Kitana, menyusui tidak hanya menurunkan angka kematian bayi, tetapi jugad

Selengkapnya

Pasca Gempa Harus Menjadi Perhatian Khusus

Dipublikasikan Pada : Senin, 20 Agustus 2018, Dibaca : 104 Kali

LOMBOK - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama tim Ditjen kesmas mengunjungi korban gempa bumi di Lombok, selama 3 hari mulai tanggal 17 hingga 19 Agustus. Pada kesempatan tersebut, Dirjen melakukan serangkaian kegiatan mulai dari memimpin rapat koordinasi penanganan kesehatan khususnya pada pengungsi pada tahap pasca bencana dengan tim kesehatan Provinsi, Kabupaten, LSM, NGO serta para relawan, selain itu juga mengunjungi temapat pengungsi korban gempa, Puskesmas yang terdampak serta memberikan bantuan untuk korban bencana.


Dirjen beserta rombongan melakukan peninjauan ke Puskesmas Gunungsari, Lokasi Pengungsian, Dapur Umum, tenda perawatan ibu

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Lantik 26 Pejabat Administrasi di Lingkungan Ditjen Kesmas Kemenkes

Dipublikasikan Pada : Kamis, 16 Agustus 2018, Dibaca : 324 Kali

JAKARTA - Pejabat Administrasi atau struktural eselon III dan IV harus memberikan konstribusi nyata dalam pembangunan kesehatan khususnya program kesehatan masyarakat. Selain itu harus memperhatikan peningkatan kinerja staf, penegakan disiplin, pembenahan administrasi, menyusun perencanaan program dan kegiatan sesuai dengan skala prioritas.


Jadilah pejabat yang bisa diandalkan, memiliki wawasan yang luas, kreatif, inovatif, bekerja keras, cerdas dan strategis serta terus belajar hingga terus mengupdate perkembangan informasi, jabatan adalah amanah ALLAH, harus dijaga dengan benar  '', tutur Dirjen Kesmas Kemenkes RI, dr. Kirana Pritasari, MQIH saat melantik 26 Pejabat Administrasi di ling

Selengkapnya