Usulan PSBB bisa Jadi Solusi Covid-19, Permenkes No 9 Atur Tata Caranya

Dipublikasikan Pada : Senin, 06 April 2020, Dibaca : 13 Kali

Jakarta - Baik gubernur atau Bupati dan Walikota dapat mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya kepada Menteri Kesehatan. Wilayah yang dapat diusulkan untuk PSBB adalah wilayah dimana terjadi jumlah kasus atau jumlah kematian akibat penyakit, dalam hal ini Covid-19, menyebar signifikan dan cepat ke beberapa wilayah.

 
PSBB telah diatur dalam Permenkes nomor 9 tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan PSBB adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Covid-19.
 
''Pembatasan tersebut
Selengkapnya

Pasien Sembuh dari Covid-19 Terus Bertambah, Total 150 Pasien

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 04 April 2020, Dibaca : 25 Kali

Jakarta - Pasien positif Covid-19 yang sembuh terus bertambah setiap harinya. Hari ini, Sabtu 4 April total pasien sembuh sebanyak 150 orang.

Pasien sembuh tersebut dalam keadaan sehat dengan imunitas tubuh yang baik. Penambahan pasien sembuh perhari ini adalah 16 orang dan mereka sudah bisa pulang.

“16 orang sembuh dengan hasil pemeriksaan 2 kali negatif berturut-turut sehingga dapat dipulangkan. Total 150 pasien sembuh. Kita bersyukur kondisnya bagus dan tidak perlu dikhawatirkan lagi menularkan penyakit dan memiliki kekebalan terhadap Covid-19,” kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4).

Sayangnya, masih terjadi pen

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Lantik 8 Pejabat Administrasi Dan 4 Pejabat Fungsional Di Lingkungan Ditjen Kesmas

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 03 April 2020, Dibaca : 58 Kali

J akarta -  Pelantikan kali ini dilaksanakan dalam keadaan di mana Indonesia dan dunia Internasional menghadapi pandemik corona virus disease - 2019 (covid-19). Tetapi hal ini tidak berarti membuat kegiatan/program-program kesehatan terutama kesehatan masyarakat harus terhenti. Kita harus tetap menjalankan dan mendukung pemerintah dalam menghadapi pandemi ini dengan berbagai cara.

 

Menjelang penyederhanaan eselonisasi ini Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas) harus tetap terus mengisi posisi yang kosong, dan melakukan rotasi sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan organisasi. Oleh karena itu Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas) berharap kepada pejabat yan

Selengkapnya

Rapid Test Corona Diprioritaskan bagi Nakes dan Orang Kontak dengan Pasien Positif

Dipublikasikan Pada : Kamis, 26 Maret 2020, Dibaca : 88 Kali

Jakarta - Pemerintah telah menentukan siapa saja yang diprioritaskan untuk dilakukan Rapid Test Corona atau Covid-19. Yang pertama adalah orang yang telah kontak dekat pasien positif baik yang dirawat di RS maupun yang mengisolasi diri di rumah, kedua adalah tenaga kesehatan (Nakes).
 
Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mencontohkan orang yang telah kontak dengan pasien positif adalah keluarga yang satu rumah dengan pasien atau bisa juga orang satu kantor dengan pasien.
 
Kemudian Rapid Test terhadap Nakes diprioritaskan mengingat mereka adalah orang yang sering kontak dekat dengan pasien.
 
Rapid Test dilakukan menggunakan metode pemeriksaan antibody, bukan melakukan pemer
Selengkapnya

Gandeng Gojek dan Grab, Kemenkes Luncurkan Telemedicine Penanganan Covid-19

Dipublikasikan Pada : Selasa, 24 Maret 2020, Dibaca : 83 Kali

Jakarta - Di tengah pandemi global Covid-19, kemudahan akses terhadap pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat.
 
Inilah yang kemudian dilakukan Kementerian Kesehatan untuk menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara virtual bagi masyarakat sehingga bisa diakses dimanapun, kapanpun dan siapapun.
 
Untuk itu, Kementerian Kesehatan mengandeng 4 unicorn yakni Gojek, Halodoc, Grab dan Good doctor. Ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama pada Senin (23/3).
 
Dalam kesempatan ini, Kementerian Kesehatan diwakili Sekretaris Jendral Oscar Primadi, Gojek diwakili Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Shinto Nugroho, Halodoc diwakili CEO Jonathan Suda
Selengkapnya

Gerakan Terminal Bersih Cegah COVID 19

Dipublikasikan Pada : Senin, 23 Maret 2020, Dibaca : 71 Kali

Jakarta - Ditjen Kesehatan Masyarakat bersama lintas sektor melakukan Gerakan Terminal Bersih sebagai implementasi Protokol Pencegahan COVID 19 di area dan transportasi publik. Gerakan ini di laksanakan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur (22/3).

 

kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan keterlibatan komunitas lingkungan terminal dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menggerakkan komponen serta pengunjung terminal untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sebagai implentasi protokol pencegahan COVID 19 di area umum dan transportasi. Selain dari Ditjen Kesmas Kemenkes juga diikuti dari Dinkes DKI Jakarta, Sudinkes Jakarta Timur, Dishub DKI

Selengkapnya

Gerakan Sekolah Bersih Cegah COVID 19

Dipublikasikan Pada : Kamis, 19 Maret 2020, Dibaca : 138 Kali

Jakarta - Ditjen Kesehatan Masyarakat bersama lintas sektor menlakukan Gerakan Sekolah Bersih sebagai implementasi Protokol Pencegahan COVID 19 di lingkungan sekolah. Gerakan ini di laksanakan di 5 Sekolah Dasar di DKI Jakarta yaitu SDN Lebak Bulus 4, SDN Pesanggrahan 4, SDN Tanjung Barat 9, SDN Kalibata 11, SDN Cipete Utara 15.

 

kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan keterlibatan warga sekolah dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menggerakkan warga sekolah untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sebagai implentasi protokol pencegahan COVID 19 di sekolah. Selain dari Ditjen Kesmas Kemenkes juga diikuti dari Kemendikbud, Dinkes DKI Jakarta, Su

Selengkapnya

Pemerintah Fokus pada Pengendalian Penyebaran Covid-19

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 Maret 2020, Dibaca : 218 Kali

Jakarta - Juru bicara pemerintah Indonesia untuk Covid-19 dr. Ahmad Yurianto, menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia secara serius berfokus pada pengendalian penyebaran covid-19. Hal ini disampaikan pada saat keterangan pers di Istana Negara (07/03)

 
Diantaranya adalah dengan disusunnya protokol penanganan covid-19. dr. Ahmad menegaskan protokol yang dibuat tidak berbicara teknis medis, melainkan bersifat koordinatif untuk respons cepat bagi semua stakeholder terkait dan terintegrasi mulai dari pusat sampai daerah.
 
''Semata-mata protokol ditujukan sebagai upaya kita secara serius mengendalikan penyebaran Covid-19. Oleh karenanya dibentuk protokol yang terintegrasi yang harus diberlakuka
Selengkapnya

Video Ayo jaga keluarga dan bangsa indonesia dengan mencegah penularan covid-19

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 Maret 2020, Dibaca : 158 Kali

Video Ayo jaga keluarga dan bangsa indonesia dengan mencegah penularan covid-19

 

Selengkapnya

Stunting dan Angka Kematian Ibu Menjadi Fokus Utama Program Kerja Kesmas

Dipublikasikan Pada : Rabu, 04 Maret 2020, Dibaca : 186 Kali

Bekasi - Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dr. Eni Gustina, MPH, menyebut angka stunting dan angka kematian Ibu di Indonesia yang masih tinggi, sehingga penuntasan kasus stunting dan angka kematian ibu ini masuk dalam 5 prioritas kerja Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2020-2024. Hal ini disampaikannya ketika memberikan sambutan pembukaan pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Ditjen Kesmas Tahun 2020, di Hotel Harris Bekasi, pada Selasa malam (3/3).

 

Peraturan Presiden No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024, menempatkan kesehatan sebagai salah satu prioritas agenda pembangunan 3; meningkatkan

Selengkapnya