Penghargaan Kantin Sehat 2019

Dipublikasikan Pada : Rabu, 13 November 2019, Dibaca : 24 Kali

Serpong - Kantin adalah setiap bangunan yang menetap dengan segala peralatan yang dipergunakan untuk proses pembuatan dan penjualan atau penyajian makanan dan minuman bagi umum, dimana proses pembuatan dan penjualan atau penyajian makanan diperuntukan bagi masyarakat tertentu (khusus) dan cara penyajiannya pada waktu-waktu tertentu.

 

Keberadaan Kantin di area Kementerian/Lembaga merupakan salah satu hal vital yang akan menunjang aktivitas bekerja seluruh Karyawan di Lingkungan Kementerian/Lembaga. Oleh karena itu, Kementerian/Lembaga dalam mengelola kantin yang dimilikinya, wajib memberikan pelayanan yang memenuhi standar kantin sehat, sehingga mampu menjamin kesehatan dan menunjang produk

Selengkapnya

3 Provinsi Gelar Kelas Ibu Hamil dan Balita

Dipublikasikan Pada : Rabu, 13 November 2019, Dibaca : 15 Kali

Jakarta - Kesehatan ibu dan Balita menjadi penentu generasi di masa depan. Peningkatan pengetahuan, dan mengubah sikap ibu tentang kesehatan diri dan anaknya menjadi penting.

 
Kementerian kesehatan mengemasnya dalam program Kelas Ibu Hamil dan Balita. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu tentang kesehatan ibu hamil, bersalin dan nifas, serta tumbuh kembang balita yang optimal.
 
Hari ini, secara serentak 3 provinsi, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Banten gelar kelas ibu hamil dan Balita. Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto berbincang dengan peserta Kelas Ibu Hamil dan Balita dari 3 provinsi tersebut melalui video conference.
 
Selengkapnya

Ini 6 Inovasi dalam Pembangunan Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Selasa, 12 November 2019, Dibaca : 22 Kali

Serpong - Kementerian Kesehatan senantiasa berupaya untuk mengembangkan cara-cara baru yang dapat mengakselerasi pembangunan kesehatan nasional. Cara-cara baru tersebut merupakan inovasi yang dikembangkan bersama seluruh komponen bangsa, sehingga memiliki daya dorong optimal untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional, yaitu meningkatnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

 
Bersamaan dengan pembukaan Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri dalam rangka Hari Kesehatan Nasional Ke-55 Tahun 2019, Sekjen Kemenkes RI Oscar Primadi meluncurkan 6 inovasi bidang kesehatan.
 
''Saya berbahagia dapat melaunching inovasi-inovasi ini,'' tegas S
Selengkapnya

Penghargaan Mitra Bakti Husada

Dipublikasikan Pada : Senin, 11 November 2019, Dibaca : 17 Kali

Serpong - Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) merupakan salah satu upaya pemerintah, masyarakat, maupun pemberi kerja dan serikat pekerja untuk menggalang dan berperan serta guna meningkatkan kepedulian dan mewujudkan upaya memperbaiki kesehatan pekerja perempuan sehingga meningkatkan produktivitas kerja dan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa.

 

Sasaran GP2SP ini adalah pekerja perempuan pada perusahaan sektor formal. Program dalam GP2SP adalah ASI di tempat kerja, kesehatan reproduksi, pencegahan penyakit, gizi pekerja dan pengendalian lingkungan kerja.

 

Kemenkes RI memberikan sejumlah penghargaan kepada perusahaan yang telah berkomitmen dan melaksanakan Program G

Selengkapnya

Ditjen Kesmas Raih Juara I Stand Pameran Terbaik

Dipublikasikan Pada : Senin, 11 November 2019, Dibaca : 14 Kali

Serpong - Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 Tahun 2019, di ICE BSD, Tangerang, diadakan Pameran Pembangunan Kesehatan. Pameran berlansung selama 3 hari 7 sampai tanggal 9 November.

 

Pameran ini menampilkan 296 booth yang mencerminkan komponen pembangunan kesehatan nasional, yaitu unit utama Kementerian Kesehatan, Kementerian/Lembaga, Dinas Kesehatan Provinsi, industri kefarmasian-kosmetik-alat kesehatan-makanan minuman, organisasi profesi, asosiasi industri, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, BUMN, serta pelaku usaha.

 

Tujuan pameran adalah untuk menyampaikan informasi, edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat, mensosialisasikan program dan kebijakan Kementerian Kesehata

Selengkapnya

Pengolahan Limbah Medis Fasyankes Menjadi Perhatian Khusus

Dipublikasikan Pada : Selasa, 05 November 2019, Dibaca : 118 Kali

Jakarta - Berdasarkan Pasal 59 UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bahwa setiap orang yang menghasilkan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) wajib melakukan pengelolaan limbah yang dihasilkannya dan dalam hal setiap orang tidak mampu melakukan sendiri pengelolaan limbah, pengelolaannya diserahkan kepada pihak lain.

 

Beberapa kendala dalam menerapkan P.56/Menlhk-Setjen/2015 tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan, antara lain terbatasnya perusahaan pengolah limbah B3 yang sudah mempunyai izindari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu baru ada 6 perusahaanya

Selengkapnya

Wapres dan Menkes Tinjau Pengendalian Stunting di Desa Pecatu

Dipublikasikan Pada : Selasa, 05 November 2019, Dibaca : 94 Kali

Pecatu - Wakil Presiden Maruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Posyandu di Balai Guru Setra, Desa Pecatu, Bali (31/10), didampingi Menkes Terawan Agus Putranto. Kunjungan kerja dimaksudkan untuk melihat kegiatan upaya pengendalian stunting. Posyandu ini melakukan pencegahan stunting secara menyeluruh, mulai balita, remaja hingga ibu hamil.
 
Di Posyandu ini Wakil Presiden RI mendapat penjelasan manfaat buah dan sayuran sekaligus informasi bagaimana masyarakat diajak untuk menanam sayuran secara hidroponik di rumah masing-masing.
 
''Saya melihat upaya pencegahan stunting disini dilakukan sistematis. Karena stunting bukan hanya harus diantisipasi sejak ibu hamil, tapi juga melalui pemahaman
Selengkapnya

Hidup Sehat dengan Berlari

Dipublikasikan Pada : Selasa, 05 November 2019, Dibaca : 81 Kali

Bandung - Sebanyak 412 pelari mengikuti Run For Health 5KM di Bandung pada tanggal 4 November 2019. Acara yang diselenggarakan oleh Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Bandung ini merupakan rangkaian acara pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun ini. Kepala BKOM, dr Linda Siti, MKM menyampaikan Run for Health merupakan upaya untuk mendorong masyarakat untuk lebih mandiri dalam menjaga kesehatannya. “Trend penyakit tidak menular saat ini semakin meningkat, banyak hal yang dapat dilakukan untuk hidup lebih sehat, salah satunya dengan beratifitas fisik dan rutin berolahraga”, tambah dr Linda.

 

Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari MQIH juga menyampaikan bahwa Run For

Selengkapnya

Ditjen kesmas Meraih Penghargaan dari UI

Dipublikasikan Pada : Senin, 04 November 2019, Dibaca : 70 Kali

Jakarta - Universitas Indonesia memberikan penghargaan pada sejumlah tokoh dan lembaga di berbagai bidang. Penerima penghargaan dianggap berperan dalam bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

 

Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat menerima penghargaan dari UI, yang di terima langsung oleh Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH atas perannya mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi UI, khususnya dalam bidang pengabdian masyarakat di Jakarta (1/11).

 

Untuk mendukung kebijakan pembangunan tersebut, maka dilakukan penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care), peningkatan upaya promotif dan preventif serta didukung oleh inovasi dan pemanfaatan te

Selengkapnya

Ditjen Kesmas Kerja Sama Lintas Sektor Tangani Stunting

Dipublikasikan Pada : Rabu, 30 Oktober 2019, Dibaca : 131 Kali

Jakarta - Salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo di periode kedua pemerintahannya adalah pembangunan sumber daya manusia. Komitmen pemerintah untuk mencetak generasi emas yang sehat dan kuat salah satunya adalah dengan upaya menekan angka stunting di Indonesia.

 

Prioritas pemerintah dalam penananganan stunting tetap difokuskan pada pelayanan kesehatan dan gizi pada 1000 hari Pertama Kehidupan (HPK). Strategi nasional yang dilakukan untuk percepatan pencegahan stunting tahun 2018-2024 meliputi 5 pilar, yaitu : (1) Komitmen dan visi kepemimpinan; (2) Kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku; (3) Konvergensi program pusat, daerah, dan desa; (4) ketahanan pangan dan gizi;

Selengkapnya