Saka Bakti Husada untuk Indonesia Sehat

Dipublikasikan Pada : Senin, 22 Juli 2019, Dibaca : 9 Kali

Jakarta - Satuan Karya Pramuka Bakti Husada pada tanggal 17 Juli 2019, merayakan Hari Saka Bakti Husada  ke-34 dengan tema “Saka Bakti Husada untuk Indonesia Sehat”  bersamaan dengan Apel Aparat Sipil Negara dilingkungan Kementerian Kesehatan.

 

Peringatan Hari Saka Bakti ke-34 dihadiri oleh Majelis Pembimbing dan Pinsaka Bakti Husada Tingkat Nasional, Pengelola Krida SBH di unit utama, Unit Pelaksana Teknis Kesehatan, Pinsaka Cabang wilayah Jabodetabek, Ciputat,  Bapelkes Cikarang, Balai Balai Besar Pelatihan Kesehatan Cilandak dan Ciloto, serta 200 anggota Pramuka Penegak dan Pendega.

 

Momentum peringatan Saka Bakti Husada ke-34 ini bertujuan sebagai pengingat publik akan eksistensi Saka

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Ajak Cermati Visi Pembangunan Indonesia

Dipublikasikan Pada : Kamis, 18 Juli 2019, Dibaca : 34 Kali

JAKARTA--Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dr.Kirana Pritasari, MQIH, saat memberikan arahan di hadapan para peserta Orientasi Aplikasi Software RKAKL 2020, meminta para peserta untuk mencermati pidato visi pembangunan Indonesia yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu 14 Juli 2019  lalu. Pada kesempatan tersebut, Dirjen Kesmas sengaja memutarkan video rekaman pidato Presiden Jokowi di Sentul, Jawa Barat, untuk dicermati dan disimak bersama para peserta pertemuan. Dalam pidato itu, secara jelas Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa kita harus menyadari, kita harus sadar semuanya bahwa sekarang kita hidup dalam sebuah lingkungan global yang san

Selengkapnya

Puncak Peringatan HTTS : Menkes Ajak Masyarakat Ubah Perilaku Tidak sehat

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 12 Juli 2019, Dibaca : 30 Kali

 

JAKARTA--Menteri Kesehatan Nila F.Moeloek pada puncak peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) 2019, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengubah perilaku tidak sehat seperti merokok menjadi pola hidup yang sehat guna mengurangi angka prevalensi berbagai penyakit tidak menular yang terus meningkat.

 

Menkes sebutkan, Penyakit Tidak Menular (PTM) semakin sering ditemukan di masyarakat, bahkan saat ini usia penderita PTM bergeser pada usia muda dan produktif. Akibatnya PTM merupakan salah satu tantangan besar dalam Pembangunan Kesehatan sekarang dan di masa mendatang. Sekitar 80% PTM diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, dan sisanya disebabkan oleh faktor lingkungan dan

Selengkapnya

Workshop Halun 2019 : Dirjen Kesmas Paparkan Tentang Lansia SMART

Dipublikasikan Pada : Rabu, 10 Juli 2019, Dibaca : 67 Kali

JAKARTA--Meningkatnya keberhasilan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan penduduk di Indonesia selain berdampak terhadap terjadinya penurunan angka kelahiran, angka kesakitan, dan angka kematian juga diikuti oleh peningkatan Umur Harapan Hidup (UHH). Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dr.Kirana Pritasari, MQIH di hadapan peserta Workshop Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) di Balaikota Jakarta pada Jumat (5/7/2019) lalu.

 

“Dampak dari peningkatan UHH, menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah penduduk”, tambahnya.

 

Lebih jauh ia paparkan, berdasarkan hasil proyeksi penduduk Badan Pusat Statistik (BPS), sejak tahun 2010 makin terlihat peni

Selengkapnya

Laporan Keuangan Yang Baik Mendukung Opini WTP

Dipublikasikan Pada : Selasa, 09 Juli 2019, Dibaca : 7 Kali

Bekasi - Bertempat di Hotel Horison Bekasi, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan pertemuan konsolidasi, telaahan dan penyusunan Laporan Keuangan Semester I  TA.2019. Kegiatan Rekonsiliasi dan pemutahiran laporan keuangan ini dilaksankan dalam rangka meningkatkan kualitas laporan dari Satker dan menjaga kesinambungan penyusunan dan keandalan laporan keuangan serta keharusan dilakukannya e-Review oleh Inspektorat Jenderal untuk semua Satker di lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat,sertamendukung target opini Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat WBK dengan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan sebagai bentuk pertanggung jawaban yang sesuai

Selengkapnya

Lansia Sehat dan Berdaya, Keluarga Bahagia

Dipublikasikan Pada : Selasa, 09 Juli 2019, Dibaca : 52 Kali

Jakarta - Lansia Sehat dan Berdaya, Keluarga Bahagia, itulah tema yang diangkat untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga sejak dini, dengan menerapkan perilaku hidup sehat, melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan berpartisipasi aktif dalam keluarga dan masyarakat. Sehingga diharapkan, akan terwujud lansia yang sehat, mandiri dan berdaya yang tentunya akan membuat keluarga bahagia dan berkontribusi optimal dalam masyarakat.

 

Posyandu lansia merupakan salah satu alternatif untuk menyelenggarakan upaya pemeliharaan kesehatan lansia. Dimana di posyandu dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan, senam bersama, melakukan kegiatan-kegiatan untuk menge

Selengkapnya

Penatausahaan BMN di Lingkungan Ditjen Kesmas

Dipublikasikan Pada : Kamis, 04 Juli 2019, Dibaca : 69 Kali

Bogor - Direktorat Jenderal Kesmas menggelar Pertemuan Pemutakhiran Data dalam rangka Penatausahaan Hibah Barang Milik Negara (BMN) Dekon, TP Dan Dropping Ditjen Kesehatan Masyarakat Tahun 2019 pada 25-29 Juni 2019 di Bogor.

 

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penatausahaan BMN yang sangat terkait erat dengan proses penyusunan Laporan Keuangan secara berjenjang mulai dari tingkat Satker sampai ke tingkat Eselon I Ditjen Kesehatan Masyarakat yang akhirnya akan dikonsolidasikan menjadi Laporan Keuangan Kementerian Kesehatan RI.

 

Dalam pertemuan ini, juga di sampaikan progres penyelesaian hibah BMN periode tahun 2018- 2019, dimana terdapat 5 Satker Daerah yang sudah

Selengkapnya

Lansia Sehat, Lansia Bahagia

Dipublikasikan Pada : Kamis, 04 Juli 2019, Dibaca : 88 Kali

Jakarta - Di Indonesia yang dimaksud dengan lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. lansia adalah bagian siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang, yang dapat berdaya guna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat. Agar dapat berdaya guna Lansia harus sehat dan dipersiapkan sedini mungkin, serta berada di lingkungan yang mendukung potensi yang dimilikinya.

 

Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Dirjen kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH menjelaskan pada Program Metro TV Selamat Pagi Indonesia (2/7) untuk mencapai keadaan sehat serta bahagia , ada tips buat pra lansia dan lansia yang disebut dengan "BAHAGIA" yaitu Berat badan berlebihan dihind

Selengkapnya

Pemanfaatan DAK untuk Percepatan Penurunan AKI-AKB dan Stunting

Dipublikasikan Pada : Minggu, 23 Juni 2019, Dibaca : 277 Kali

Bekasi - Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas) RI gelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan Masyarakat Tahun 2020 di Bekasi, pada 23-26 Juni 2019. Dengan di gelarnya Rakontek DAK Kesmas ini nantinya Kabupaten dan Kota bisa memanfaatkan DAK untuk percepatan penurunan AKI-AKB dan Stunting.

 

Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak dilakukan dengan berbagai upaya yang sejalan dengan Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi. Menurut data Sensus Penduduk 2010 Angka Kematian Ibu (AKI) sebesar 346 per 100.000 kelahiran hidup (SP 2010) yang menurun menjadi 305/100.000 KH (SUPAS 2015).

 

Untuk Angka Kematian Neonatan (AKN), dari data SDKI, da

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Lantik 2 Pejabat Administrasi dan 26 Pejabat Fungsional

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 21 Juni 2019, Dibaca : 157 Kali

Jakarta - Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH melantik 2 Pejabat Administrasi dan 26 Pejabat Fungsional di Lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat pada tanggal 19 Juni 2019 di Ruang kaca kemenkes RI.

 

Pelantikan pejabat fungsional yang pertama kali di lingkunan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat sesuai peraturan Menteri Kesehatan RI dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi perlu di lakukan penempatan Aparatur SipilNegara (ASN) yang sesuai dengan keahlian dan ketrampilan.dan harus sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan di peta jabatan.

 

"Pejabat administrator dan pengawas serta pejabat fungsional di tuntut mem

Selengkapnya