Komitmen Asean Dalam Melindungi Kesehatan Pekerja Migran Dan Populasi Khusus

Dipublikasikan Pada : Kamis, 12 September 2019, Dibaca : 35 Kali

Surabaya - Berdasarkan UN Department of Economic and Social Affairs pada tahun 2017 migran terbesar berasal dari ASIA yakni sebanyak 86.9 juta orang dan peputaran migrasi pekerja migran di ASEAN sebanyak 7 juta orang. Tingginya perputaran migrasi tersebut dapat menyebabkan terjadinya berbagai gesekan permasalahan diberbagai bidang terutama pada akses pelayanan kesehatan bagi migran.  

 

Untuk mengurangi permasalahan dan memberikan perlindungan terhadap migran, ASEAN telah melakukan berbagai hal diantaranya menyepakati ASEAN Consensus on the Promotion and Protection of the Rights of Migrant Workers yang ditandatangani oleh 10 kepala negara ASEAN pada KTT ASEAN ke-31 pada tanggal 14 November

Selengkapnya

Melihat Lebih Dekat Aktivitas BKOM Bandung Bersama Tim Humas Kemenkes.

Dipublikasikan Pada : Selasa, 10 September 2019, Dibaca : 47 Kali

BANDUNG—Humas Ditjen Kesehatan Masyarakat mengajak pengelola kehumasan di Kementerian Kesehatan RI datang berkunjung ke Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Bandung, pada Kamis (5/9/2019) lalu. Kegiatan yang pertamakali diselenggarakan Humas Ditjen Kesmas itu, berkaitan dengan ekspose program Kesehatan Masyarakat, dan BKOM Bandung merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang harus pula kegiatan program di sana diperkenalkan kepada para pengelola kehumasan di Kementerian Kesehatan.

 

Seperti  arahan yang disampaikan Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat, dr.Eni Gustina, MPH, yang dibacakan oleh Kepala Bagian Hukormas,  R.Bimo Satrio, SH.M.Kes, MH, pada sambutan pembukaan acara keg

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Bersama Menkes Mengajak Anak Indonesia Untuk Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 September 2019, Dibaca : 61 Kali

 

JAKARTA--Memperingati Hari Puncak Anak Nasional bersamaan dengan Hari Perumahan Nasional, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari, MQIH, mendampingi Menteri Kesehatan RI, dr. Nla  F.Moeloek berkunjung ke rumah susun (Rusun) Jatinegara Barat pada Minggu pagi (8/9/2019).

 

 

Rumah Susun Jatinegara Barat adalah proyek rumah susun sewa di kawasan Jatinegara Barat, lokasinya sekitar 300 meter dari Terminal Kampung Melayu, yang dibangun untuk menampung warga relokasi dari Kampung Pulo yang telah dipindahkan dari bantaran Kali Ciliwung sejak Juni 2015.

 

Rumah susun ini dibangun di atas lahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan dibangun dengan dana APBN oleh melalui Kemen

Selengkapnya

Dirjen Kesmas : Realisasi Program Kesmas Masih Rendah, Perlu Upaya Lebih Keras.

Dipublikasikan Pada : Senin, 02 September 2019, Dibaca : 100 Kali

 

SURAKARTA--Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementeria Kesehatan RI, dr.Pritasari, MQIH, ketika membuka acara pertemuan Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Program Direktorat Jenderal Kesehatan Masayarakat, Kementerian Kesehatan, Tahun 2019, di Hotel Sunan, Solo, pada Senin malam (2/9/2019) menyebut, hingga 30 Agustus 2019 kondisi penyerapan dana Dekonsentrasi program Kesmas belum menggembirakan.

 

“Sampai dengan akhir Agustus ini, anggaran Dan dekon tahun 2019 penyerapannya baru mencapai 48,26% dari total pagu Rp. 320.236.839.000”, ungkap Dirjen Kirana.

 

Dari  34 provinsi, kata Dirjen Kirana, 4 diantaranya masih dibawah 40%, yaitu provinsi Kalimantan Barat, Banten, Papua d

Selengkapnya

Semangat Guru PAUD berperan ciptakan Generasi Unggul dan Berkualitas

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 31 Agustus 2019, Dibaca : 152 Kali

Jakarta - Masa depan suatu bangsa tergantung pada keberhasilan anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Tahun-tahun pertama kehidupan, terutama periode sejak janin dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun merupakan periode yang sangat penting. Untuk mencapai tumbuh kembang optimal, kebutuhan dasar “asuh, asih dan asah” setiap anak harus terpenuhi.

 

Upaya penyiapan generasi berkualitas dimulai sejak persiapan menjadi calon ibu melalui mempersiapkan remaja yang sehat, memiliki status gizi yang baik dan usia cukup matang untuk memasuki suatu perkawinan. Pemenuhan gizi dan stimulai perkembangan sejak dini perlu dilakukan anak agar mencapai tumbuh kembang optimal baik f

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Resmi Lantik Pejabat Eselon Baru.

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 30 Agustus 2019, Dibaca : 196 Kali

JAKARTA—Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dr.Kirana Pritasari, MQIH, Jumat pagi (8/30/2019), resmi melantik beberapa Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Ditjen Kesmas, Kementerian Kesehatan, RI. Dirjen Kirana mengatakan, rotasi dan promosi pejabat administrasi kali ini adalah untuk mengisi kekosongan jabatan sekaligus penyegaran organisasi di lingkungan Ditjen Kesmas dan untuk penguatan program kesehatan masyarakat terutama Direktorat Gizi Masyarakat dan Direktorat Kesehatan Keluarga.

 

“Segala sesuatu yang berkaitan dengan rotasi, mutasi dan promosi jabatan yang dilakukan didasari atas pertimbangan-pertimbangan yang dalam dan dengan mempertimba

Selengkapnya

Team Nusantara Sehat Harus Menjadi Pelopor Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Rabu, 28 Agustus 2019, Dibaca : 104 Kali

Ciloto - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI dr. Kirana Pritasari, MQIH menghadiri penutupan pembekalan Tim Nusantara Sehat (NS) batch 13 di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (27/8). Ia mengatakan peserta NS harus menjadi pelopor hidup sehat agar derajat  kesehatan masyarakat meningkat. 

 

Jumlah peserta NS batch 13 sebanyak 402 orang, yang nantinya akan ditempatkan di 70 Puskesmas di selurih Indonesia. 

 

“Nusantara Sehat harus mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat, sehingga akan terwujud deraja tkesehatan yang setinggi-tingginya,'' katanya, Selasa (27/85). 

 

dr. Kirana meyakini ha

Selengkapnya

Kemenkes Tingkatkan Status Gizi Masyarakat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 20 Agustus 2019, Dibaca : 298 Kali

Jakarta - Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi fokus Presiden Joko Widodo di periode kedua masa pemerintahannya. Pembangunan SDM erat kaitannya dengan asupan gizi setiap individu.
 
Kementerian Kesehatan akan memfokuskan peningkatan gizi masyarakat dan telah tercantum pada Rencana Strategis (Renstra) Kemenkes 2020-2024.
 
Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar, kondisi gizi anak telah menunjukkan perbaikan. Pada masalah stunting terjadi penurunan prevalensi pada anak balita dari 37,21% di tahun 2013 menjadi 30,79% tahun 2018. Demikian juga apabila dibandingkan dengan data prevalensi stunting pada balita tahun 2016 (Sirkesnas), yaitu 33,60 persen.
 
Selain itu perbaikan gizi juga tercerm
Selengkapnya

Penerapan K3 Perkantoran di Kementerian Lembaga

Dipublikasikan Pada : Senin, 12 Agustus 2019, Dibaca : 150 Kali

Bekasi - Salah satu upaya Kementerian Kesehatan dalam mendukung program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang bertujuan agar pekerja berperilaku hidup sehat, sehingga diharapkan berdampak pada meningkatnya produktivitas adalah menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Perkantoran. Penerapan K3 perkantoran sebagaimana diatur dalam Permenkes nomor 48 Tahun 2016 tentang Standar K3 Perkantoran, dilakukan melalui pembentukan dan pengembangan Sistem Manajemen K3 Perkantoran yang meliputi: dukungan kebijakan, perencanaan, pemantauan dan evaluasi program; Penerapan Standar K3 Perkantoran yang meliputi:  Keselamatan kerja,  kesehatan kerja,  kesehatan lingkungan kerja perkantoran dan

Selengkapnya

Dirjen Kesmas : ASI Merupakan Hak Anak Dalam Pembangunan Negara.

Dipublikasikan Pada : Rabu, 07 Agustus 2019, Dibaca : 153 Kali

JAKARTA---Menyusui pada hakekatnya tidak hanya landasan menjadikan anak sehat, melainkan juga merupakan hak dasar anak dalam pembangunan negara. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, RI, dr.Kirana Pritasari, MQIH, saat memberikan laporan di hadapan Menteri Kesehatan RI tentang penyelenggaraan puncak acara peringatan Pekan ASI Sedunia (PAS) 2019 di aula siwabessy, gedung Kemenkes RI, di Jakarta, Rabu pagi (8/7/2019), yang dibuka oleh Menteri Kesehatan RI, dr.Nila F.Moeloek.

 

“Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pada pasal 128, bahwa setiap bayi berhak mendapatkan ASI Eksklusif sejak dilahi

Selengkapnya