Menkes ajak hidup sehat mulai dari kita

Dipublikasikan Pada : Rabu, 14 November 2018, Dibaca : 23 Kali

JAKARTA - Dalam sambutannya pada Hari Kesehatan Nasional Ke 54 dengan tema “Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita” sejalan dengan program Gerkana Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), hal itu sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) serta Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga dengan penekanan promotif preventif.

 

Untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas bangsa, pelaksanaan GERMAS harus di mulai dari kita sendiri, kemudian keluarga, tatanan masyarakat akhirnya seluruh komponen bangsa. Indonesia sedang menghadapi transisi edimilogi terkait dengan penyakit. Kita menghadapi tiga beban, Beban penyakit yang di ukur tahun yang hilang akibat kematian di

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Kunjungi Lokasi Bencana Palu Untuk Kembalikan Perilaku Sehat Masyarakat.

Dipublikasikan Pada : Selasa, 06 November 2018, Dibaca : 46 Kali

PALU—Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, dr, Kirana Pritasari, MQIH pada Senin pagi (5/11/2018)mengunjungi Palu, Provinsi Sulawesi Tengah untuk meninjau penanganan kesehatan di tenda-tenda pengungsi pada 4 titik lokasi terdampak akibat bencana gempa dan tsunami pada Jumat, 28 September 2018 lalu.

 

Dirjen Kesmas yang didampingi Direktur Kesehatan Keluarga, dr.Eni Gustina, dan pejabat lainnya dari Direktorat Gizi Masyarakat, dan Direktorat Promosi Kesehatan, bertolak dari Jakarta pada Senin, pukul 02.30 WIB, dini hari.

 

Pada kunjungan itu, Dirjen bersama rombongan ingin memastikan progres penanganan kesehatan pascabencana yang terjadi di titik-titik lokasi hunian

Selengkapnya

Sekolah Sehat Wujud Nyata Trias Usaha Kesehatan Sekolah

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 26 Oktober 2018, Dibaca : 92 Kali

JAKARTA - Pelaksanaan lomba dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang mulai dari tingkat kab/kota sampai dengan tingkat nasional. Lomba bertujuan untuk meningkatkan motivasi pembinaan dan pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Indonesia. Lomba ini menilai keberhasilan sekolah melaksanakan program UKS, dan juga mengevaluasi tingkat keberhasilan pembinaan secara berjenjang yang dilakukan oleh Tim Pembina UKS di tingkat Propinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan terhadap sekolah di wilayah kerjanya.

 

Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional Tahun 2018 diikuti oleh 25 provinsi, 79 kab/kota, dan 23 TK/RA, 24 SD/MI, 25 SMP/MTs dan 24 SMA/SMK/MA. Terdiri dari 2 kategori yaituKategori Kinerj

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Membuka Fornas KIA, KB, Dan Gizi Masyarakat Di Yogjakarta

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 26 Oktober 2018, Dibaca : 69 Kali

YOGJAKARTA---Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesma), Dr.Kirana Pritasari, MQIH membuka forum nasional (Fornas) penelitian dan pengembangan KIA, KB, dan gizi masyarakat tahun 2018 di Hotel Universitas Gajah Mada Club, Yogjakarta pada Kamis malam (25/10/2018).

 

Acara yang digelar Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK Universitas Gajah Mada mengangkat tema “Intervensi-Intervensi Efektif di Daerah dalam KIA, KB dan Gizi Masyarakat: Bagaimana Peran Evidence Based Policy”.

 

Dalam konteks desentralisasi kesehatan, program-program KIA, KB, dan gizi bukan hanya merupakan tanggung-jawab pemerintah pusat, melainkan juga pemerintah pro

Selengkapnya

Kemenkes Lakukan Penyemprotan Insek di 3 Wilayah Terdampak Gempa Sulteng

Dipublikasikan Pada : Rabu, 24 Oktober 2018, Dibaca : 87 Kali

PALU - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan penyemprotan Insek di 3 wilayah, yaitu di Makorem, Bandara, dan Pengungsian Tongge, Kecamatan Pantoloan Boya, Kota Palu perbatasan Kabupaten Donggala.
 
Penyemprotan desinseksi dilakukan untuk mengusik insek seperti lalat dan nyamuk yang beredar di tiga tempat itu. Kondisi di Makorem misalnya, terdapat penumpukan sampah dan genangan air di halaman dapur yang menyebabkan banyak lalat berterbangan.
 
Kondisi itu disebabkan karena semua tempat di sana dijadikan untuk mencuci yang diperparah dengan saluran limbah domestik yang tersumbat dan meluber ke halaman sekitar dapur.
 
Kegiatan yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dilakukan disi
Selengkapnya

Sampah di Palu Mulai Ditangani

Dipublikasikan Pada : Rabu, 24 Oktober 2018, Dibaca : 71 Kali

PALU - Penyebaran penyakit yang muncul dari lingkungan bisa terjadi kapan saja, terutama pada wilayah yang terdapat penumpukan sampah di tempat pengungsian korban gempa seperti di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Untuk mengantisipasinya, Kementerian Kesehatan melalui Subcluster Kesehatan Lingkungan bersama sektor lain segera mengangkut sampah yang menumpuk di lokasi pengungsian.
 
Kegiatan itu dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu. Sebanyak 36 mobil sampah yang digunakan untuk mengangkut sampah. Sampah yang menumpuk di pengungsian harus segera diangkut mengingat banyaknya perindukkan lalat apabila tidak segera ditangani. Dampaknya, akan menjadi salah satu faktor risiko terjadinya pe
Selengkapnya

Percepatan Realisasi, Ditjen Kesmas Lakukan Konsolidasi Pusat Dan Daerah

Dipublikasikan Pada : Senin, 22 Oktober 2018, Dibaca : 123 Kali

Serapan anggaran Program Kesmas dinilai rendah karena masih banyak yang belum mencapai lebih dari 50%. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari, MQIH, dihadapan menteri Kesehatan RI, dr.Nila F Moeloek dan para Kepala Dinas Kesehatan Seluruh Indoesia serta para pejabat di lingkungan Ditjen Kesmas pada acara Rapat Koordinasi Kebijakan  Program Dan Anggaran Kesmas Pusat dan Daerah di Hotel Parklane Jakarta, pada Jumat petang (19/10/2018) kemarin.

 

Pada kesempatan itu Dirjen memaparkan tentang serapan alokasi dan realisasai anggaran pusat yang hingga mendekati akhir tahun total pencapaiannnya baru 36,15%. Dengan rincian alokasi anggaran dari Setditjen Ke

Selengkapnya

STBM Award 2018, Apresiasi Kepada Daerah Berprestasi Mengelola Sanitasi

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 19 Oktober 2018, Dibaca : 141 Kali

JAKARTA - Tahun 2018 menjadi tahun permulaan diberikannya penghargaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Berkelanjutan kepada wilayah yang telah mencapai 100% pilar STBM.

 

STBM  Award merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Rakornas STBM 2017 tentang kerjasama 5 (lima) kementerian dalam penuntasan akses sanitasi masyarakat. Award ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang telah berhasil pada pilar 1  STBM serta mengupayakan keberlanjutannya.

 

Dengan adanya STBM Berkelanjutan Award, diharapkan akan menjadi pemicu bagi daerah lainnya untuk mencapai target STBM dan melahirkan banyak inovasi untuk percepatan Universal Akses 2019 maupun SDG’s 2030.

 

Terdapat 2

Selengkapnya

Kebijakan Kemenkes Dalam Memberi Bantuan Susu Formula Kepada Korban Gempa Donggala

Dipublikasikan Pada : Selasa, 16 Oktober 2018, Dibaca : 72 Kali

JAKARTA--Pemberian susu formula bayi pada situasi darurat dan bencana lainnya tidak boleh sembarangan karena terbatasnya sarana untuk menyiapkannya, seperti air bersih, alat masak, botol steril, dan lainnya ditempat pengungsian. UNICEF (Badan Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahaya pemberian susu formula di pengungsian yang disajikan tak sesuai prosedur dapat berdampak diare pada bayi.

Seperti yang dilansir berita-Antara, kasus di Bantul Yogyakarta, setelah mengalami gempa bumi menunjukkan kalau 25 persen anak di bawah usia 2 tahun terkena diare karena meminum susu formula. Karena itu, sebaiknya jangan asal memberi bantuan susu formula

Selengkapnya

Dirjen Kesmas, Sebutkan 10 Prioritas Program Kesmas Pada Tahun Anggaran 2019

Dipublikasikan Pada : Kamis, 11 Oktober 2018, Dibaca : 128 Kali

JAKARTA--Kementerian Kesehatan dalam menerjemahkan 3 program dari agenda ke-5 Nawacita presiden yakni Indonesia Pintar, Indonesia Sehat dan Indonesia Kerja telah menetapkan rencana strategis 2015-2019, yang memiliki tujuan utamanya adalah meningkatkan status kesehatan masyarakat dengan fokus pada penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), bayi berat lahir rendah (BBLR) dan peningkatan rumah tangga dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari,MQIH ketika memberi arahan pada pembukaan acara Pertemuan Reviu Perencanaan Anggaran Tahun Anggaran 2019, pada Rabu sore (10/10.2018) kemarin.

 

Sel

Selengkapnya