Rakyat Indonesia Semakin Sehat

Dipublikasikan Pada : Rabu, 10 Januari 2018, Dibaca : 439 Kali  

Menkes RI bersama para Pejabat Utama Kemenkes sedang memberikan penjelasan capaian kinerja Kemenkes 2017

Jakarta, 10/01/2018 – Hari ini Menteri Kesehatan RI didampingi oleh para pejabat tinggi eselon I dan II di lingkungan Kementerian Kesehatan melakukan Jumpa Pers. Di awal tahun 2018 ini, Menteri Kesehatan memaparkan Capaian Kinerja Kemenkes 2017 dan Rencana Kerja Kemenkes 2018. “Kemenkes senantiasa berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program yang telah dirancang di tahun 2017, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pemenuhan SDM Kesehatan, pembangunan dan peningkatan mutu infrastruktur kesehatan, pelayanan kesehatan serta upaya promotif preventif dengan mengajak masyarakat untuk hidup sehat,” ujar Menkes.

 

Terkait dengan anggaran, pada tahun 2017 total alokasi anggaran Kemenkes mencapai Rp 58,3 T dimana alokasi terbesar 43,8% atau Rp 25,5 T dialokasikan untuk JKN dan 29,17% atau 17 T  dialokasikan untuk program pembinaan pelayanan kesehatan. Pemanfaatan JKN/KIS juga semakin meningkat setiap tahunnya dimana cakupan Kepesertaan JKN Hingga Oktober 2017 terdapat 187,9 juta jiwa.

 

Untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan di DTPK, Kemenkes tahun 2017 melakukan terobosan WKDS. Hingga kini ada 870 orang yang melakukan WKDS. Selain WKDS, Kemenkes juga menempatkan tenaga kesehatan melalui Nusantara Sehat team based maupun individu. Untuk Nusantara Sehat team based ada 2.486 orang dan NS secara Individu ada 1.663 orang. Serta penugasan khusus calon dokter spesialis sejumlah 1.297.

 

Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat juga semakin meningkat melalui program inovasi Kemenkes yaitu pendekatan keluarga dengan 12 indikator keluarga sehatnya dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang berfokus pada 3 aspek perubahan perilaku yaitu melakukan aktivitas fisik setiap hari, mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari dan melakukan pemeriksaan berkala untuk mendeteksi factor resiko yang ada pada setiap orang. 

 

Sementara di tahun 2018 ini Kemenkes akan berfokus pada 3 program prioritas, yakni peningkatan akses pelayanan kesehatan ibu dan anak, program prioritas penguatan promotif dan preventif melalui GERMAS, serta pencegahan dan pengendalian penyakit.

 

Dalam hal ini, Menkes mengajak seluruh pihak untuk ikut ambil bagian dalam menyukseskan program kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sesuai dengan Nawacita. Akhir-akhir ini juga sering beredar berita hoax di masyarakat. Mengenai Hoax kesehatan yang beredar, masyarakat perlu memperhatikan dan berhati-hati dalam melakukan pengobatan yang tidak berizin dari pemerintah. (IWP)