Penghargaan dan Verifikasi Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tahun 2016

Dipublikasikan Pada : Kamis, 02 Februari 2017, Dibaca : 1182 Kali  

Penerima penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Th 2016

Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT HKN ke-52Tahun 2016 lalu, Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RImenyelenggarakan pemberian penghargaan untuk Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat sesuai Amanah Permenkes no 44 Tahun 2014.

 

Sebelum dilakukan penilaian oleh tim pusat, Forum Pelabuhan Sehat maupun Bandar Udara Sehat melaksanakan  penilaian sendiri (Self Asessment)terhadap Progress dari penyelenggaraan kegiatan program Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat. Tiap forum Pelabuhan dan Bandar Udara menyampaikan laporan hasil kegiatan kepada Otoritas Pelabuhan atau Bandar Udara, untuk selanjutnya dilaporkan kepada Menteri Kesehatan melalui Direktur JenderalKesehatan Masyarakat dan Ditjen P2P Kemenkes RI. Penilaian sendiri oleh forum dilakukan terhadap kondisi lingkungan yang mencakup permasalahan kebersihan, keamanan, kenyamanan dan meniadakan faktor risiko kesehatan masyarakat.

 

Beberapa Aspek Kegiatan yang dinilai dalam  Self Assessment meliputi 1) Penyelenggaraan kesehatan lingkungan, 2) Penataan sarana dan fasilitas, 3) Peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, 4) Peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, 5) Peningkatan keamanan dan ketertiban, dan 6) Aspek Kelembagaan yang meliputi forum Pelabuhan Sehat.

 

Berikut 20 (Dua Puluh) Peserta Pelabuhan dan Bandar Udara yang melaksanakan Self Assessment dan mengirimkan ke Pusat:

  1. Pelabuhan Nusantara IV Kendari
  2. Bandar Udara  Bentan Telani Lagoi, Tanjung Pinang
  3. Bandar Udara  Sultan Thaha Jambi
  4. Pelabuhan Talang Jambi
  5. Pelabuhan Sunda Kelapa
  6. Pelabuhan Muara Baru
  7. Pelabuhan Tanjung Priok
  8. Bandar Udara  Udara Adi sumarmo Solo
  9. Bandar Udara  Tjilik Riwut Palangka Raya
  10. Bandar Udara  Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru
  11. Merak Banten/ Penyeberangan
  12. PT. Indonesia Power
  13. PT. Mitsubishi Chemical
  14. Pelabuhan Banten
  15. Terminal Khusus Badak LNG Bontang
  16. Terminal Khusus  Pupuk Kaltim
  17. Terminal Khusus KPC Sangatta Kaltim
  18. Bandar Udara  Soekarno Hatta
  19. Pelabuhan Laut Karimun Riau
  20. Pelabuhan Laut Cilacap

 

Setelah Self Assessment dikirimkan, dilakukanpembahasan khusus oleh Tim Verifikasi Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat tingkat Pusat yang terdaftar dalam SK Menteri Kesehatan RI. Anggota Tim Penilai berasal dari lintas sektor yang terdiri dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan para ahli di bidang Kesehatan Lingkungan sebagai perwakilan dari tim Independen. SelanjutnyaTim ini melakukan verifikasi lapangan langsung terhadap pelabuhan dan bandar udara yang telah mengirimkan penilaian dan dinyatakan masuk dalam nominasi calon penerima Penghargaan.

 

Kewenangan dalam pelaksanaan penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat ini sesuai ketentuan dalam Permenkes no 44 tahun 2014 yang berbunyi :

-          Pasal 5 ayat (5) Forum melaksanakan Self Assesment minimal satu kali dalam setahun; 

-          Pasal 5 ayat (6) Hasil Self Asessment  dilaporkan pada pimpinan otoritas dan dilanjutkanke Menkes melalui Dirjen;

-          Pasal 1 di Ketentuan Umum Yang dimaksud dengan Dirjen dalam Permenkes 44 Tahun 2014 adalah  Direktur Jenderal dilingkungan Kemenkes yang mempunyai tugas dan tanggung jawab di bidang Kesehatan Lingkungan.

 

Oleh karena itu,Pelaksanaan Verifikasi dan Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat ini tetap dilaksanakan oleh Direktorat Kesehatan Lingkungan di bawah Ditjen Kesehatan Masyarakat berkoordinasi dengan Ditjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan dari semua Direktorat Jenderal terkait, sehingga pelaksanaan lebih optimal.

 

Pelaksanaan pemberian penghargaan berlangsungpada Kamis, 27 November 2016yang lalu dalam rangkaian acara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Emas ke 52 Tahun bertempat di Aula Auditorium Gedung Swabessi KemenkesRI yang dihadiri oleh Ibu Menkes, Profr. Dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM.

 

Pada hari itu penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat diserahkan langsung oleh Ibu Menkes kepada 10 (Sepuluh) penerima penghargaan yang terbagi dalam beberapa kategori, yakni:   

Kategori Bandar Udara Internasional:

  1. Adi Sumarmo Solo
  2. Sultan syarif Kasim II Riau
  3. Soekarno Hatta Jakarta

Kategori Pelabuhan Umum - Utama :

  1. Tj. Priok Jakarta

Kategori Pelabuhan Umum - Pengumpul:

  1. Sunda Kelapa
  2. Muara Baru

Kategori Pelabuhan Khusus - Terminal Khusus

  1. Lagoi - Kepri
  1. Badak LNG- Bontang Kaltim
  2. KPC Sangatta Kaltim

Kategori Pelabuhan Penyeberangan

  1. Pelabuhan Merak Banten

Ibu Menteri Kesehatan menyerahkan Piagam Penghargaan

Verifikasi dan Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat sangat perlu dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi keberhasilan dalam mewujudkan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat melalui kondisi lingkungan Pelabuhan dan Bandar Udara yang sehat sehingga dapat mencegah potensi risiko penyebaran penyakit, gangguan kesehatan, keamanan dan ketertiban di Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat seluruh Indonesia, sesuai dengan Permenkes no 44 Tahun 2014 sebagai acuan pelaksanaanya.

 

Apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan pada Forum Pelabuhan atau Forum Bandar Udara Sehat yang telah berupaya dalam menyelenggarakan kegiatan Pelabuhan dan Bandar Udara sehat. Berikut adalah Profil Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tahun 2016 !

  1. Penyelenggaraan Bandar Udara Sehat di Bandara Adi Sumarmo Solo telah dilaksanakan secara terintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Bandara Sehat, Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilyah Bandar Udara Adi Sumarmo Solo, Olah Raga Bersama, Promosi Kesehatan, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan/ Inovasi dari Forum Bandara Adi Sumarmo :
  2. Gabungan Simulasi PHEIC dan Kecelakaan Pesawat Udara. Latihan ini merupakan latihan terpadu yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan bertujuan menguji fungsi koordinasi, komunikasi, dan komando antar instansi sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara dan Dokumen Program Keamanan Bandar Udara.
  3. Pemanfaatan Hasil Pengolahan Limbah Cair untuk Penyiraman Tanaman.
  4. Penyelenggaraan Bandar Udara Sehat di Bandara Sultan Syarif Kasim II telah dilaksanakan secara terintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Bandara Sehat, Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilayah Bandara Sultan syarif Kasim II, Olah Raga Bersama, Promosi Kesehatan, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan/ Inovasi dari Forum Sultan Syarif Kasim II :
  5. Mempunyai Program LAVI TRAP (Perang melawan Nyamuk) dalam meminimalisir Resiko Penyakit DBD menggunakan gelas plastik dan botol bekas yang dipasang di semua penjuru kawasan bandara udara dengan menggerakkan kader kesehatan yang dilatih KKP. Kegiatan ini di biayai oleh Angkasa Pura.
  6. Petugas Cleaning Service di jadikan Kader Kesehatan.
  7. Penyelenggaraan Bandar Udara Sehat di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten telah dilaksanakan cukup  terintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Bandara Sehat, Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilayah Bandar Udara Soekarno Hatta Tangerang Banten, Olah Raga Bersama, Promosi Kesehatan, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan/ Inovasi dari Forum Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten :
  8. Sarana Prasarana sangat lengkap.
  9. Adanya komitmen pengendalian vektor terintergrasi dan mewujudkan jasaboga, rumah makan dan restoran bersertifikat laik higiene sanitasi.
  10. Penyelenggaraan Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Umum Utama Tanjung Priok Jakarta dilaksanakan secara berkelanjutan dan terintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Bandara Sehat, Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilayah Pelabuhan Umum Utama Tanjung Priok Jakarta, Olah Raga Bersama, Promosi Kesehatan, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan dari Forum Pelabuhan Sehat Tanjung Priok Jakarta :
  11. Menjaga kesinambungan kegiatan pelabuhan sehat sejak tahun 2011.
  12. Terus melakukan penghijauan, melalui kegiatan penanaman pohon  untuk ruang  terbukahijau yang masih kurang.
  13. Pendistribusian TTG Priok Mosquito Trap buatan sendiri kepada lintas sektor terkait  dalam rangka pengendalian vektor di pelabuhan.
  14. Penyelenggaraan Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Umum Pengumpul Sunda Kelapa Jakarta dilaksanakan secaraterintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat (K2L), Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilayah Pelabuhan Umum Pengumpul Sunda KelapaJakarta, Olah Raga Bersama, Promosi Kesehatan, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan dari Forum Pelabuhan Sehat Sunda Kelapa Jakarta, yakni upaya penertiban pedagang asongan melalui Forum K2L dalam rangka menjadikan Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi lebih Rapi dan Bersih sebagai tempat wisata bagi pengunjung lokal dan mancanegara.
  15. Penyelenggaraan Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Umum Pengumpul Muara Baru Jakarta dilaksanakan secaraterintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat/Tim Pengendali Kebersihan Keamanan dan Ketertiban (K3), Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilayah Pelabuhan Umum Pengumpul Muara Baru Jakarta, Olah Raga Bersama, Promosi Kesehatan, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan dari Forum Pelabuhan Sehat Muara Baru Jakarta:
  16. Pengelolaan limbah cair terpadu dalam satu kawasan Pelabuhan.
  17. Penertiban Zoning kegiatan di Pelabuhan sesuai peruntukan kegiatan.
  18. Penyelenggaraan Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Merak Bantendilaksanakan secaraterintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat, Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilayah Pelabuhan Merak Banten, Olah Raga Bersama, Promosi Kesehatan, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan dari Forum Pelabuhan Sehat Pelabuhan Merak Banten yakni penataan kegiatan Pelabuhan Sehat melalui forum yang lebih optimal dengan menempatkan ruangan sekretariat forum yang sangat baik meliputi :
  19. Peningkatan keamanan  bagi masyarakat  dengan penempatan polisi dengan pengaturan  2 shift  perhari
  20. Penambahan tenaga kebersihan dari masing2 dermaga
  21. Penambahan toilet umum mobile
  22. Penyelenggaraan Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Khusus-Terminal KhususLagoi-Kepridilaksanakan secaraterintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat, Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilayah Pelabuhan Khusus-Terminal KhususLagoi-Kepri, Olah Raga Bersama, Promosi Kesehatan, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan dari Forum Pelabuhan Sehat Pelabuhan Khusus-Terminal KhususLagoi – Kepriantara lain merupakan wilayah mandiri secara infrastruktur, sarana dan prasarana serta menjadi kawasan wisata yang telah mendapatkan berbagai penghargaan yang terdiri dari hotel/resorts, golf courses, dan fasilitas rekreasi dan atraksi wisata.
  23. Penyelenggaraan Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Khusus-Terminal Khusus BADAK LNG dilaksanakan secaraterintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat, Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilayah Pelabuhan Khusus-Terminal Khusus BADAK LNG, Olah Raga Bersama, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan dari Pelabuhan Khusus-Terminal Khusus BADAK LNG :
  24. Kedisplinan dan kepatuhan terhadap SOP sudah menjadi kebutuhan pekerja maupun masyarakat di Pelabuhan.
  25. CSR berperan aktif untuk masyarakat.
  26. Penyelenggaraan Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Khusus-Terminal Khusus-KPC Sangatta Kaltim dilaksanakan secaraterintegrasi dengan melibatkan pihak terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung seperti Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat, Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan di wilyah Pelabuhan Khusus-Terminal KhususKPC Sangatta Kaltim, Olah Raga Bersama, Upaya Penyehatan Lingkungan dan lain-lainnya. Kegiatan Unggulan dari Pelabuhan Khusus-Terminal KhususKPC Sangatta Kaltim:
  1. Kedisplinan dan Kepatuhan terhadap SOP sudah menjadi kebutuhan pekerja maupun masyarakat di Pelabuhan.
  2. CSR berperan aktif untuk masyarakat.

 

Kegiatan Verifikasi Lapangan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tahun 2016

Kegiatan Verifikasi Lapangan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tahun 2016

 

Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara sehat jika dianalogikan dengan olahraga maka kegiatan ini merupakan suatu perlombaan layaknya lomba lari marathon, jadi bukan suatu pertandingan yang aple to aple, sehingga target yang ingin dicapai bukan hanya kemenangan dan penghargaan, melainkan adalah “memperbaiki diri dari sebelumnya”. (DM/IP)