PENINGKATAN KAPASITAS PETUGAS KESEHATAN LINGKUNGAN DALAM PENGGUNAAN SANITARIAN KIT TAHUN 2016

Dipublikasikan Pada : Kamis, 02 Februari 2017, Dibaca : 895 Kali  

Peserta mempraktikan peralatan Sanitarian Kit

 

Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat memiliki misi untuk menyelenggarakan upaya kesehatan esensial yang bermutu, merata, dan terjangkau sesuai dengan kebutuhan masyarakat, untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.

 

Untuk mendukung kinerja petugassanitarian perlu dibekali / dilengkapi dengan peralatan berupa alat-alat pemeriksaan kualitas udara, pemeriksaan kualitas air dan pemeriksaan kualitas makanan.

 

Direktorat Kesehatan Lingkungan tahun 2016  lalu telah mendistribusikan peralatan Sanitarian Kit yang terdiri atas paket untuk : 1) pemeriksaan kualitas udara, 2) pemeriksaan kualitas air dan 3) pemeriksaan kualitas makanan,kepada 345 puskesmas, 35 Kabupaten/Kota di 18 Propinsi.Selain memberikan peralatan Sanitarian Kit kepada sasaran, Dit. Kesling sekaligus melaksanakan peningkatan kapasitas kepada petugas kesehatan lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Petugas Puskesmas yang mendapatkan peralatan Sanitarian Kit.

 

Tujuan peningkatan kapasitas tersebut diharapkan petugas puskemas penerima Sanitarian Kit dalam melaksanakan Inspeksi Kesehatan Lingkungan di wilayah kerjanya, dapat memperoleh hasil yang lebih akurat dalam pemeriksaan kualitas udara, pemeriksaan air dan pemeriksaan makanan. (YM/IP)