DEKLARASI DESA SBS MOROWALI

Dipublikasikan Pada : Selasa, 17 Januari 2017, Dibaca : 794 Kali  

 

Berpusat di Desa Unsongi Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah, dilaksanakanlah Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) tingkat kabupaten pada tanggal 16 Januari 2017. Kegiatan ini sebagai bentuk pernyataan diri bahwa masyarakat di tempat tersebut sudah sadar sepenuhnya untuk tidak akan buang air besar sembarang tempat (BABS) lagi dan bahwa BAB di jamban adalah hal yang penting. Hadir sebagai perwakilan dari Direktorat Kesehatatan Lingkungan, Ditjen Kesmas, Kemenkes RI yaitu Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar F. Eko Saputro, SKM, M. Kes.

Deklarasi dilaksanakan dengan pembacaan ikrar desa SBS dan penandatangan Piagam Desa ODF/SBS. Terdapat 23 Desa yang akan di Deklarasi, yaitu :

  • Kecamatan Bungku Timur meliputi Desa Unsongi, Desa Ulelere, Desa Geresa
  • Kecamatan Bungku Tengah meliputi Desa Puungkuilu, Desa Tudua, Desa Tofuti, Kelurahan Tofoiso, Keluarahan Mendui, Kelurahan Marsaoleh, Kelurahan Bungi, Desa Matansala, Desa Ipi
  • Kecamatan Bungku Barat meliputi Desa Larobenu, Desa Marga Mulya, Desa Uedago.
  • Kecamatan Bungku Pesisir meliputi Desa Torete,
  • Kecamatan Menui Kepulauan meliputi Desa Morompaitonga, Desa Kofalagadi.
  • Kecamatan Bumi Raya meliputi Desa Atananga, Desa Karaupa, Desa Beringin Jaya
  • Kecamatan Wita Ponda meliputi Desa Sampeantaba, Desa Ungkaya

 

Kegiatan STBM ini telah serempak dilakukan oleh Dinas Kesehatan di semua Kecamatan di wilayah Kabupaten Morowali bersamaan juga dengan pelaksanaan program Pamsimas di Kabupaten Morowali. Dalam perjalanannya, Kabupaten Morowali telah melaksanakan Deklarasi Desa SBS sebanyak 2 kali, ketika belum terbentuknya daerah otonomi baru Kabupaten Morowali Utara. Pertama pada Tahun 2012 yang dipusatkan di Desa Tiwa’a yang dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Morowali dan Tahun 2013 di Desa Keuno yang dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali, jadi sampai saat ini baru 25 Desa yang di deklarasikan dari 133 Desa di Kabupaten Morowali. (ARD)