Membangun Jejaring Regional ASEAN untuk Pencegahan dan Pengendalian Keselamatan Berlalulintas

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 20 April 2018, Dibaca : 90 Kali  

Plt Dirjen Kesmas dan peserta workshop

 

JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah acara The Workshop on the Establishment of Regional Network of National Collaborating Bodies on road Traffic Injuries, ASEAN Health Cluster 1 yang akan diselenggarakan dari 18 hingga 20 April 2018 di Jakarta.

 

Pertemuan dihadiri oleh delegasi dari lima negara ASEAN, yakni Vietnam, Filipina, Laos, Thailand, dan Myanmar, perwakilan dari WHO, ASEAN Secretary, Kementerian Perhubungan RI, dan Kementerian Kesehatan RI.

 

Cluster 1 ASEAN telah menetapkan 7 prioritas kesehatan tahun 2016-2017 dimana pencegahan cedera menjadi prioritas kesehatan nomor tiga. Sejalan dengan hal tersebut, maka Workshop ini diadakan untuk membangun komitmen regional terhadap keselamatan berlalulintas sebagai bentuk dari prioritas kesehatan untuk pencegahan cedera dan mengembangkan jejaring kolaborasi regional khususnya pada negara-negara ASEAN.

 

"Melalui pelaksanaan workshop diharapkan adanya kolaborasi dan sinergi dari negara-negara ASEAN sebagai bagian dari komunitas global untuk memperkuat program pencegahan cedara dan pengendalian keselamatan berlalulintas melalui pembentukan jejaring, inovasi teknologi, pertukaran ide/gagasan, praktek berdasarkan pengalaman dan advokasi kebijakan" imbuh Plt. Dirjen Kesmas dr. Robby ketika membuka secara resmi workshop tersebut.

 

Selama workshop 3 hari tersebut, para peserta juga melakukan kunjungan ke NTMC Polri dan AGD 119 Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebagai pembelajaran serta tukar pengalaman dari masing-masing negara ASEAN dalam rangka pencegahan dan pengendalian keselamatan berlalulintas. (bgs)