Sumbar Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Germas

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 21 April 2017, Dibaca : 722 Kali  

Dialog khusus bersama Menkes RI, Gubernur Provinsi Sumbar dan Kadinkes Provinsi Sumbar

PADANG – Rakerkesda Provinsi Sumatera Barat yang diadakan pada tanggal 16 – 18 April 2017 yang lalu mengusung tema “Wujudkan Sumatera Barat Sehat Melalui Implementasi Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”. Pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat yang didampingi oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat dan Kadinkes Provinsi Sumatera Barat menandai pembukaan Rakerkesda Provinsi Sumatera Barat secara resmi.

Rakerkesda Provinsi Sumatera Barat dihadiri oleh Menteri Kesehatan beserta Dirjen Kesehatan Masyarakat, Dirjen Pelayanan Kesehatan, Direktur Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat dan Direktur Kesehatan Lingkungan yang bertempat di Hotel Grand Inna Muara Padang.

Dalam arahannya, Menkes mengatakan agar Puskesmas dapat berkerja secara pro aktif dalam melakukan pelayanan ke luar gedung sampai pada keluarga seperti halnya “Gerakan Ketuk Pintu Deteksi Dini Tuberkulosis”.

Menkes juga menyampaikan, Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) secara bertahap akan dilaksanakan secara nasional dengan  target tahun 2017 sebanyak 2.926 Puskesmas prioritas. Untuk Provinsi Sumatera Barat program ini akan dilaksanakan pada 103 Puskesmas prioritas dengan kriteria sudah terakreditasi atau siap akreditasi dan memiliki peralatan lengkap.

Pada Rakerkesda ini diharapkan dapat terwujudnya sinkronisasi dan koordinasi antara provinsi dan kabupaten/kota dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yaitu program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga sehat dan gerakan masyarakat hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia di Provinsi Sumatera Barat. (rn)