ToT Pengamanan Limbah Medis

Dipublikasikan Pada : Senin, 29 April 2019, Dibaca : 163 Kali  

Jakarta - Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan merupakan tempat berkumpul orang sakit maupun orang sehat, dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan hidup dan gangguan kesehatan lainnya. Aspek pengelolaan kesehatan di rumah sakit merupakan bagian integral dari pelayanan yang dilakukan.

 

Saat ini jumlah RS di Indonesia lebih dari 2800. Hal ini berpotensi meningkatkan limbah sekitar 200 Ton per hari belum termasuk fasilitas kesehatan lainnya. Di dalam akreditasi rumah sakit, salah satu yang menjadi perhatian adalah pengelolaan kesehatan lingkungan.

 

Atas dasar hal tersebut, Direktorat Kesling menyelenggarakan ToT pengamanan limbah medis RS bagi pelatih guna meningkatkan kompetensi petugas serta memberikan keseimbangan pemahaman antara pengelola kesehatan lingkungan di rumah sakit dengan petugas Dinas Kesehatan. Pelaksanaan  selama 8 hari pada tanggal 7-14 April 2019 dan 21-28 April 2019  di Harris Tebet Jakarta.

 

Selama TOT, peserta juga melihat langsung pelaksanaan penanganan limbah medis di RS Pusat Pertamina dan RS Adhyaksa Kejagung di Jakarta. (bgs)