10 PESAN PRESIDEN MEWUJUDKAN INDONESIA SEHAT

Dipublikasikan Pada : Rabu, 03 May 2017, Dibaca : 894 Kali  

JAKATA - Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan 10 pesan dalam mewujudkan Indonesia Sehat melalui momentum Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2017. Melalui kegiatan yang bertema “Sinergi Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Pendekatan Keluarga untuk Mewujudkan Indonesia Sehat” ini Presiden menyampaikan beberapa hal yang penting untuk menjadi perhatian dan diterapkan. Apa sajakah pesan tersebut ? Mari kita simak.

 

 1. Kesehatan Sangat Fundamental

Seluruh masyarakat harus menyadari bahwa kesehatan merupakan kunci yang harus diupayakan sungguh-sungguh, terlebih untuk menghadapi bonus demografi sesaat lagi.

 

 2. Gizi Investasi Bangsa

Gizi merupakan investasi sumber daya manusia dimasa yang akan datang, dan tidak boleh satupun anak yang Indonesia yang kekurangan gizi.

 

 3. Berantas Penyakit Menular

Aspek lingkungan dan perilaku sangat mempengaruhi. Selain itu penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat serta PHBS menjadi faktor penting yang tidak boleh dipisahkan dengan intervensi lain. Karena semua penyebabnya sudah diketahui, maka tidak boleh lagi ada bayi, balita dan ibu hamil yang meninggal.

 

 4. Utamakan Pencegahan

Selalu mengutamakan promotif dan preventif melalui promosi kesehatan untuk mewujudkan perilaku hidup bersih. Disini peran Puskesmas sangatlah besar untuk lebih mengenalkan dan mengarahkan masyarakat kepada kesehatan dan pentingnya pencegahan secara dini.

 

 5. Gerakan Hidup Sehat

Sehat menjadi tanggungjawab semua orang dan diawali dari diri sendiri. Dan GERMAS membutuhkan peran serta lintas sektor untuk bersama-sama bersinergi.

 

 6. Sinergitas Antar Kementerian dan Lembaga

Seluruh pihak diharapkan menggunakan sumber dayanya dan sekaligus menumbuhkan kepedulian bagi mereka untuk berpikir tentang kesehatan dan komponen yang dapat diselesaikan serta berdampak bagi kesehatan masyarakat.

 

7. Manajemen dan Anggaran Pusat dan Daerah

Sinergi perencanaan dan penganggaran antara pusat dan daerah yang fokus pada permasalahan.

 

 8. Hentikan Merokok

Jangan sampai ada uang yang dipakai untuk beli rokok dan tidak dipakai untuk menambah gizi anaknya.

 

 9. Pendekatan Keluarga

Tenaga kesehatan aktif mendatangi masyarakat untuk mengembalikan masyarakat pada pola hidup sehat, gerakan dan arahkan untuk pencegahan dini.

 

 10. Reformasi Birokrasi

Bekerja dari dalam hati untuk memberikan pelayanan dengan ikhlas serta mengupayakan dengan sungguh-sungguh.

 

Biarlah apa yang telah disampaikan Presiden menjadi semangat yang memotivasi seluruh masyarakat berjuang meningkatkan derajat kesehatannya demi Indonesia yang lebih sehat. (IWP)