Payakumbuh Menjadi Kota Tersehat Di Indonesia

Dipublikasikan Pada : Rabu, 09 May 2018, Dibaca : 130 Kali  

Ketua Forum Kota Sehat Payakumbuh Memaparkan Program Kota Sehat

PAYAKUMBUH - Salah satu Kota di Propinsi Sumatera Barat yang terletak di daerah dataran tinggi yang merupakan bagian dari Bukit Barisan dan berjarak sekitar 30 km dari Kota Bukittinggi atau 120 km dari Kota Padang, menjadi kota tersehat di Indonesia. Kota Payakumbuh  berhasil mempertahankan predikat Kota Sehat (Swasti Saba) tingkat Wistara untuk ke lima kalinya

 

Predikat Kota Sehat Wistara atau tingkat pengembangan, klasifikasi tertinggi dalam penilaian kota sehat yang di berikan oleh Kementerian Kesehatan. Penghargaan Kota Sehat ini bukan penghargaan semata, melainkan adalah kerjasama lintas sektoral antara pemerintah selaku pemangku kebijakan dan masyarakat dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.

 

“Kita bersyukur mendapatkan penghargaan sebagai kota sehat, tapi yang terutama masyarakat Payakumbuh menjadi disiplin dalam berperilaku hidup bersih dan sehat sebagai pencegahan agar tidak sakit” ujar Walikota Payakumbuh Riza Palepi di Pendopo rumah dinas (7/5) dalam acara ekpose keberhasilan pembangunan kesehatan di Kota Payakumbuh yang dihadiri Direktur Kesehatan Lingkungan dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO, Tim kemenkes serta media nasional .

 

Yang dilakukan Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Forum Masyarakat Kota Sehat diwujudkan melalui berbagai upaya yaitu pertama, menciptakan lingkungan yang sehat; kedua, meningkatkan kebutuhan akan sanitasi; dan ketiga, mengembangkan inovasi dalam bidang hygiene sanitasi serta tingginya peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

 

Sebagai ketua Forum Kota Sehat Payakumbuh, Indra Zahur Dt. Rajo Simarajo menyatakan partisipasi masyarakat sangat tinggi sehingga forum ini menjadi jembatan atau wadah diskusi yang aktif antara pemerintah dan masyarakat serta komitmen Bapak Walikota dalam rangka membangun kota Payakumbuh yang berwawasan kesehatan.

 

Adapun upaya Kota Payakumbuh dalam merubah mindset, pola dan gaya hidup sehat masyarakatnya terbukti dengan adanya pengelolaan sampah terpadu pada Pasar Ibuh yang menjadi pasar sehat, sekolah sehat MTSN 1 Payakumbuh, Posyandu Terintegrasi Koto Tangah, adanya Kelompok Wanita Tani (KWT), kelompok pemanfaatan TOGA dan Akupressure Asman Rosella Kelurahan Padang Datar serta dengan tegas menjadikan semua tempat di Kota Payakumbuh sebagai kawasan tanpa rokok.

 

Petugas sedang mengolah sampah di TPST Pasar Ibuh

Semua yang dilakukan itu menjadikan Kota Payakumbuh sebagai Kota Tersehat di Indonesia, juga sebagai perwujudan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada setiap warga, sehingga bermuara pada kualitas kesehatan warga yang mendorong terciptanya daerah maju dan sejahtera. (bgs)