Remaja Indonesia Harus Menjadi Generasi Tinggi, Cerdas dan Berprestasi

Dipublikasikan Pada : Rabu, 16 May 2018, Dibaca : 25 Kali  

JAKARTA - Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Pattiselano Robert Johan, MARS mewakili Menkes RI, menghadiri seminar kesehatan dan gizi remaja di Jakarta yang dihadiri pula oleh Duta Besar Kanada dan Duta Besar Australia serta Yayasan Mitra Pangan, Gizi dan Kesehatan Indonesia (MPGKI), Selasa pagi (15/5). Seminar tersebut mengangkat tema “Edukasi dan Kampanye Kesehatan dan Gizi Remaja Menuju Generasi Tinggi, Cerdas dan Berprestasi”.

 

 “Remaja merupakan masa yang sangat berharga bila mereka berada dalam kondisi kesehatan fisik dan psikis, serta pendidikan yang baik, maka itu penanganan masalah remaja termasuk di dalamnya masalah kesehatan, akan sangat membutuhkan keterlibatan multi disiplin ilmu, lintas program, lintas sektor dan masyarakat ”, ujar Menteri Kesehatan RI dalam paparannya yang disampaikan oleh Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, dr. Pattiselano Robert Johan, MARS, pada Seminar Kesehatan dan Gizi Remaja di Kantor Kementerian Kesehatan.

 

Permasalahan kesehatan pada remaja sangat kompleks seperti masalah prestasi di sekolah, pergaulan, penampilan, menyukai lawan jenis serta masih banyak remaja yang kurang zat besi (Anemia), memiliki tinggi badan yang pendek atau disebut stunting, kurus atau kurang energi kronis dan Kegemukan atau Obesitas.

 

Remaja juga menjadi masa depan bangsa Indonesia, sebagai agen perubahan di jaman sekarang harus mendapatkan banyak informasi kesehatan dan gizi yang benar agar tidak terkena hoaks. Banyak yang bisa dilakukan seperti rajin beraktivitas fisik (bersepeda, berolahraga), Rajin makan sayur, buah dan ikan hingga menjadi remaja millenial yang terus bergerak.

 

Semua pihak dan seluruh masyarakat perlu memahami pentingnya gizi untuk kesehatan dalam setiap siklus kehidupan, karena gizi adalah investasi bangsa. Diharapkan Remaja Indonesia Menjadi Generasi Tinggi, Cerdas dan Berprestasi. (bgs)