TMMD Ke 99 Tahun 2017, TNI dan Kemenkes Bersinergi Wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Rabu, 17 May 2017, Dibaca : 769 Kali  

Rakornis TMMD ke 99 Tahun 2017

JAKARTA - Mengambil tema "Dengan Semangat Kemanunggalan TNI Dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan Di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI", Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD Ke-99 TA 2017 TNI AD dan Kementerian Kesehatan RI dilaksanakan di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (16/5). 

 

Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa ke 99 (TMMD) bentuk sinergi dan penggalangan komitmen Kemenkes dengan TNI dalam mendukung GERMAS sesuai Inpres No. 1 Tahun 2017 tentang Germas, yang menginstruksikan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Kepala Lembaga Pemerintah dan non Pemerintah, Direktur Utama BPJS Kesehatan serta Para Gubernur dan Bupati/Walikota untuk Menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. 

 

Dalam arahan Kasad menjelaskan , sesuai data yang ada ± 24 juta KK di Indonesia belum memiliki sanitasi yang baik. "Hal ini dikarenakan persoalan kemiskinan, keterpencilan dan ketidaktahuan pentingnya masalah kesehatan" tegasnya. Untuk membantu mengurangi atau mengatasi permasalahan kesehatan tersebut, kata Kasad, TNI telah mencanangkan suatu Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban untuk Keluarga Indonesia yang disingkat GEMA SANG JUARA. Hal ini sejalan dengan program pemerintah bahwa pada tahun 2019 tidak ada lagi Masyarakat Indonesia yang Buang Air Besar (BAB) sembarangan. 

"Selain itu TNI juga melaksanakan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan berupa Bakti Sosial kesehatan di daerah perbatasan, daerah terpencil dan di daerah kepulauan" ujarnya. Dipaparkan Kasad, rencana program yang akan datang TNI bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan akan melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang perubahan perilaku masyarakat dengan kegiatan antara lain :



Melaksanakan pelatihan kepada 65 orang Babinsa Pada minggu ke-3 bulan Mei 2017 sebagai tenaga penyuluh kesehatan masyarakat terutama masalah sanitasi. Program TA 2018 direncanakan akan melaksanakan pelatihan kepada 3.520 Babinsa yang merupakan perwakilan setiap Koramil untuk dijadikan sebagai tenaga penyuluh kesehatan.

 

Menkes dalam sambutannya menyatakan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, kita berharap masyarakat bisa berperilaku sehat, khususnya seluruh anggota TNI dan keluarga sehingga diharapkan berdampak pada terjaganya kesehatan Kesehatan yang terjaga sehingga produktivitas masyarakat akan meningkat, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga pada akhirnya angka kesakitan menurun dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat berkurang.

 

Lebih lanjut pada siang hari Dirjen Kesmas memaparkan secara detail Program Indonesia Sehat dengan kegiatan GERMAS, Pendekatan Keluarga. Rakornis TMMD ini menjadi momentum sinergi, komitmen bersama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

Rakornis TMMD ke 99 yang berlangsung di Balai Sudirman juga di isi dengan pameran foto kegiatan bersama TNI dan Kemenkes, edukasi GERMAS dan lainnya. (bgs)