Wujudkan Lingkungan Ramah Lansia untuk Lansia Sehat, Aktif, Mandiri dan Produktif

Dipublikasikan Pada : Senin, 29 May 2017, Dibaca : 814 Kali  

Tanggal 29 Mei 2017 diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Berbagai rangkaian acara dilakukan yang sudah dimulai sejak sepekan, seperti peringatan HLUN di Kabupaten Bandung minggu lalu. Pada hari ini, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Temu Media dalam rangka peringatan HLUN tahun 2017 di Ruang Maharmadjono, Kementerian Kesehatan. Dihadiri oleh berbagai awak media baik media cetak maupun online, yang mendapatkan berbagai informasi oleh para Narasumber yaitu Dirjen Kesehatan Masyarakat, Direktur Kesehatan Keluarga dan Ketua Umum Pergemi Prof Siti Setiati.

 

Tahun ini HLUN mengambil sub tema kesehatan “Giatkan GERMAS.. Wujudkan Lansia Sehat, Aktif, Mandiri dan Produktif”! melalui sub tema ini Kemenkes hendak mengajak masyarakat untuk bersama mewujudkan Lansia yang sehat, aktif, mandiri dan produktif melalui penggiatan GERMAS. Mengingat Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2020 -2035 dan Indonesia termasuk Negara dengan jumlah Lanjut Usia (Lansia) terbanyak.

 

Secara alami proses menjadi tua mengakibatkan Lansia mengalami kemunduran fisik dan mental, sehingga Kesehatan merupakan aspek sangat penting  untuk diperhatikan pada Lansia. Untuk itu, mulai dari sekarang perlu dipersiapkan upaya menyeluruh untuk meningkatkan kesehatan Pra Lansia dan Lansia tersebut, supaya tidak menjadi beban bagi usia produktif dan diharapkan Lansia tersebut tetap sehat, aktif dan masih produktif tentunya.

 

Dengan segala permasalahan kesehatan yang ada, Kemenkes mengembangkan Kebijakan dan Program diantaranya :

  1. Pengembangan dan penguatan pelayanan kesehatan Lansia di fasilitas pelayanan kesehatan dasar melalui pengembangan Puskesmas yang menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan Santun Lansia.
  2. Pengembangan dan penguatan pelayanan kesehatan Lansia di fasilitas pelayanan kesehatan rujukan melalui pengembangan Rumah Sakit yang mempunyai pelayanan Geriatri terpadu
  3. Peningkatan pembinaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kesehatan Lansia melalui pengembangan Kelompok Lansia atau dikenal juga dengan sebutan Posyandu Lansia/ Posbindu Lansia
  4. Peningkatan pemberdayaan Lansia dalam meningkatkan status kesehatan keluarga
  5. Peningkatan Pelayanan Home Care dan Perawatan Jangka Panjang (Long Term Care) bagi Lansia
  6. Peningkatan pelayanan kesehatan Lansia dengan pendekatan siklus hidup (Life Cycle) secara terintegrasi dengan Lintas Program.
  7. Peningkatan kemitraan dengan Lintas Sektor, Tokoh Masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Masyarakat dan Swasta supaya ikut berpartisipasi  memberikan dukungan sumber daya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan Lansia.

 

Peringatan HLUN 2017 ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan Lansia sehingga dapat terwujud Lansia sehat, aktif, mandiri dan produktif serta berdayaguna bagi  kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa masalah kesehatan Lansia  sangat ditentukan oleh pola hidup mulai dari masa janin, bayi, anak-anak sampai dewasa, karena itu melalui GERMAS mari kita mempersiapkan diri untuk mewujudkan Lansia sehat, aktif, mandiri dan produktif.

 

Dan yang terpenting, mari kita mewujudkan lingkungan atau wilayah yang ramah Lansia. Selamat Hari Lanjut Usia Nasional ! (IWP)