Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila

Dipublikasikan Pada : Selasa, 05 Juni 2018, Dibaca : 62 Kali  

JAKARTA - Aparat sipil negara (ASN) Kementerian Kesehatan RI melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Kemenkes RI di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat pagi (1/6). Pada kesempatan ini, Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari, MQIH, bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo.


''Selama 73 tahun, pancasila sudah menjadi rumah kita (Indonesia) yang ber-Bhineka Tunggal Ika, Insyaallah sampai akhir zaman, pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia'', ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.


Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Soekarno pada 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa selama 73 tahun, pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu dan aktualisas nilai-nilai pancasila.


Presiden juga mengingatkan bahwa negara manapun di dunia akan sellau berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk, dan seringkali kemajemuka tersebut dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidakbersatuan-dan ketidakgotongroyongan. Karena itu, ini merupakan saatnya berbagi pengalaman dan nilai-nilai luhur pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Di akhir sambutannya, presiden Jokowi juga mengharapkan agar seluruh komponen bangsa diharapkan bersama-sama mengamalkan pancasila dalam kesehariannya.


''Sungguh, pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan yang maha esa kepada bangsa Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita bersatu, kita berbagi, kita berprestasi!'', tandas Presiden.


Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id. (myg)