Mudik Sehat, Aman dan Selamat

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 16 Juni 2017, Dibaca : 906 Kali  

JAKARTA - Memasuki minggu terakhir bulan puasa, tardisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran adalah melakukan perjalanan pulang kampung atau biasa disebut mudik.

 

Agar perjalanan ke kampung halaman tetap sehat, aman dan selamat, Kemenkes RI memberikan tips sehat kepada para pemudik seperti menyiapkan fisik, konsumsi buah dan sayur, berperilaku sehat, tidak merokok. Selain itu juga pelayanan kesehatan yang dilakukan meliputi layanan emergency 119, dan koordinasi pos pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik oleh Dinkes Provinsi dan kabupaten/kota.

 

Mudik tahun ini ada 15 provinsi yang menjadi prioritas pemantauan, yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.


Dari 15 Provinsi, terdapat 3722 Pos Layanan Kesehatan yang terdiri dari 913 Pos Kesehatan, 2228 Puskesmas, 374 rumah sakit, dan 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Selain itu, juga terdapat 3862 Pos Kesehatan di Jalur Mudik yang meliputi 3141 pos kesehatan dari Dinkes, 207 pos kesehatan dari KKP, 374 rumah sakit rujukan, dan layanan emergency sekitar 104 Public Safety Center (PSC). (bgs)