Direktur Kesjaor, Kemarin Siang Kunjungi Pabrik Sepatu Adidas di Tangerang

Dipublikasikan Pada : Kamis, 23 Juni 2016, Dibaca : 1912 Kali  

Direktur Kesjaor, drg.Kartini Rustandi, ketika berkunjung ke PT.Shyang Yao Fung di Kota Tangerang, Banten, selasa (22/6) kemarin

TANGERANG – Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjaor), drg. Kartini Rustandi, M.Kes, didampingi, Kasie Kapasitas Kerja Instansi, dr.Fitria Maulina, dan staf, melakukan kunjungan ke PT.Shyang Yao Fung untuk melihat dari dekat Program Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) di tempat kerja, pada hari Selasa siang (22/6) kemarin.

PT.Shyang Yao Fung (SYF) yang berlokasi di Kota Tangerang, Banten itu, merupakan produsen sepatu olahraga merk Adidas, yang berdiri pada Oktober 2007, dengan jumlah keryawan  sebanyak 2.302 orang, masing-masing 811 laki-laki dan 1.491 perempuan.

“SYF memiliki beberapa program yang memberi perlindungan serta kesejahteraan terhadap pekerja perempuan”, kata dr Joise, dokter klinik juga merangkap Kepala Departemen Rumah Tangga di peruasahaan itu yang menerima rombongan Direktur dan Kadinkes provinsi Banten yang turut menyertai.

“Promotif, Preventif dan kuratif, menjadi prioritas utama pada program kesehatan di perusahaan kami” kata Joise lagi.

 Secara menyeluruh, program pertama yang dilakukan untuk monitoring kesehatan di perusahaan adalah dengan cara melakukan medical cek-up untuk karyawan yang baru pertama kali bekerja.

dr.Joise, dan rombongan dari Dit.Kesjaor ketika meninjau ruang produksi

Untuk pekerja perempuan, perusahaan menyelenggarakan pelatihan senam hamil, pada Bumil di usia kehamilan trimester 2 dan 3, yang nantinya bisa dipraktekan di rumah masing-masing. Selain dilakukan juga sosialisasi tentang ASI ekslusif, untuk kecukupan gizi bu hamil dan ibu menyusui, perusahaan memberikan penambahan gizi ekstra.

 Diperusaan ini pun, kata dr.Joice, setiap jam 10 pagi dan jam 3 sore, semua karyawan melakukan stretching selama 5 menit dengan tujuan untuk menghindari kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh kelelahan dan stres karena padatnya aktivitas dan target yang harus dipenuhi karyawan.

Berfoto bersama di ruang “Adidas-History”

“Sayangnya segala aktivitas program sehat produktif yang dilakukan di perusahan ini, tak ada data statistik yang menunjukkan naik turunnya angka kesakitan di sana” ujar direktur Kesjaor, ketika mengomentari Program Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) di PT PT.Shyang Yao Fung  yang dievaluasinya kemarin siang itu. –(fey)-