Kualitas Pekerja Meningkat, Indonesia menjadi negara maju dan kompetitif

Dipublikasikan Pada : Kamis, 19 Juli 2018, Dibaca : 206 Kali  

JAKARTA - Melihat komposisi penduduk Indonesia, jumlah penduduk saat ini mencapai 261,89 juta jiwa (BPS, 2018). Dari jumlah tersebut,74%nya adalah usia kerja. Lebih dari setengah (58,22%) bekerja pada sektor informal dan 41,78% di sektor formal. Proyeksi pola kependudukan Indonesia pada tahun 2025 menunjukkan adanya peningkatan di kelompok usia kerja atau bonus demografi. Jumlah usia produktif lebih banyak dari kelompok usia lainnya.

 

Proporsi usia kerja yang terus meningkat merupakan tantangan sekaligus peluang yang harus dikawal agar tercipta angkatan kerja dan pekerja yang sehat dan produktif. Tantangan proporsi pekerja yang besar adalah potensi terjadinya kasus Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Kecelakaan Akibat Kerja (KAK) yang tinggi.

 

“Peluang ini harus dimanfaatkan dengan mendorong peningkatan kualitas, derajat kesehatan, kebugaran dan produktivitas seluruh pekerja sehingga bangsa Indonesia menjadi negara maju dan kompetitif” ujar dr. Kirana Pritasari, MQIH pada pembukaan Workshop Pengembangan Kerangka Konsep (Conceptual Framework) dan Penyusunan Peta Jalan (Road Map) Surveilans dan Sistim Informasi Kesehatan Kerja dan Olahraga di Jakarta (18/7).

 

Melalui workshop ini diharapkan terjadi peningkatan kerja sama, penguatan jejaring dan sinergi di antara lintas sektor, lintas program, akademsi, praktisi dan organisasiprofesi terkait kesehatan kerja dan olahragaserta dapat berbagi pengalaman di antara seluruh peserta. (bgs)