Dirjen Kesmas ajak Masyarakat Sulbar untuk Menjaga Kesehatan Melalui GERMAS

Dipublikasikan Pada : Senin, 29 Juli 2019, Dibaca : 71 Kali  

Mamuju - Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH bersama tim Ditjen kesmas melakukan kunjungan ke Provinsi Sulawesi Barat pada 25-26 Juli 2019. Salah satu agenda adalah menjadi  narasumber dalam acara Talkshow dengan tema “Peran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam mendukung percepatan penurunan angka kematian Ibu-Angka Kematian Neonatus (AKI-AKN) dan Stunting di Sulbar”, Kamis, 25 Juli 2019 di Atrium Maleo Town Square (Matos) Mamuju.

 

Talkshow yang dipandu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sulbar Indahwati Nursyamsi tersebut, juga menghadirkan narasumber lainnya, yakni Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeny Anwar , dan Kepala Bappeda Sulbar Junda Maulana. Flashmob dari anak-anak muda Mamuju membuka talkshow yang juga di ikuti masyrakat yang sedang berkunjung di mall Matos.

 

Lebih lanjut Dirjen Kesmas mengatakan, germas merupakan gerakan yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kemauan dan kesadaran berperilaku hidup sehat dalam upaya menjaga kesehatannya.

 

“Jadi germas ini melibatkan serta mengajak semua elemen masyarakat, bukan hanya pemerintah atau sektor kesehatan saja”ucap Kirana

 

Kirana mengatakan, terdapat enam pesan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 tentang germas yakni, melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah,  mmeriksa kesehatan secara berkala, berperilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan makan makanan bergizi seimbang, pencegahan deteksi dini penyakit, menjaga kesehatan lingkungan serta terus melakukan edukasi hidup sehat.

 

Dalam upaya menurunkan AKI-AKN dan stunting, Kirana menegaskan, bukan hanya tugas dari pemerintah pusat, namun juga merupakan tanggungjawab Pemda, baik provinsi, kabupaten dan kota.

 

Dirjen menjelaskan, strategi pemerintah dalam menurunkan AKI-AKN dan stunting ialah melakukan peningkatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, jaminan pembiayaan melalui JKN KIS, Jampersal, meningkatkan kapasitas dan kualitas tenaga kesehatan, melakukan upaya promotif preventif khususnya pemberdayaan masyarakat, memperbaiki tata kelola manajemen pelayanan kesehata ibi dan anak.

 

Diakhir acara, Dirjen Kesehatan Masyarakat  Kirana Pritasari,  bersama Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeny Anwar, didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sulbar Indahwati Nursyamsi melalukan kunjungan ke stand pameran kesehatan serta poster session dari Dinkes Kabupaten Kota se Sulbar, Poltekkes Mamuju, RSUD, BPJS, BKKBN serta lintas sektor lainnya. (humas)