Jelang HUT RI ke-72 Setditjen Kesmas Turut Menghias Diri

Dipublikasikan Pada : Rabu, 02 Agustus 2017, Dibaca : 1194 Kali  

JAKARTA-- Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 ini, pemerintah telah menginstruksikan ke setiap kantor lembaga dan instansi pemerintah untuk mengibarkan bendera Merah Putih dan memasang umbul-umbul selama sebulan penuh pada tanggal 1 hingga 31 Agustus 2017 mendatang.

Dekorasi nuansa merah-putih memenuhi Ruang front-office Sekeratriat Ditjen Kesmas.

Kewajiban ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI bernomor B-545/M.Sesneg/Set/TU/00.04/06/2017 tentang Partisipasi Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan Mengibarkan Bendera Merah Putih Serentak yg harus dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

Surat edaran ini ditujukan kepada para pimpinan lembaga negara, anggota Kabinet Kerja, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, pimpinan lembaga pemerintah non kementerian, pimpinan lembaga non struktural, gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia.

 

Ruang tamu di Kantor Setditjen yang juga didekorasi dengan dipasangi umbul-umbul panjang warna merah putih

Menindaklanjuti surat edaran tersebut, mulai tanggal 1 Agustus kemarin, Kementerian Kesehatan RI mulai mendekorasi  gedung dengan umbul-umbul  merah putih. Hal yang sama di lakukan pula pada ruang kantor Sekretariat Ditjen Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang terletak di lantai 8, Blok-C.

 

“Pemasangan dekorasi, umbul-umbul dan bendera merah putih sudah kita mulai dari tanggal 1 hingga nanti tanggal 31 Agustus mendatang”,  ujar Humas Ditjen Kesmas, Bagus Satrio Utomo.

 

Nampak sekarang dekorasi balon warna merah putih dan umbul-umbul panjang telah memenuhi ruang utama hingga menuju ke front office Setditjen Kesmas. Sementara itu, sebagai bentuk turut mensosialisakan desain logo HUT Kemerdekaan ke-72 RI, Humas Ditjen Kesmas pun telah memasang logo HUT-RI ke 72 di dinding ruang front offiece juga Mading yang terpasang persis di pintu lorong menuju kantor Setditjen Kesmas.

 

Nampak Logo HUT RI ke 72 yang terpasang di dinding Mading Humas Setditjen Kesmas

Logo HUT ke-72 RI memiliki motto: Indonesia Kerja Bersama. Di logo tersebut tampak angka 72 dengan tulisan ‘Indonesia Kerja Bersama’ yang terletak di bagian bawah. Logo ini dapat digunakan di berbagai media seperti situs atau media sosial instansi, stiker di kendaraan dinas, dan bisa bagian dari suvenir lembaga.

 

Keterangan Logo "72 Tahun Indonesia Kerja Bersama" adalah menjadi representasi semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Sementara Angka "7" pada logo tersebut menjadi simbol anak panah yang menyerong ke kanan atas. Ini melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif. Dan letak posisi angka "2" pada logo yang terlihat merangkul angka "7" untuk melambangkan asas kebersamaan dalam bekerja membangun bangsa Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

 

Bentuk angka "2" pada logo itu, juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri dari dua bagian. Sementara itu, slogan yang digunakan "Kerja Bersama, Bersama Kerja". Kerja bersama menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dan memperlihatkan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.-(fey)-