Lomba Ibu Menyusui : Wujud Penghargaan Keberhasilan Ibu Memberi ASI Di Tempat Kerja

Dipublikasikan Pada : Kamis, 04 Agustus 2016, Dibaca : 1007 Kali  

JAKARTA---Bersamaan dengan peringatan Pekan ASI Sedunia, Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga, pada hari Rabu (3/8) kemarin, menyelenggarakan Lomba Ibu dengan ASI Ekslusif, bertempat di Aula Siwabessy, gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg.Kartini Rustandi, M.Kes, ketika membuka acara lomba Ibu dengan ASI, di Jakarta

“Lomba ini diadakan sebagai wujud pemberian penghargaan bagi para pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan dalam keberhasilannya memberikan ASI ekslusif di tempat kerja”, ujar Direktur Kesehatan Kerja dan Olahrga, drg.Kartini Rustandi. M.Kes ketika membuka acara lomba tersebut.

Kepala Dharmawanita Pusat Kementerian Kesehatan, Ibu Untung Suseno, bersama Direktur Kesjaor, drg.Kartini Rustandi, turut memberi apresiasi dalam penyelenggaraan lomba

Menyusui adalah hak ibu dan anak sebagai manusia. Namun, saat ini sering hak-hak tersebut tidak terpenuhi oleh mereka, terutama bagi ibu menyusui yang bekerja. Banyak alasan ibu pekerja kemudian berhenti menyusui sebelum bayi berusia dua tahun.Keberhasilan seorang ibu untuk menyusui diperlukan dukungan semua pihak, baik dari suami keluarga, masyarakat, lingkungan kerja, sistem pelayanan kesehatan, dan juga dari pemerintah.

 Untuk hal ini Indonesia mempunyai komitmen untuk melaksanakann “Deklarasi Innocenti” tahun 1990 yang berisi bahwa setiap negara diharuskan memberikan perlindungan serta dorongan kepada ibu agar berhasil memberikan ASI secara ekslusif  kepada bayinya, dan pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Nomor 33 Tahun 2012 tentang pemberian ASI ekslusif.

Saat ini jumlah pegawai perempuan di Kementerian Kesehatan berdasarkan data Biro Kepegawaian Kemenkes 2015, sebanyak 1.389 orang (51,7%) dari seluruh jumlah pegawai yang ada. Jumlah ibu hamil 61 orang, dan 95 orang menyusui. Pengguna ruang ASI saat ini sebanyak 55 orang.

Salah satu peserta lomba Ibu dengan ASI yang berlangsung di Aula Siwabessy, Kemenkes, pada Rabu (3/8)

 Pelaksanan lomba dibagi menjadi dua tahap, tahap seleksi administrasi dan tahap penilaian. Peserta lomba yang diikuti oleh para pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan itu, berjumlah 80 orang, terdiri dari 40 orang Ibu peserta lomba, 40 orang Bayi Balita yang telah memenuhi kriteria dalam dua tahap seleksi. Untuk pemberian hadiah pemenang lomba akan diumumkan pada 12 Agustus 2016 bersamaan dengan acara puncak Pekan ASI Sedunia, bertempat di Jakarta –(fey)-