Pekan Promosi Kesehatan Kabupaten Purbalingga

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 12 Agustus 2016, Dibaca : 1523 Kali  

Pekan Promosi Kesehatan

PURBALINGGA - Mencegah lebih baik daripada mengobati, prinsip kesehatan inilah yang menjadi dasar pelaksanaan Promosi Kesehatan, hal tersebut di implementasikan oleh Kabupaten Purbalingga dengan menyelenggarakan Pekan Promosi Kesehatan pada tanggal 8 s.d 11 Agustus 2016 di Lapangan Pendopo Kab Purbalingga.

Pekan Promosi Kesehatan berisi :

Pameran Kesehatan yang menampilkan inovasi, pendekatan lokal, ide kreatif dari seluruh Puskesmas, komunitas peduli kesehatan, RS, LS dalam melakukan promosi kesehatan bagi masyarakat Purbalingga. Pemecahan Rekor MURI kepada Kemenkes RI sebagai Penyelenggara Pendukung Menyususi oleh Ibu Terbanyak yang dilakukan oleh 1471 ibu di Kabupaten Purbalingga. Tujuannya untuk membangkitkan semangat dan kesadaran ibu-ibu agar menyusui bayi walaupun mereka harus bekerja, dan sekaligus mempromosikan ASI Ekslusif.

purba2

Selain itu juga ada Peluncuran Sistem Informasi Kamar Kosong Rumah Sakit, Sistem Informasi Puskesmas (SIMPUS), Pencanangan Jambanisasi 4500 rumah serta talkshow, lomba dan hiburan.

Poster kesehatan untuk edukasi kepada masyarakat

Saat itu juga Menkes, Dirjen Kesmas mengunjungi pembangunan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) milik Pemkab Purbalingga serta mengunjungi perusahaan pembuat bulu mata palsu, wig dan kuku palsu dengan karyawan 6000 mayoritas perempuan dimana perusahaan mengembangkan pelaksanaan kesehatan kerja khususnya ASI Ekslusif dan kesehatan reproduksi bagi karyawan.

purba3

Ini menunjukkan komitmen dan kepedulian yang tinggi dari Bupati Purbalingga dengan seluruh komponen masyarakatnya mengajak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Apa yang dilakukan Pemkab Purbalingga merupakan kerja nyata dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). -bgs-