Sinergitas Pusat dan Daerah melalui Rakorpop Program kesmas

Dipublikasikan Pada : Senin, 13 Agustus 2018, Dibaca : 195 Kali  

SEMARANG - Dalam rangka meningkatkan sinergitas program Kesehatan Masyarakat pusat dan Daerah Direktorat Jenderal kesehatan Masyarakat kementerian Kesehatan RI melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional (Rakorpop) Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2018 bertempat di Hotel Santika, Semarang, 9-11  Agustus 2018.

 

Rakorpop dihadiri oleh Kepala Bidang Kesmas Seluruh Indonesia, Unit Pelaksana Teknis kesmas, Unit Pusat dilingkungan Dirjen Kesmas. Pada acara Rakorpop tersebut Direktur Jenderal kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH  bersama Dirjen P2P dr. Anung Sugihantono, M.Kes hadir secara langsung dengan didampingi Sekretaris Ditjen Kesmas dan seluruh Direktur serta Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Kemenkes RI.

 

Dalam sambutannya Ibu Dirjen Kesmas menyatakan "sebagai upaya percepatan pencapaian indikator program tahun 2018, saya mengharapkan agar Saudara-saudara dapat (1) memperkuat sinkronisasi dan keterpaduan serta sinergi antar kegiatan yang dibiayai pusat dan daerah, (2) meningkatkan belanja publik yang bersifat mandatory di bidang kesehatan, (3) fokus pada output melalui perbaikan, (4) mempercepat pelaksanaan program dan menghindari penumpukan anggaran di akhir tahun".

 

Rakorpop Kesmas ini merupakan wujud komitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia sehingga pembangunan masyarakat sehat menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah bersama masyarakat. (bgs)