Dirjen Kesmas Melepas Ratusan Peserta Sepeda Nusantara Di Banyuwangi

Dipublikasikan Pada : Senin, 13 Agustus 2018, Dibaca : 169 Kali  

Banyuwangi--Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dr.Kirana Pritasari yang didampingi Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, melepas ratusan peserta Sepeda Nusantara di lapangan Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Minggu (13/08/2018).

.

 

Dalam menyampaikan sambutannya pada acara yang diselenggarakan pada Minggu pagi itu, dr.Kirana memberikan apresianya kepada PemerintahdaerahdanwargaBanyuwangi yang telah mendapat penghargaan ASEAN Tourism Standard Award dalam kategori sebagai kota pariwisataterbersih.

 

“Sayamenyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan warga Kabupaten Banyuwangi yang telah mengangkat nama Kabupaten Banyuwangi hingga tingkat  internasional melalui penghargaan ASEAN Tourism Standard Award”, ujar dr. Kirana

 

Selain itu, banyak festival yang diselenggarakan seperti Banyuwangi Underwater Festival, Banyuwangi Ijen Green Run, dan Banyuwangi Fishing Festival yang mengajak masyarakat Kabupaten Banyuwangi untuk hidup sehat. Atas alasan ini, Kementerian Kesehatan turut menggalakkan sosialisi gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Banyuwangi.

Para Komunitas sepeda ikut memeriahkan acara Sepeda Nusantara di taman Blambangan Banyuwangi ada Minggu pagi (12/8/2018).

“Germas merupakan gerakan yang melibatkan semua komponen masyaraka tuntuk hidup sehat, yang telah menjadi Instruksi Presiden sejak Januari 2017.  Gerakan yang telah dicanangkan sejak November 2016 perlu terus disosialisasi dan diimplementasikan dalam berbaga tatanan dan kelompok usia”, tutur dr.Kirana. 

 

Budaya hidup sehat, kata dr.Kirana,  dapat diawali dengan aktivitas fisik melalui jalan sehat dan bersepeda yang pelaksanaannya mudah, murah, serta bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat.

 

“Dukungan berbagai pihak, tidak terkecuali daripemerintah pusat, pemerintah daerah dansektor swasta lain dibutuhkan untuk mewujudkan budaya hidup sehat, salah satunya melalui kegiatan Sosialisasi Germas dan Sepeda Nusantara di Kabupaten Banyuwangiini”, ungkap dr, Kirana.

 

Salah satu peserta dalam penyelenggaraan Sepeda Nusantara di kabupaten Banyuwangi

Penyelenggaraan Sepeda Nusantara yang rutenya menyelusuri jalanan yang tak jauh di sekitar lapangan Blambangan itu, selain diikuti oleh perkumpulam komunitas sepeda yang ada di sana juga diikuti oleh kelompok keluarga dan masyarakat luas lainnya.

 

Sebelum acara itu berlangsung, peserta Sepeda Nusantara diajak untuk melaksaakan senam pagi bersama  yang pagi itu diperkenalkan senam kreasi “I Love BayuwangiI dan senam Asian Games di Taman Blambangan, Banyuwangi. -(fey)-