Dirjen Kesmas blusukan Di Puskesmas Kombos Manado

Dipublikasikan Pada : Senin, 14 Agustus 2017, Dibaca : 531 Kali  

Nampak Dirjen Kesmas, dr.Anung Sugihantono, saat tiba di Puskesmas Kombos, kec.Songkil, Kota Manado pada Jumat (10/8), lalu.

MANADO---Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr Anung Sugihantono,Mkes ketika turut mendampingi kunjungan Menteri Kesehatan, dr. Nilla F.Moloek, ke Puskesmas Kombos di Kelurahan Kombos Timur , Kecamatan Singkil, Kota Manado, Sulawesi Utara, pada hari Jumat (11/8) lalu, sengaja memisahkan diri dari kerumunan penyambutan untuk ‘blusukan ke tempat-tempat yang tidak terjamah oleh Menkes pada kunjungannya tersebut.

 

Kunjungan dadakan yang dilakukan rombongan Menkes itu, tentu saja membuat pihak Puskesmas tak mempersiapkan acara penyambutan secara seremonial. Pada keramian di tiap ruang yang dikunjungi Menkes itu, Dirjen Anung, sengaja memilih untuk ‘menyelinap masuk ke setiap ruangan pelayanan yang ada di Puskesmas tersebut dengan memeriksa alat kesehatan yang ada juga instrumen kesehatan lainnya.

 

Direktur Kesga, dr.Eny, menunjukaan alat-alat kesehatan yang semestinya berada di sana, nampak kosong, tidak pada tempatnya.

Dalam 'blusukan' ini, dr.Anung didampingi Direktur Kesehatan Keluarga, dr.Eni Gustina, MPH. Kunjungan dimulai dari ruang pemeriksaan di bagian paling depan. berlanjut ke ruang paling belakang yang ada di Puskesmas tersebut, untuk mencari tahu sejauh mana standar pelayanan kesehatan dasar diterapkan di Puskesmas.

 

Pada waktu yang berbeda, dr. Anung pernah jelaskan, ‘Blusukan' itu sebagai apresiasi ke jajaran kesehatan di Puskesmas yang menjadi 'ujung tombak' pelayanan kesehatan masyarakat. Pada kunjungannya kali ini di Puskesmas Kombos, masih ditemukannya data ibu  dan bayi yang terpampang di kartu Pencatatan Kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) masih kosong. Di ruang itu pula, Dirjen Anung menyaksikan banyaknya buku KIA yang menumpuk, teronggok di lantai pada sisi ruang sudut Puskesmas paling belakang.

 

Nampak Dirjen Anung, memeriksa tiap lembar buku KIA yang dikirm dari pusat yang masih banyak teronggok di ruang paling belakang.

"Kalau memang tidak terpakai, kembalikan saja ke pusat”, ujar dr.Anung melihat banyaknya buku KIA yang menumpuk di sana.

 

Kepala Dinas Kesehatan Sulut, dr Debby Kalalo, mengatakan, temuan-temuan di lapangan akan dibahas dalam pertemuan jajaran kesehatan dan pengelola program. "Kami bersyukur Kemenkes memberi perhatian pada Sulut," tukas dr. Debby.

 

Sementara itu, Menkes yang didampingi Dirjen Kesmas dan rombongan lainnya datang ke Menado untuk membuka acara pertemuan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) provinsi Sulawesi Utara tahun 2017. Tema pertemuan Rakerkesda kali ini adalah Sinergitas Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat dengan pendekatan keluarga di Sulawesi Utara”. Kami Siap Melayani dengan Hati dan Mari Torang Baku Beking Sehat. –(fey)-