SDN JOHAR BARU MENJADI MODEL UKS DI JAKARTA

Dipublikasikan Pada : Kamis, 18 Agustus 2016, Dibaca : 794 Kali  

Pengelola program UKS/M di Kecamatan Johar Baru menyampaikan pencapaian program di SDN 01 Johar BAru dan SDN 011 Tanah Tinggi

Jakarta - Anak Usia sekolah merupakan generasi penerus dan kader pembangunan dimasa mendatang, untuk itu diperlukan pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatannya. Upaya pembinaan kesehatan yang dilakukan untuk anak usia sekolah, baik yang didalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah , sekolah juga merupakan lembaga yang mudah dijangkau oleh pelayanan kesehatan yang dikenal melalui Upaya Kesehaatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hidup bagi peserta didik di sekolah serta meningkatkan prestasi belajar sehingga menghasilkan derajat kesehatan yang optimal sebagai dasar peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Melalui Surat Keputusan Bersama 4 Menteri (Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Dalam Negeri )Program UKS mulai diterapkan secara terintergritas dengan lintas sektor terkait,  dan dilanjutkan pada tahun 1991 sampai sekarang dilakukan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional dimana sasaranya dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA untuk memotivasi pelaksana dan pembinaan UKS yang diakukan oleh tim pembina UKS/M di sekolah.

Diskusi Peserta dengan narasumber

  Model Upaya Kesehatan Sekolah di Tingkat SD banyak diarahkan kepada kebersihan perorangan seperti sikat gigi, cuci tangan sebelum makan dengan sabun dan sebagainya, sedangkan di usia remaja yang berada di Tingkat SMP dan SMA lebih kepada pencegahan perilaku beresiko seperti  kecenderungan penyalahgunaan NAPZA dikalangan remaja dan berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Kementerian Kesehatan tahun 2016 menjadikan SDN 01 Johar Baru dan SDN 011 Tanah Tinggi sebagai Pilot Projek dalam melasanakan Upaya Kesehatan sekolah, dimana  dua sekolah dua sekolah tersebut penduduknya sama sama dapat melakukan model  Upaya Kesehatan Sekolah meskipun kondisi lingkungannya berbeda. SDN 01 yang letaknya di komplek Perumahan sedangkan SDN 011 yang letaknya di pemukiman yang padat penduduk. SDN 011 dapat melakukan penjaringan melalui program UKS walaupun tidak didukung dengan dana yang besar. Melalui koordinasi yang baik dengan warga sekitar sekolah, SDN 011 mampu mewujudkan sekolah sehat.

Tim Pengelola UKS/M Provinsi Jawa Timur memperagakan yel-yel UKS/M ala Jawa Timur

Yustin Kurnia dari Puskesmas Johar Baru sebagai Pengelola UKS di SDN 01 Johar Baru dan 011 Tanah Tinggi menyampaikan tentang pembinaan yang sudah dilakukan di kedua sekolah tersebut pada acara Tatap Muka dan Dialog pemenang Lomba Sekolah Sehat 2016 pada 17 Agustus 2016 di Hotel Sahid Jaya Jakarta. Yustin mengatakan bahwa kegiatan di sekolah tersebut meliputi aktivitas fisik yang dilakukan didalam sekolah seperti senam, membiasakan sarapan, Cuci tangan pakai sabun sebelum makan, Pembinaan Kantin sekolah dengan menu kantin yang sehat, Pemeriksaan gigi, Pemeriksaan mata dan pendengaran. Inovasi yang dilakukan di Johar Baru setelah dilakukan penjaringan yaitu dilakukannya evaluasi setiap 2 minggu sekali dan melatih para guru untuk membantu dalam pelaksanaan Upaya Kesehatan Disekolah. (humas)