Pasca Gempa Harus Menjadi Perhatian Khusus

Dipublikasikan Pada : Senin, 20 Agustus 2018, Dibaca : 132 Kali  

LOMBOK - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama tim Ditjen kesmas mengunjungi korban gempa bumi di Lombok, selama 3 hari mulai tanggal 17 hingga 19 Agustus. Pada kesempatan tersebut, Dirjen melakukan serangkaian kegiatan mulai dari memimpin rapat koordinasi penanganan kesehatan khususnya pada pengungsi pada tahap pasca bencana dengan tim kesehatan Provinsi, Kabupaten, LSM, NGO serta para relawan, selain itu juga mengunjungi temapat pengungsi korban gempa, Puskesmas yang terdampak serta memberikan bantuan untuk korban bencana.


Dirjen beserta rombongan melakukan peninjauan ke Puskesmas Gunungsari, Lokasi Pengungsian, Dapur Umum, tenda perawatan ibu dan anak.


“Kami akan lebih memperhatikan penanganan pengungsinya seperti sanitasi lingkungan, penyediaan MCK, Air bersih agar nantinya di pengngsian tidak akan timbul masalah baru ataupun terkena penyakit seperti diare, ISPA ,'' kata Dirjen Kesmas dr. Kirana, Sabtu (18/8).


Kirana menambahkan, tenda-tenda pengungsian dan lingkungan sekitar harus tetap bersih dan terjaga. Yang terpenting saat ini, warga Lombok diminta waspada dari penyebaran penyakit, karena adanya bencana ini memungkinkan penyakit mudah tertular dan terus berperilaku hidup bersih dan sehat selama di pengungsian.

Selanjutnya, Dirjen juga  mengunjungi sejumlah tenda tempat korban bencana dirawat. Tenda yang digunakan cukup layak untuk merawat pasien pada saat gempa, tidak terlalu terpapar debu dan selalu diupayakan bersih, minimal dari sampah.


Selain itu, Dirjen juga memberikan Food Handler 50 pcs, Jeriget lipat 55 buah, Kaos germas 200 bh, Sarung, kain, kerudung serta 10 paket perlengkapan bayi, peralatan sehari-hari kepada pasien berupa selimut lurik, handuk, sampo, sabun batang, sikat gigi, dan pasta gigi.

 

Sedangkan akan dikirim juga Jurigen air bersih 1400 buah, Polybag ramah lingkungan 1600 lembar, Polybag biasa 1425 lembar, Penjernih air cepat 1800 sachet, Desinfektan air padat 210 kg, Jurigen air lipat 145 buah serta Alat Permainan Edukasi buat anak-anak di pengungsian. (bgs)