Rahasia Pemberian ASI Ekslusif Terhadap Pola Asuh Anak

Dipublikasikan Pada : Selasa, 21 Agustus 2018, Dibaca : 160 Kali  

Dirjen Kesmas, dr.Kirana bersama Menkes RI pada acara seminar nasional Pekan Asi Sedunia (PAS) tahun 2018 di gedung kemenkes Jakarta

JAKARTA---Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI, dr.Kirana Pritasari, MQIH, dalam acara seminar ASI Nasional 2018 menyebut bahwa, beberapa  data kajian dan fakta  global dalam The Lancet Breasfeeding Series tahun 2016 membuktikan bahwa ASI Ekslusif dapat menurunkan angka kematian karena infeksi sebanyak 88% pada bayi berusia kurang dari 3 bulan.

 

Ia menambahkan, beberapa  studi menyebutkan bahwa dalam upaya pencegahan berat bayi lahir rendah (BBLR), stunting dan meningkatkan inisiasi menyusui dini (IMD), ASI Ekslusif berkontribusi dalam menurunkan risiko obesitas dan penyakit kronis.  Intinya, kata dr. Kitana, menyusui tidak hanya menurunkan angka kematian bayi, tetapi jugadapat menurunkan risiko kegemukan hingga 10%.

 

“Dari beberapa fakta tersebut,  rahasia manfaat pemberian ASI Ekslusif  terhadap anak adalah supaya si anak bisa berkembang dengan optimal dan tidak mudah sakit” ujarnya.

 

Untuk itu, diperlukan momen penting guna  meningkatkan kepedulian dan kesadaran semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat terhadap pentingnya menyusui bayi hingga 2 tahun, dan pentingnya dukungan bagi ibu dalam mencapai keberhasilan menyusui bayinya.

 

Karena itu, tambah dr.Kirana, dalam setiap minggu pertama  di bulan Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia (PAS). Hal ini selaras dengan salah satu ketetapan deklarasi Innocent tahun 1990, yang mengkampanyekan ASI merupakan bagian dari upaya perlindungan, promosi, dan dukungan menyusui.

Dirjen Kesmas dr.Kirana Pritasari ketika memberikan hadiah kepada para pemenang lomba di tingkat kantor Kementerian Kesehatan

Seminar yang berlangsung di aula siwabessy, gedung Kemenkes Jakarta pada Senin (20/8/2018) itu diselenggarakan dalam rangkaian puncak kegiatan Pekan Asi Sedunia Tahun(PAS) yang pada tahun ini mengangkat tema “Breasfeeding : Foundation of Life” yang kemudian diadaptasi sebagai tema nasinal menjadi “Menyusui sebagai dasar Kehidupan”.

Para pemenang lomba letika mengadakan sesi foto bersama

Pada kesempatan acara tersebut diumumkan pula para pemenang Lomba ASI dengan ASI Ekslusif baik di tingkat kementerian kesehatan, maupun lomba antar kementerian dan lembaga dengan diberikan sertifikat yang ditandatangani oleh menter Kesehatan dengan tambahan hadiah menarik lainnya. –(fey)-