Capacity Building Jadikan Pegawai SetditjenBerkaraktaer Dan Berkualitas

Dipublikasikan Pada : Senin, 24 September 2018, Dibaca : 135 Kali  

Agenda tahunan yang rutin dilaksanakan Sekretariat Ditjen Kesehatan Masyarakat (Kesmas) adalah melaksanakan koordinasi pembinaan pegawai yang digelar dalam bentuk kegiatan outbond, yang diharapkan akan dapat memberikan motivasi terhadap seluruh pegawai.

 

Direktur Jenderal Kesmas, dr.Kirana Pritasari, MQIH setelah memberikan pengharagaan kepada pegawai terbaik di lingkungan Setditjen Kesmas, langsung memberikan arahan dihadapan para pegawai peserta kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Ros-In Jogyakarta, pada tanggal  19 hingga 21 September 2018 itu.

Dirjen Kesmas dan Setditjen Kesmas mengapit Ibu Retno dan Ibu Rustiarti yang terpilih sebagai pegawai terbaik Tahun 2018.

“Kegiatan capacity building ini dalam rangka meningkatkan kualitas dan karakter pegawai juga untuk mempererat hubungan koordinasi dan kekeluargaan dalam struktur organisasi”, ujar dr.Kirana mengawali sambutannya.

 

Ia tambahkan, dengan adanya koordinasi yang baik akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang berimbas kepada masyarakat umum yang merasakan program-program kesehatan yang dilaksanakan oleh Ditjen Kesehatan Masyarakat. Hal ini, kata Dirjen, sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Setditjen Kesehatan Masyarakat Siap menjadi Inspirasi Perubahan”.

 

Lebih jauh Dirjen ingatkan, pelaksanakan program-program kesehatan tentunya harus didukung dengan SDM yang berkarakter dan berkualitas. Karakter merupakan integrasi sifat, sikap, perilaku, standar, keyakinan, moral, etika, dan nilai-nilai kehidupan dalam bentuk kualitas diri. Dalam lingkungan kerja karakter dibentuk berdasarkan nilai-nilai budaya organisasi. Karakter dibentuk dari kepatuhan terhadap kode etik kerja, aturan, peraturan, dan kebijakan kepemimpinan untuk dapat menjalankan tata kelola organisasi secara professional. Karakter yang baik membentuk sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dalam meraih tujuan. Berkarakter positif mampu menjadi energi positif untuk mewujudkan kinerja, misi, visi, dan tujuan organisasi dengan sepenuh hati, mampu bekerja dengan motivasi yang tinggi, kerja cerdas yang penuh disiplin dalam rasa bahagia, dan fokus pada tujuan.

 

Kegiatan capacity diharapkan mampu untuk dapat membentuk pribadi-pribadi yang berkarakter, berkualitas dan dapat dihandalkan, disamping itu kegiatan ini dapat menjadi sarana silaturahim untuk lebih mempererat rasa kekeluargaan, solidaritas, serta jalinan komunikasi segenap keluarga besar Setditjen Kesehatan Masyarakat.

Para pegawai di lingkungan Setditjen Kesmas ketika mendengarkan arahan dari Dirjen Kesmas.

Disadari atau tidak, kata Dirjen, kesibukan dan beban kerja yang ada telah menguranggi momen komunikasi informal antar pegawai di dalam keluarga besar Setditjen Kesehatan Masyarakat. Melalui capacity building ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama, yang mampu untuk mengurangi sikap individualmaupun kelompok. Untuk itu, kantor jangan hanya dipandang sebagai tempat untuk mencari nafkah dan karir saja. Jika kantor dipandang hanya sebagai tempat kerja, maka hubungan sosial yang tercipta bersifat statis dan formal yakni sebatas peranan kerja.

 

“Maka dari itu, jadikanlah Setditjen Kesmas sebagai rumah kita bersama yakni sebuah rumah tempat seluruh anggota keluarga berkumpul dan saling berbagi. Rumah dimana asa dan cita-cita tumbuh untuk selanjutnya direalisasikan menjadi prestasi kerja”, ujar Dirjen menutup arahannya.–(Humas)-