Stikerisasi TPM Di Stasiun

Dipublikasikan Pada : Senin, 25 September 2017, Dibaca : 151 Kali  

Pemberian Sertfiikat dan APD Usai Penempelan Stiker

Direktorat Kesehatan Lingkungan bekerjasama dengan PT KAI menyelenggarakan Assesment Tempat Pengolahan Makanan (TPM) di lingkungan stasiun dan diatas kereta api. Pada tanggal 6-10 Juni 2017 telah dilakukan assessment di 10 stasiun di Jakarta, Depok dan Bogor serta Cold Storage pada kereta jarak jauh di 4 stasiun. Dari hasil assessment sebanyak 77% gerai/tenant memenuhi syarat dan 23% tidak memenuhi syarat. Komponen penilaian dilihat dari berbagai hal, diantaranya lokasi dan bangunan, bahan pangan dan pangan jadi, cara penyimpanan, dapur/ruang pengolah pangan, peralatan, penyajian, fasilitas sanitasi dan penjamah pangan.

Selain itu diadakan pula pelatihan penjamah pangan bagi karyawan gerai/tenant di stasiun yang diharapkan melalui pelatihan ini mereka dapat memahami bagaimana menjaga kualitas kebersihan pangan yang mereka jajakan dan juga menjaga kebersihan lingkungan gerai/tenant masing-masing. Bagi gerai/tenant yang belum memenuhi syarat dilakukan assessment yang kedua pada tanggal 12 September 2017.

Pada tanggal 14-15 September 2017 dilakukan stikerisasi bagi gerai/tenant yang telah memenuhi syarat layak berdasarkan assessment yang sudah dilakukan. Stikerisasi dilakukan di 10 stasiun, diantaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Juanda, Sudirman, Tanah Abang, Manggarai, Depok Baru, dan Bogor.

Selain penempelan stiker pada gerai/tenant yang memenuhi syarat, gerai/tenant juga diberikan sertifikat tanda bahwa gerai/tenant tersebut telah memenuhi syarat dan sertifikat pelatihan bagi karyawan yang telah mengikuti pelatihan penjamah makanan serta Alat Pelindung Diri (APD). (IWP)

Stikerisasi pada Salah Satu Gerai di Stasiun Gambir