Kota Surabaya Menuju Swasti Saba Wistara

Dipublikasikan Pada : Senin, 25 September 2017, Dibaca : 70 Kali  

Penerimaan Tim Verifikator Pusat di Balai Kota Surabaya

Surabaya (18/9). Kabupaten/Kota Sehat adalah kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.  Kabupaten/kota Sehat (KKS) berarti telah berhasil menyelenggarakan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang telah disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Kota Surabaya menjadi salah satu kota yang diverifikasi lapangan oleh tim verifikator KKS dari Kementerian Kesehatan.

 

Direktur Kesehatan Lingkungan, dr. Imran Agus Nurali, SpKO dalam sambutannya pada acara penerimaan tim verifikator pusat di Kota Surabaya menyampaikan bahwa pada dasarnya penghargaan KKS merupakan penghargaan bagi masyarakat atas peran sertanya dalam menciptakan lingkungan yang sehat. “Peran serta masyarakat tidak hanya berpengaruh pada sektor kesehatan, namun juga akan meningkatkan investasi dari sisi pariwisata karena daerah menjadi menarik sebagai tempat tujuan wisata”, tambah dr Imran. Di depan Sekda Kota Surabaya dan jajarannya serta tim forum Kota Sehat, dr Imran kembali mengingatkan bahwa pada dasarnya penghargaan KKS bukanlah pertandingan.

Terdapat sembilan tatanan pada KKS yaitu kawasan pemukiman, sarana dan prasaran umum; kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi; kawasan pertambangan sehat; kawasan hutan sehat; kawasan industri dan perkantoran sehat; kawasan pariwisata sehat; ketahanan pangan dan gizi; kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.  Kota Surabaya telah tiga kali menerima predikat Swasti Saba Padapa pada tahun 2013 dan Swasta Saba Wiwerda pada tahun 2015. Di hadapan timverifikator pusat, Ketua Tim  Forum Kota Sehat Surabaya mengatakan bahwa Kota Surabaya terus berupaya agar pada tahun 2017 ini Kota Surabayamendapatkan predikat Swasta Saba Wistara.

Selain Kota Surabaya, tim verifikator juga melaksanakan verifikasi lapangan di beberapa kabupaten/kota seperti Kabupaten Gresik dan Kota Kediri. Kedua kab/kota tersebut merupakan Kabupaten/Kota Sehat yang diusulkan oleh Provinsi Jawa Timur. (EM/PW)