Pendekatan Keluarga Tidak Hanya Sekedar Pendataan

Dipublikasikan Pada : Selasa, 25 September 2018, Dibaca : 138 Kali  

BANDUNG - Direktorat Jenderal Kesmas menyelenggarakan Pertemuan Penguatan Binwil Pelaksanaan PIS PK yang diikuti dari seluruh Dinkes Kab/Kota se Jabar di Kota Bandung.

 

Pertemuan ini sangat penting dan strategis, karena PIS-PK merupakan pendekatan yang kita laksanakan untuk mewujudkan Indonesia Sehat . Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk yang besar, mempunyai peran strategis dan berdaya ungkit yang tinggi untuk meningkatkan capaian Keluarga Sehat Nasional.

 

Provinsi Jawa Barat, dari 12 indikator keluarga sehat, indikator dengan cakupan tertinggi adalah keluarga memiliki akses/menggunakan sarana air bersih (96,9%). Tiga indikator dengan capaian terendah yaitu penderita gangguan jiwa berat, diobati dan tidak ditelantarkan (13,3%), penderita hipertensi yang berobat teratur (24,29%) dan penderita TB Paru yang berobat sesuai standar (42,59%).

 

7 (tujuh) kab/ kota yang telah mencapai cakupan kunjungan keluarga lebih dari 30 % yaitu Kota Cirebon, Kota Tasikmalaya, Kab. Majalengka, Kab. Sukabumi , Kab. Garut dan bahkan sudah mencapai lebih dari 60 % untuk Kota Cimahi dan Kota Sukabumi.

 

"Saya sangat mengharapkan tindaklanjut dan implikasi operasional untuk meningkatkan cakupan kunjungan keluarga, meningkatkan cakupan IKS, serta melaksanakan intervensi dari hasil analisis permasalahan yang ada di masing-masing kab/ kota. PIS-PK tidak boleh berhenti sampai pendataan, penekanan dari Saya yang lebih penting adalah intervensi lanjut untuk menyelesaikan permasalahan mencapai tujuan Indonesia Sehat" pesan Ibu Dirjen dr. Kirana (bgs)