Dirjen Kesmas Menerima Kunjungan Kakorlantas Untuk Mendiskusikan Tentang Road-Safety

Dipublikasikan Pada : Kamis, 04 Oktober 2018, Dibaca : 97 Kali  

Nampak Dirjen Kesmas, didampingi pejabat lain di lingkungan Ditjen Kesmas ketika menerima kunjungan dari Korp Lalulintas pada Kamis pagi (4/10/2018)

JAKARTA--Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari, MQIH didampingi Direktur Kesehatan Kerja & Olahraga, dr.Kartini dan Direktur Kesehatan Lingkungan, Dr.Imran, menerima kunjungan dari Korp Lalu Lintas yang dipimpin oleh Kepala Korp Lalulintas (Kakorlantas),  Irjen Pol Refdi Andri untuk melakukan koordinasi tentang keselamatan di jalan raya (Road-Safety).

 

“Kami datang untuk mendapat gambaran tentang program di Ditjen Kesmas yang berkaitan keselamatan di jalan raya untuk dijadikan referensi dalam sosialisasi pelaksanaan di lapangan”, ujar Refdi, menyampaikan maksud kedatangan mereka Kantor Kementerian Kesehatan. RI, pada Kamis pagi (4/10/2018).

 

Pada kesempatan itu, Dirjen Kesmas memaparkan tentang lima pilar Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, yang tertuang dalam instruksi presiden no 4 tahun 2013.

 

Menteri Kesehatan sebagai koordinator Pilar V, ucap Dirjen, salah satunya bertanggung jawab untuk meningkatkan penanganan pasca kecelakaan dengan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu. Seperti pengembangan Sistem Penanganan Korban Kecelakaan, Sistem Penjaminan Pembiayaan dan Penanganan Korban Kecelakaan yang Dirawat di Rumah Sakit Rujukan, Asuransi Jasa Raharja, Program Rehabilitasi Pasca Kecelakaan, dan juga Riset Penanganan Korban Kecelakaan.

 

Pada Pilar V, dengan focal point yang berada pada program Pelayanan Kesehatan, dengan membangun dan penguatan sistim rujukan rumah sakit, baik regional, provinsi, maupun rujukan nasional. Hal lain, kata Dirjen lagi, adalah mengembangkan rumah sakit unggulan trauma center untuk daerah daerah dengan rawan kecelakaan lalu lintas. Serta pembentukan dan pembinaan Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu di  kabupaten/kota.

 

“Kemenkes juga telah memiliki  nomor 119 sebagai National Command Centre (NCC) sebagai Pusat Komando Nasional dalam panggilan kegawatdaruratan di bidang kesehatan”, ungkap Dirjen lagi.

Ketika Dirjen Kesmas melakukan sesi foto bersama seusai melaksanakan diskusi

Lebih jauh, Dirjen Kesmas menyampaikan beberapa kegiatan program yang ada di unit kerjanya, seperti melakukan kampanye dan penyediaan media KIE tentang perilaku kesehatan dan keselamatan mengendara di jalan. Juga  program lainnya  seperti pemeriksaan kesehatan pengemudi bus dalam rangka arus mudik lebaran, natal, dan tahun baru.

 

“Kami juga berperan dalam Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2016 sebagai ajang pemberian penghargaan terkait keamanan berkendaraan bagi kabupaten/kota”, paparnya.

Pertemuan diskusi diakhir dengan saling bertukar cinderamata

Pada kesempatan itu, Dirjen Kesmas sampaikan, hal yang dapat dikoordinasikan dengan Korlantas, adalah kerjasama pemanfaatan NCC, Koordinasi data kecelakaan antara data Kepolisian, Jasa Marga dan Rumah sakit. Pola penanganan Korban Kecelakaanlalu lintas yang telah dikembangkan RS Bayangkara (satu Pintu), serta Upaya percepatan pembentukan PSC.

 

Pertemuan diskusi yang berlangsung selama satu jam itu diakhiri dengan saling bertukar cindera mata dan berfoto bersama.-(fey)-