Dirjen Kesmas Blusukan di Puskesmas Kalumpang, Kota Ternate

Dipublikasikan Pada : Selasa, 09 Oktober 2018, Dibaca : 119 Kali  

TERNATE - Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari, MQIH seusai membuka pertemuan penguatan Binaan Wilayah Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang digelar di hotel Grand Daffan-Bela Hotel, kota Ternate pada Jumat sore (5/10/20180), pada keesokan harinya menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan ke Puskesmas Kalumpang yang berada di Jalan Kaka Ade, Keluarahan Kalumpang, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

 

Dirjen yang didampingi Direktur Kesehatan Keluarga, dr. Eni Gustina, MPH dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr.Idhar Sidi Umar setibanya di puskesmas langsung blusukan ke tiap ruangan pelayanan yang ada di puskesmas tersebut.

 

Dalam 'blusukan' itu, Dirjen Kesmas memulainya dengan mengunjungi ruang MTBS, ruang KIA, laboratorium kesehatan, imunisasi hingga ruang pendaftaran pasien.

 

“Puskesmas Kalumpalang semestinya sebanding dengan Puskesmas-puskesmas yang ada di perkotaan di pula jawa” ujar Dirjen mengomentari penjelasan yang disampaikan oleh kepala Puskesmas tersebut.

 

Pada bagian akhir kunjungan itu, Kadinkes Provinsi Maluku Utara yg turut dalam rombongan itu menyampaikan, jika ada  temuan-temuan di lapangan khususnya PIS PK akan dibahasnya  dalam pertemuan jajaran kesehatan dan pengelola program. Menindaklanjuti data hasil pendekatan keluarga telah dibentuk team homecare yang akan secara khusus mengunjungi keluarga untuk dilakukan intervensi secara terus menerus hingga seluruh anggota keluarga menjadi sehat. (fey)