Model Peningkatan Gizi dan Keamanan Pangan Melalui UKS

Dipublikasikan Pada : Rabu, 12 Oktober 2016, Dibaca : 724 Kali  

uks2JAKARTA- Selasa (11/10/2016) Dirjen Kesmas beserta Dir.Kesga, BPOM, Dinkes Provinsi DKI, serta lintas program lainnya melihat secara langsung pelaksanaan model peningkatan gizi dan keamanan pangan melalui UKS di 2 lokasi yaitu SDN 01 dan 02 Pulau Panggang, Kepulauan Seribu.

Implementasi model UKS di kedua sekolah tersebut sudah berjalan dengan baik seperti melakukan sarapan bersama, penggunaan rapor kesehatan, cuci tangan pakai sabun, aktivitas fisik, kantin sehat, lingkungan yang bersih, edukasi PHBS sekolah oleh dokter kecil, pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan/obat, kebersihan kuku, sikat gigi bersama, pengawasan makanan dan jajanan.

"Biasakan sarapan pagi, bawa bekal dari rumah dan jajan yang sehat di kantin harus menjadi kebiasaan anak-anak sekolah serta semua sektor harus ikut berperan dalam membangun kesehatan, tidak hanya dari sektor kesehatan" pesan Dirjen Kesmas.

Namun ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan khususnya pemilihan dan pengolahan makanan seperti ikan agar lebih bervariasi sehingga memenuhi prinsip penerapan gizi seimbang.(bgs)

uks3