Sehat, Cantik dan Cerdas Tanpa Anemia

Dipublikasikan Pada : Selasa, 17 Oktober 2017, Dibaca : 1024 Kali  

Siswi SMA N 5 Karawang Sebelum Minum TTD Bersama

Karawang – Siswi SMA N 5 Karawang riuh karena kedatangan tamu yang tidak biasa. Mereka adalah rombongan dari Nutrition International, DFAT, GAC dan Kementerian Kesehatan yang dihadiri oleh Tim dari Direktorat Gizi Masyarakat. Pada hari Senin, 16 Oktober 2017 Direktorat Gizi Masyarakat bersama rombongan mengunjungi SMA N 5 Karawang dalam rangka melihat langsung program pencegahan anemia pada remaja putri di sekolah yang dilaksanakan oleh SMA ini.

Minum TTD Bersama di Sekolah

“Kunjungan ini adalah bentuk apresiasi untuk Kabupaten Karawang yang sudah inisiatif memulai program pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) di sekolah,” ujar Kepala Bidang Kesmas Dinkes Provinsi Jawa Barat. Sejak 2008 Kab.Karawang sudah memberikan TTD di sekolah untuk siswi SMA, dan pada tahun 2016 siswi SMA/MK/SMK sejumlah 82.540 anak telah mendapatkan TTD. Ini adalah bentuk inovasi yang perlu dicontoh oleh daerah lain.

Program TTD ini sangat diperlukan, untuk mengurangi angka anemia pada remaja putri. Pola makan remaja putri saat ini menyebabkan mereka kekurangan asupan zat besi dan asam folat, sehingga banyak ditemukan kasus remaja putri yang anemia. Dalam siklus 1000 Hari Pertama Kehidupan, kita harus menyiapkan anak-anak dengan status gizi yang baik untuk menghasilkan generasi yang baik pula. Untuk ketentuan meminum TTD, Remaja Putri wajib minum TTD seminggu satu kali pada hari yang sama, dan setiap hari saat sedang haid.

Nutrition International (NI) sendiri telah melakukan pendampingan di Cimahi dan Purwakarta dalam program pemberian TTD di sekolah. Harapannya tidak hanya di wilayah Jawa Barat saja yang focus melaksanakan program TTD ini, tapi ditularkan bagi provinsi lainnya di seluruh Indonesia. Tentunya hal ini membutuhkan dukungan dari banyak pihak, mulai dari Dinkes setempat, Puskesmas, Pihak sekolah bahkan orangtua. (IWP)

Foto Bersama Usai Minum TTD Bersama