Pramuka Saka Bakti Husada Menjadikan Kader Kesehatan yang Berkarakter

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 21 Oktober 2016, Dibaca : 889 Kali  

Peserta Pertinas SBH V Tahun 2016 berkumpul di acara Buka Adat

Blitar-Oktober Pertemuan Tingkat Nasioan (PERTINAS) Saka Bakti Husada 2016   digelar di Bendungan Serut di Desa Gogodesa, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Kegiatan yang dilaksankan tanggal 17 s.d 23 Oktober 2016 dihadiri sebanyak 2100 peserta pramuka penega dan pandega dari seluruh Propinsi di Indonesia. Selain Saefullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur, juga hadir Ketua Kwarcab Kabupaten Blitar, H. Rijanto, Wakil Bupati Blitar Marhaenis UW, Sekda Kabupaten Blitar Palal Ali Santoso, Pejabat Eselon 1 dan 2 Kementerian Kesehatan dan masih banyak lagi lainnya.

Saefullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur saat membuka secara resmi Pertinas SBH V tahun 2016

Sebelum acara pembukaan diawali dengan upacara buka adat Bhineka Tunggal Ika, tiap daerah diwakili 2 orang yang mengenakan pakaian adat, dalam upacara ini ditandai dengan pencanangan kapak adat oleh ketua Dewan Kerjasama Nasional (DKN) dan dilanjutkan dengan pembacaan sandi Adat Bhinneka Tunggal Ika. Saefullah Yusuf, yang juga Ketua Kwarda Jawa Timur,  saat membuka Pertinas V mengatakan, Indonesia menghadapi era baru, yakni Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Di sini persaingan semakin global sehingga dibutuhkan manusia-manusia yang terampil untuk memenangan persaingan. “Jika menjadi petugas kesehatan, jadilah petugas kesehatan yang terampil. Begitu juga jika menjadi petani, maka jadilah petani yang terampil. Dengan begitu, kita bisa memenangkan persaingan yang semakin mengglobal ini,” katanya “Pentingnya Kesehatan bukan hanya kuratif, pramuka yang bergabung dengan Saka Bakti Husada (SBH) hendaknya mampu sebagai ujung tombak kesehatan khususnya preventif dan promotif dan menjadi kader kesehatan yang berkarakter” Ucapnya. Saefullah Yusuf,  juga berpesan untuk menjauhi narkoba. Karena narkoba bisa merusak generasi muda. “Hiduplah sehat tanpa narkoba,” tegasnya.  

Acara Buka Adat Pertinas SBH V tahun 2016 berlangsung meriah

Pembukaan Pertinas V berlangsung seru dengan penampilan seribu penari. Para penari yang semuanya pelajar itu membawakan tarian gabungan antara jaranan dan tayub. Kehebohan juga semakin menjadi kala para pendekar beraksi mematahkan balok, besi dan balok es. Serangkaian kegiatan akan diikuti peserta Pertinas V. Mulai dari penyuluhan kesehatan, memberi makanan tambahan sehat, mengecat UKS, Demo pembuatan jamban, Pendataan Keluarga Sehat (PHBS), Pembuatan Taman Toga, serta mengunjungi berbagai tempat wisata di Kabupaten Blitar. (Ipur Humas-kesmas)

Kegiatan Bakti Fisik, Non Fisik dan Pendalaman 6 Krida