Kesehatan Dapat Dijaga Melalui Germas

Dipublikasikan Pada : Senin, 14 November 2016, Dibaca : 568 Kali  

JAKARTA--Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), hari ini Senin (14/11), memimpin upacara Peringatan “Hari Kesehatan Nasional (HKN)”, bertempat  di lapangan parkir Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, yang dihadiri jajaran pimpinan dan karyawan Kementerian Kesehatan, Perwakilan Rumah Sakit Vertikal, BUMN Kesehatan dan Lintas sektor lainnya.

Menteri Kesehatan RI, ketika menyampaikan sambutannya pada upacara peringatan HKN

Peringatan HKN ke-52 tahun 2016 ini mengusung tema Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat. Tema ini harus dimaknai secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga melalui “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)”.

GERMAS bertujuan agar masyarakat berperilaku sehat. Kondisi yang sehat akan meningkatkan produktivitas masyarakat dan menurunkan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat. GERMAS dilakukan dengan kegiatan: Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, Mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan dan Menggunakan jamban.

Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.Artinya, keluarga-keluarga yang sehat dapat dengan mudah menciptakan masyarakat yang sehat, bahkan bangsa yang kuat, tutur Menkes

Peserta Upacara Peringahatan HKN 2016 di lapang parkir gedung Kemenkes Jakarta Senin (14/11).

GERMAS membutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat, lintas kementerian dan lintas sektor baik pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat, untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat. Guna menyuarakan hal tersebut. GERMAS rencananya akan diluncurkan pada 15 November 2016 mendatang.

Pada kesempatan itu, Menkes mengingatkan bahwa kesehatan merupakan harta paling berharga yang harus kita jaga dan pelihara dengan berperilaku hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional (JKN).

Pelepasan balon yang membawa logo baru Kementerian Kesehatan RI

Pentingnya perubahan pola hidup masyarakat ke arah yang lebih sehat, mendasari program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 20152019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang dalam penyelenggaraannya memiliki 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu (1) Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB); (2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; (4) Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif; (5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan; (6) Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar; (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur; (8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan; (9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok; (10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); (11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih; dan (12) Keluarga menggunakan jamban sehat.

Ayo hidup sehat. 1) Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari; 2) Konsumsi sayur dan buah setiap hari; 3) Makanlah makanan yang bergizi seimbang; 4) Jagalah kebersihan lingkungan, serta 5) Cek kesehatan secara rutin mengontrol tekanan darah, gula darah, serta kolesterol yang ada di tubuh kita, pesan Menkes.

Dalam rangkaian upacara tersebut, diperkenalkan juga logo baru dari Kementerian Kesehatan Repubkik Indonesia, hasil seleksi dari peserta lomba yang masuk sebanyak 1.673 disain logo. –(fey)-