Sekretariat Ditjen Kesmas Gelar Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Satker

Dipublikasikan Pada : Kamis, 16 November 2017, Dibaca : 328 Kali  

Kabag Keuangan dan BMN bersama para Kasubbag dalam Pembukaan Pertemuan

Bekasi – Rabu, 15 November 2017. Menjelang akhir tahun anggaran tahun 2017, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat selaku Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran tingkat Eselon I (UAPPA-E1)bersiap untuk melakukan penyusunan laporan keuangan. Sebagai salah satu rangkaiannya, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat melalui Setditjen Kesehatan Masyarakat melaksanakan persiapan penyusunan laporan keuangan yang diikuti olehperwakilan provinsi penanggungjawab program dan seluruh Satker Ditjen Kesmas bertempat di Hotel Santika Mega City, Bekasi.

 

Para Peserta Pertemuan yang terdiri dari perwakilan daerah, Satker Ditjen Kesmas dan Dekonsentrasi

Diselenggarakan pada 15 – 18 November 2017, Persiapan ini dilakukan mengingat pentingnya kerjasama dari semua Satuan Kerja program Kesehatan Masyarakat untuk menyampaikan laporan yang berkualitas, valid dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai bahan penyusunan laporan keuangan UAPPA-E1 yang nantinya akan disampaikan menjadi laporan keuangan di tingkat Kementerian Kesehatan.

Sementara itu, Penyusunan laporan keuangan selama ini banyak mengalami kendala, hal ini disebabkan karena konsistensi pengiriman laporan keuangan Satker serta penerapan Sistem Akuntasi berbasis Akrual dan penerapan mekanisme Rekonsiliasi dengan KPPN menggunakan E-rekon.

Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan No.14 Tahun 2017 Oleh Inspektorat Jenderal

Sehingga dalam pertemuan ini Satker dipersiapkan untuk menyusun laporan keuangan tahunan untuk meningkatkan kualitas laporan dari Satker dan menjaga kesinambungan penyusunan dan keandalan laporan keuangan. Selain itu melalui kegiatan ini, Inspektorat Jenderal mensosialisasikan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 14 tahun 2017  tentang Pedoman Penerapan, Penilaian dan Reviu Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat. Satker perlu mengetahui peraturan terbaru ini untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan reviu oleh Inspektorat Jenderal untuk semua Satker di lingkungan Ditjen Kesmas. (IWP)