GERMAS : Peregangan Massal Di Tengah Pameran

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 19 November 2016, Dibaca : 1183 Kali  

JAKARTA--Semarak Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 pada 12 November 2016 lalu, diikuti dengan pencanangan secara serentak di 10 lokasi tempat di Indonesia masing-masing di Bantul (Jogyakarta), Kabupaten Bogor (Jawa Barat), Kabupaten Pandeglang (Banten), Kota Batam (Kepulauan Riau), Kota Jambi (Jambi), Surabaya (Jawa Timur), Madiun (Jawa Timur), Pare-pare (Sulawesi Selatan), Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah), Kabupaten Padang Pariaman (Sumatera Barat).

GERMAS adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

GERMAS meliputi kegiatan: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. Tiga kegiatan ini dipilih karena dapat segera dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Instruktur dari Direktorat Kesehatan Kerja & Olahraga ketika menyelenggarakan peregangan massal di tengah pameran HKN ke 52 di Expo Jakarta

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), terlihat juga pada Pameran Pembangunan Kesehatan 2016 yang berlangsung di Expo Kemayoran Jakarta. Pada kesempatan acara tersebut, setiap jam 10 pagi dan jam 2 siang, panitia mengajak seluruh pengunjung pameran untuk melakukan peregangan selama 5 menit secara bersama-sama di depan panggung Hall-C3 yang dipimpin oleh instruktur dari Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga, Ditjen Kesmas.

Peregangan tubuh selama 5 menit sangat baik bagi kesehatan tubuh yang dipaksa duduk seharian yang rentan mengalami pegal dan kaku-kaku. Akibatnya beberapa bagian tubuh akan mengalami kesakitan seperti leher, punggung dan Bahu.

Pengunjung pameran HKN ke52 mengikuti acara peregangan secara massal

Sementara itu, Pameran Pembangunan Kesehatan 2016 yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 November 2016 itu, dilaksanakan bersamaan dengan Pameran Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri yang berbentuk miniatur rumah sakit dan Puskesmas, serta dilengkapi area pameran inovasi dan area riset farmasi dan 125 stand pameran.

“Ini sebagai upaya untuk memperkenalkan bahwa Indonesia mampu memproduksi Alkes di dalam negeri, sehingga dapat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri”, tutur Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, seusai membuka kegiatan Pameran Pembangunan Kesehatan tersebut.–(fey)-