Ditjen Kesmas Mengenalkan Germas Pada Pameran HKN 2016

Dipublikasikan Pada : Minggu, 20 November 2016, Dibaca : 1422 Kali  

JAKARTA—Ditjen Kesehatan Masyarakat (Kesmas) kembali hadir pada gelar pameran Pembangunan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016 yang berlangsung di Area Expo Kemayoran Jakarta pada tanggal 18 - 20 November 2016. Pameran Pembangunan Kesehatan Nasional Kali ini dilaksanakan bersamaan dengan Pameran Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri yang berbentuk miniatur rumah sakit dan Puskesmas, serta dilengkapi area pameran inovasi dan area riset farmasi dan 125 stand pameran.

Suasana pengunjung yang mendatangi stand Ditjen Kesmas

“Ini sebagai upaya untuk memperkenalkan bahwa Indonesia mampu memproduksi Alkes di dalam negeri, sehingga dapat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri”, tutur Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, ketika membuka kegiatan pameran bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani; Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution; dan Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Macan Efendi.

Salah satu pengunjung yang sedang mengisi buku tamu

Pameran yang berlangsung selama 3 hari itu diikuti oleh oleh masing-masing unit eselon I Kemenkes dan UPT, Pemprov/Dinas Kesehatan Provinsi, Badan POM, BKKBN, Kemenristek/BPPT, LIPI, Puskes TNI, Pusdokkes POLRI, Ditkes TNI AD, Ditkes TNI AU, RS Vertikal Kemenkes, Rumah Sakit Daerah, RS TNI/POLRI, ARVI dan PERSI, BUMN Kesehatan, industri farmasi, industri Alat Kesehatan, Laboratorium Kesehatan, Industri Makanan/Minuman, Industri Obat Tradisional, Perusahaan Jamu, Kosmetika, dan Lembaga Donor Kesehatan.

Pada pameran kali ini Ditjen Kesmas menampilkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan melakukan edukasi kepada pengunjung agar berperilaku hidup sehat. Selain itu juga ditampilkan program-program unggulan Ditjen Kesmas dari Direktorat Gizi, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Keluarga, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Promosi Kesehatan yang semuanya dalam bentuk media KIE.

Tayangan video semarak Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang telah dicanangkan pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 pada 12 November 2016 lalu, ikut mewarnai ramainya kemeriahan stand pamer Ditjen Kesmas. Dari daftar buku tamu yg tersaji di sana,  terbaca lebih dari 300 orang perhari datang mengunjungi stand Ditjen Kesmas yang berlokasi paling ujung di lorong ruang pamer Blok-C itu.

Peregangan massal yang diselenggarakan oleh Ditjen Kesehatan Masyarakat

Pada kesempatan itu juga, Ditjen Kesmas melalui Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga turut menyemarakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan menyelenggarakan peregangan secara massal di tengah-tengah acara pameran berlangsung, yang diikuti oleh seluruh pengunjung yang berada di depan panggung Hall-C3 tempat peyelenggaraan hiburan dan presentasi dari tiap peserta stand pameran.-(fey)-