Masih Belum Berubah, Jumlah Perokok Terbanyak Ada Di Provinsi Kalteng

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 08 Desember 2017, Dibaca : 60 Kali  

PALANGKARAYA— Menurut data Kementrian Kesehatan jumlah perokok di Indonesia mencapai 34,7 persen. Perokok yang paling banyak terdapat di Kalimantan Tengah. Riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2010 mengungkapkan pula populasi perokok di Kalteng mencapai 43,2 persen. Tertinggi dibanding provinsi lain di Indonesia. Sementara yang paling rendah di Sulawesi Tengah 28,4%.

 

Sekitar 52,3 persen perokok di Indonesia menghisap 1-10 batang/hari. 41 persen menghisap 11-20 batang/hari. 4,7 % menghisap 21-30 batang/hari. 2,1% yang sanggup menghabiskan 31 batang/hari.

Para peserta pertemuan ketika memberikan paparan pengalaman mereka dalam melaksanakan program Pis-PK di wilayah kerjanya (foto:Adnan)

Kondisi ini sepertinya masih belum berubah, terlihat ketika para peserta masing-masing dari Puskesmas Pahadut, Tangkahen, dan Puskesmas Kasongan II di provinsi Kalimatan Tengah, menyebutkan bahwa dari pengalaman mereka dalam melaksanakan program Pis-PK di wilayah kerjanya, angka perokok masih tinggi.

 

Hal ini mereka ungkapkan dalam pertemuan Penguatan Binaan Wilayah Pelaksanan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluaraga (PIS-PK),  yang berlangsung di Hotel Swissbel Palangka Raya pada tanggal 4 hingga 7  Desember kemarin.

Nampak Direktur Promkes, dr.Rizkyana, diantara para peserta pertemuan Penguatan Binaan Wilayah Pelaksanan Program PIS-Pkdi Provinsi Kalimatan Tengah. (foto-Adnan)

Pertemuan yang dibuka oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr. Anung Sugihantono itu, dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Kesmas, dr. Kuwat Sri Hudoyo MS, Direktur Gizi, Ir.Dodi Iswadi,  Direktur Kesehatan Keluarga, dr.  Eni Gusvita,   Direktur Promkes. dr.Rizkyana, serta para peserta dari 14 Kabupaten dan 30  Puskesmas yang melaksanakan program Pis-Pk di Provinsi Kalimatan Tengah. -(fey)-