Orientasi Teknis Kesehatan Keluarga Tahun 2019

Dipublikasikan Pada : Kamis, 25 April 2019, Dibaca : 134 Kali

Jakarta - Salah satu acuan bagi arah kebijakan Kementerian Kesehatan adalah penerapan pendekatan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan (continuum of care). Hal ini berarti bahwa pelayanan kesehatan harus dilakukan terhadap seluruh tahapan siklus hidup manusia (life cycle), sejak masih dalam kandungan, sampai lahir menjadi bayi, tumbuh menjadi anak balita, anak usia sekolah, remaja, dewasa muda (usia produktif), dan akhirnya menjadi dewasa tua (usia lanjut). Untuk dapat melaksanakan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan terhadap seluruh tahapan siklus hidup manusia, maka fokus pelayanan kesehatan harus pada keluarga. Individu-individu harus dilihat sebagai bagian dari keluarganya da

Selengkapnya

Menkes Kunjungi Posyandu yang Kembangkan PMT Daun Kelor

Dipublikasikan Pada : Kamis, 25 April 2019, Dibaca : 114 Kali

Denpasar - Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek mengunjungi Posyandu yang mengembangkan pemberi makan tambahan (PMT) dari daun kelor di dusun Mandalasari, Denpasar, Bali.
 
Pohon kelor menjadi perhatian khusus bagi warga Banjar/Dusun Mandalasari, Denpasar, Bali. Sebab daun kelor menjadi salah satu jenis sayuran yang murah dan tersedia di dusun Banjar ini. Selain itu, daun kelor juga mempunyai gizi tinggi yang dibutuhkan anak anak, terutama balita.
 
Hal ini dijelaskan Kepala Paud Mandala Kumara, Ni Made Sulastri, SE kepada Menteri Kesehatan dan rombongan media massa nasional kesehatan, 24 April 2019 di Denpasar, Bali.
 
Posyandu dan paud ini juga telah mampu mengeduaksi orang tua wali murid me
Selengkapnya

Hari Kartini 2019, Dirjen Kesmas Ajak kaum Perempuan Indonesia Menjadi Teladan Bagi Keluarga

Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 April 2019, Dibaca : 150 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI gelar upacara peringatan Hari Kartini 2019 di halaman gedung Kemenkes pada Senin (22/4). Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH sebagai inspektur upacara mengajak kaum Perempuan  Indonesia menjadi teladan bagi keluarga dan peduli untuk menjaga kesehatan.

 

“Ayo kaum perempuan Indonesia, mari menjadi teladan bagi keluarga kita, mari kita ajak masyarakat untuk lebih peduli untuk menjaga kesehatan demi Indonesia Sehat dan Indonesia sebagai Bangsa Yang Hebat,'' ucap Kirana.


Dirjen kesmas menambahkan, kita juga masih menghadapi masalah tingginya angka anemia pada perempuan Indonesia; Kurang Energi Kronik pada Wanita Usia Subur, meningkatnya kasus

Selengkapnya

Menkes Lantik Direktur Kesehatan Keluarga

Dipublikasikan Pada : Kamis, 18 April 2019, Dibaca : 146 Kali

Jakarta - Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek resmi melantik Direktur Kesehatan Keluarga, dr. Erna Mulati, MSc-CMFM. Kepada Erna, Menkes Nila mengatakan angka kematian ibu (AKI) masih menjadi perhatian meskipun jumlah persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan meningkat.

 

''Kondisi ini karena kualitas pelayanan kesehatan ibu belum memadai dan kondisi ibu hamil yang tidak sehat, serta faktor lainnya,'' kata Menkes Nila pada saat pelantikan berlangsung di gedung Kementerian Kesehatan, Selasa (16/4).

 

Sedangkan, penyebab kematian pada kelompok perinatal adalah berat bayi lahir rendah. Menkes mengatakan kondisi ibu pada saat sebelum dan selama kelahiran amat menentukan kondisi bayi.

 

Tant

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Sebut, Gizi Buruk Provinsi Sulut Sudah Di Bawah Angka Nasional.

Dipublikasikan Pada : Kamis, 11 April 2019, Dibaca : 150 Kali

MANADO--Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Kementerian Kesehatan RI, dr. Kirana Pritasari, MQIH, menyebut hasil Rikesdas tahun 2018 mengalami banyak perbaikan. Hal ini disampaikannya ketika memberikan paparan pada Pra Rakerkesda Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Novotel Manado, Senin (8/4/2019).

 

Masalah gizi di Indonesia terutama di beberapa wilayah di bagian Timur seperti NTT dan Papua Barat, dinilai masih tinggi. Namun, secara nasional, status gizi di Indonesia mengalami perbaikan yang signifikan. Sebagai contoh provinsi NTT penurunan prevalensi stunting sebanyak 9.1%, hampir 2 % pertahun penurunan, hal ini menunjukkan upaya multisektor yang terkonvergensi pusat dan daer

Selengkapnya

Melihat Implementasi 5 Pilar STBM di Kota Yogya

Dipublikasikan Pada : Senin, 25 Maret 2019, Dibaca : 245 Kali

Yogyakarta - Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH bersama Dinkes Provinsi Yogyakarta dan Direktorat Kesehatan Lingkungan melihat langsung implementasi pelaksanaan 5 Pilar Sanitasi Total berbasis Masyarakat (STBM) di kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta (22/3).

 

5 Pilar STBM adalah : 1) Stop Buang Air Sembarangan; 2) Cuci Tangan Pakai Sabun; 3) Pengelolaan Air Minum dan Makanan; 4) Pengelolaaan Sampah serta 5) Pengelolaaan Limbah cair.

 

Komitmen bersama masyarakat dan pemerintah di Gondokusuman untuk menjaga kesehatan lingkungan sangat tinggi, sehingga apapun permaslahan kesehatan bisa diselesaikan serta pemberdayaan masyarakatnya terus tumbuh.

 

Salam STBM, Lebih Sehat - Lebih Bersih

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Hadir Pada Pembukaan Youth Town Hall Di Jakarta

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 22 Maret 2019, Dibaca : 183 Kali

JAKARTA—Penyelenggaraan Youth Town Hall adalah wujud nyata komitmen dari pengakuan  pemerintah dan dunia terhadap keterlibatan pemuda dari 11 negaradi wilayah Asia Tenggara sebagai mitra dalam mewujudkan  pembangunan secara berkelanjutan (SDGs) 2030. Perhelatan acara ini digelar  oleh Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Organisasi Dunia (WHO), serta Centre for Indonesia’s Strategic Development intiatiatives (CISDI), yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 21 Maret 2019, di Balai Kartini, Jakarta.

 

Dalam pidato pembukaan acara tersebut, Menteri Kesehatan RI, dr.Nila Moelok menyebutkan bahwa, Indonesia memandang keterlibatan pemuda sebagai kunci akselerasi pembangunan sebagaimana te

Selengkapnya

Lomba dan Senam Turut Mewarnai Gelaran Rakontek Kesmas Tahun 2019.

Dipublikasikan Pada : Selasa, 19 Maret 2019, Dibaca : 242 Kali

JAKARTA—Pada penyelenggaraan Rakontek program Kesmas tahun 2019 diwarnai pula dengan lomba senam, lomba vlog dan juga lomba poster inovasi program Kesmas, yang masing-masing diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan provinsi di Indonesia.

Lomba senam dilaksanakan di halaman Hotel Sultan Jakarta tempat digelarnya acara pertemuan Rakontek, yang diikuti oleh lebih dari 13 provinsi yang mendaftar pada penyelenggaraan lomba tersebut. Tampilan gaya dan keserasian gerak dari masing-masing peserta lomba menjadi kriteria dalam penilaian juri.

Menyinggung hal ini, pada kesempatan berbeda,  Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Dr.Kirana Pritasa, MQIH, menyampaikan bahwa pelaksaan kampanye aktivitas

Selengkapnya

Rakontek 2019 Menjadi Sarana Kolaborasi Dalam Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat.

Dipublikasikan Pada : Selasa, 19 Maret 2019, Dibaca : 245 Kali

Jakarta– Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Ditjen Kesehatan Masyarakat Tahun 2019, secara resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Moeloek, SpM (K) pada Senin malam (18/3/2019).  Acara pembukaan yang digelar di Hotel Sultan Jakarta itu, dihadiri oleh para pejabat eselon satu di Kemnkes, juga para undangan lain peserta pertemuan dari seluruh Dinas Kesehatan provinsi di Indonesia.

 

“Kegiatan pelaksanaan Rakontek ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rakerkesnas 2019 yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu”, ucap Menkes mengawali kata sambutanya pada pembukaan acara itu.

 

Lebih lanjut Menkes berharap, nantinya akan terjadi penurunan Angka Kem

Selengkapnya

Dirjen Kesmas : Indikator Derajat Kesehatan Masyarakat Meningkat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 19 Maret 2019, Dibaca : 479 Kali

JAKARTA—Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Kementerian Kesehatan RI, dr. Kirana Pritasari, MQIH, menyebut hasil Rikesdas tahun 2018 mengalami banyak perbaikan. Hal ini disampaikannya ketikamemberikan laporan panitia Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Ditjen Kesmas Tahun 2019, dihadapan Menteri Kesehatan dan para Direktur Jenderal, serta undangan lain, di Hotel Sultan Jakarta, pada Senin malam (18/3/2019).

 

“Tahun 2019 merupakan tahun terakhir RPJMN 2014 – 2019. Hasil evaluasi tengah tahun RPJMN, SDKI 2017 dan hasil Riskesdas 2018  menunjukkan adanya beberapa perbaikan indikator derajat kesehatan masyarakat’”, ujar Dirjen Kesmas mengawali laporannya.

 

Lebih lanjut Dirjen Kes

Selengkapnya