Pesan Menkes : Yukk Mudik dengan Sehat, Aman dan Selamat

Dipublikasikan Pada : Rabu, 06 Juni 2018, Dibaca : 114 Kali

JAKARTA - Kementerian Kesehatan melalukan edukasi dan kampanye mudik sehat bersama blogger, komunitas otomotif, penggemar bis, media, pengemudi bis serta masyarakat melalui event Ngabuburit Sehat di Terminal bis Kampung Rambutan, selasa sore (5/6) sambil menunggu berbuka puasa.

 

Pada kesempatan tersebut, Menkes menyerukan agar para pemudik, pengemudi dan masyarakat umum lainnya memperhatikan 15 Pesan Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat, yaitu: 1)Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik; 2) Periksa kondisi kelayakan kendaraan; 3) Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi; 4) Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4

Selengkapnya

Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila

Dipublikasikan Pada : Selasa, 05 Juni 2018, Dibaca : 114 Kali

JAKARTA - Aparat sipil negara (ASN) Kementerian Kesehatan RI melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Kemenkes RI di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat pagi (1/6). Pada kesempatan ini, Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari, MQIH, bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo.


''Selama 73 tahun, pancasila sudah menjadi rumah kita (Indonesia) yang ber-Bhineka Tunggal Ika, Insyaallah sampai akhir zaman, pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia'', ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.


Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Soekarno pada 1 Juni 1945, kem

Selengkapnya

Menkes Lantik Dirjen Kesehatan Masyarakat

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 25 May 2018, Dibaca : 249 Kali

 JAKARTA - Pada Rabu (23/5), dr. Kirana Pritasari, MQIH dilantik sebagai Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat oleh Menteri Kesehatan RI di Kantor Kementerian Kesehatan.

 

Sebelum diangkat sebagai Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, perempuan kelahiran Yogyakarta ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Tahun 2016, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan tahun 2014,Kepala Pusat Standardisasi, Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan SDM Kesehatan tahun 2013, Direktur Bina Kesehatan Anak, Ditjen Bina Gizi dan KIA tahun 2010 dan Kepala Sub Direktorat Bina Kesehatan Bayi, Direktorat Bina Kesehatan

Selengkapnya

Menjalankan Puasa Tetap Sehat dan Bugar

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 18 May 2018, Dibaca : 141 Kali

JAKARTA - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan.

 

Berpuasa juga memberi kenikmatan kesehatan bagi yang menjalaninya seperti ketika berbuka, saat sahur maupun aktivitas sehari-hari. Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi diri kita untuk menjaga kesehatan dengan berperilaku hidup sehat, mulailah dari diri sendiri, keluarga dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat. (bgs)

 

Unduh Tips Sehat Berpuasa disini

Selengkapnya

Remaja Indonesia Harus Menjadi Generasi Tinggi, Cerdas dan Berprestasi

Dipublikasikan Pada : Rabu, 16 May 2018, Dibaca : 132 Kali

JAKARTA - Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Pattiselano Robert Johan, MARS mewakili Menkes RI, menghadiri seminar kesehatan dan gizi remaja di Jakarta yang dihadiri pula oleh Duta Besar Kanada dan Duta Besar Australia serta Yayasan Mitra Pangan, Gizi dan Kesehatan Indonesia (MPGKI), Selasa pagi (15/5). Seminar tersebut mengangkat tema “Edukasi dan Kampanye Kesehatan dan Gizi Remaja Menuju Generasi Tinggi, Cerdas dan Berprestasi”.

 

 “Remaja merupakan masa yang sangat berharga bila mereka berada dalam kondisi kesehatan fisik dan psikis, serta pendidikan yang baik, maka itu penanganan masalah remaja termasuk di dalamnya masalah kesehatan, akan sangat membutuhkan keterlibatan m

Selengkapnya

Kemenkes Prihatin atas Kejadian Bom Surabaya

Dipublikasikan Pada : Senin, 14 May 2018, Dibaca : 126 Kali

JAKARTA - Menkes Nila F. Moeloek menyampaikan duka cita atas kejadian teror bom di Surabaya yang menimbulkan korban jiwa dan luka-luka. Sebagaimana diketahui, pagi tadi terjadi ledakan bom berturut-turut di tiga gereja di Surabaya, yaitu Gereja St. Maria Tak Bercelah Jl. Ngagel Madya, GKI Diponegoro Jl. Diponegoro, dan GKI Wonokromo Gereja Jl. Arjuno Pukul 07.40 WIB.

''Kami sangat menyayangkan kejadian ini. Tidak ada alasan yang dapat dibenarkan dengan peristiwa pemboman yang mengakibatkan korban jiwa dan luka. Bagi para korban Pemerintah akan menanggung biaya pengobatan luka dan perawatan atas kejadian ini,'' ungkapnya di Jakarta (13/5).

Sampai pukul 12.00, Dinas Kesehatan Prov. Jawa Timur m

Selengkapnya

Tetap Sehat di Usia Lanjut

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 11 May 2018, Dibaca : 130 Kali

PALEMBANG - Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2018 mengambil tema Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia; dengan Sub Tema Bidang Kesehatan: Lansia Sehat Mandiri diwujudkan dari Keluarga Sehat.

 

Bertempat di Griya Agung Palembang, Rabu (9/5) diadakan seminar nasional kesehatan lansia yang dibuka oleh Menteri Kesehatan RI. Prof.Dr.dr. Nila F. Moeloek serta di hadiri oleh perwakilan 34 propinsi, peserta mencapai 700 orang meliputi lansia, LSM, serta lintas sektor terkait.

 

''Saat ini, Indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi. Pad

Selengkapnya

ASN Jaman Now itu Bugar dan Berprestasi

Dipublikasikan Pada : Rabu, 09 May 2018, Dibaca : 126 Kali

JAKARTA - Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga mengadakan Seminar Kebugaran Jasmani bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian/Lembaga yang mengangkat tema “Bugar dan Berprestasi”, Senin (7/5) bertempat di Gedung Sujudi Kemenkes, Jakarta.

 

Seminar ini melibatkan ASN Kementerian/Lembaga dan organisasi profesi. Diharapkan pengetahuan dan kesadaran ASN mengenai kebugaran jasmani meningkat serta terwujud komitmen Kementerian/Lembaga  untuk pelaksanaan kebugaran jasmani secara rutin.

 

ASN perlu untuk memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik utk mencegah resiko penyakit tidak menular,meningkatkan produktivitas kerja dan prestasi kerja.

 

“Kebugaran jasmani merupakan indikator fungsi

Selengkapnya

Payakumbuh Menjadi Kota Tersehat Di Indonesia

Dipublikasikan Pada : Rabu, 09 May 2018, Dibaca : 203 Kali

PAYAKUMBUH - Salah satu Kota di Propinsi Sumatera Barat yang terletak di daerah dataran tinggi yang merupakan bagian dari Bukit Barisan dan berjarak sekitar 30 km dari Kota Bukittinggi atau 120 km dari Kota Padang, menjadi kota tersehat di Indonesia. Kota Payakumbuh  berhasil mempertahankan predikat Kota Sehat (Swasti Saba) tingkat Wistara untuk ke lima kalinya

 

Predikat Kota Sehat Wistara atau tingkat pengembangan, klasifikasi tertinggi dalam penilaian kota sehat yang di berikan oleh Kementerian Kesehatan. Penghargaan Kota Sehat ini bukan penghargaan semata, melainkan adalah kerjasama lintas sektoral antara pemerintah selaku pemangku kebijakan dan masyarakat dalam pembangunan berwawasan k

Selengkapnya

Ajakan Germas Digaungkan Pada Seminar Hari Buruh Di Kemenkes

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 04 May 2018, Dibaca : 123 Kali

 

Jakarta— Bila pekerja perempuan sehat diharapkan keluarga dan masyarakat menjadi sehat. Begitu pula sebaliknya, bila pekerja perempuan sakit akan berdampak buruk pada unit kerja dan keluarganya yang tentu bukan menjadi harapan kita semua. Hal ini disampaikan Plt.Dirjen Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Dr.Pattiselano Roberth Johan, MARS, ketika membuka acara seminar dalam rangka Hari Buruh Nasional, di aula siwabessy, gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (3/5/2018) kemarin.

 

Untuk itu, lanjut Dirjen,  mari kita bersama-sama ciptakan kesehatan yang dimulai dengan melaksanakan gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

 

“Germas bisa kita lakukan dengan memperbanyak makan buah dan sayur, beraktivita

Selengkapnya