Kurangi Penggunaan Plastik, Limbahnya Berpotensi Bahayakan Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 17 Januari 2019, Dibaca : 138 Kali

Jakarta - Tak bisa dimungkiri plastik memang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dampaknya berpotensi membahayakan kesehatan, baik kesehatan lingkungan maupun kesehatan tubuh makhluk hidup.

 
Direktur Kesehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Imran Agus Nurali, Sp, KO mengatakan ada dampak yang tidak bagus dari limbah plastik terhadap lingkungan atau kesehatan tubuh. Menurutnya, hal itu karena plastik yang sulit terurai sehingga dampak yang terlihat adalah terjadinya penimbunan limbah, menyumbat saluran air, dan banjir mencemari lingkungan.
 
''Berikutnya, dia akan mempengaruhi kesehatan tubuh manusia kalau tertimbun di tanah atau air kemudian terjadi pecahan-peca
Selengkapnya

Pelaksanaan DIPA 2019 Menjadi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran

Dipublikasikan Pada : Kamis, 17 Januari 2019, Dibaca : 174 Kali

Bekasi - Selama 4 hari mulai tanggal 15 s.d 18 Januari 2019 bertempat di Hotel Harris Bekasi Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat melakukan penelaan/penelitian DIPA dan Petujuk Operasional Kegiatan( POK) Regional I Tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Satker Pusat, 15 Dinas Kesehatan Propinsi serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesmas.

 

Pertemuan Penelitian/Penelaahan terhadap DIPA dan Petunjuk Operasional Kegiatan tiap satker di lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat tahun 2019 ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisi rterjadinya permasalahan dalam pelaksanaan anggaran.

 

Penelaahan meliputi penelitian tehadap kesesuaian nama pejabat perbendaharaan (KPA,PPK-SPM,BP), alo

Selengkapnya

Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 11 Januari 2019, Dibaca : 201 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan RI memberikan paparan mengenai 4 tahun pencapaian program kesehatan dari tahun 2015-2018. Berbagai program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang diinisasi oleh berbagai kegiatan dari Kementerian Kesehatan. 

 

Dalam 4 tahun terakhir, tanggung jawab itu dilakukan melalui Program Indonesia Sehat yang mencakup Paradigma Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

 

Terkait kondisi kesehatan masyarakat, misalnya dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak, cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU). Hal it

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Lantik 5 Pejabat Administrator dan Pengawas Di Lingkungan Ditjen Kesmas

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 11 Januari 2019, Dibaca : 278 Kali

JAKARTA—Direktur  Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dr. Kirana Pritasari, MQIH, pada Kamis pagi (10/1/2019), melantik lima pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

Pelantikan yang berlangsung di ruang 702  gedung Kemenkes Jakarta, disaksikan oleh para pejabat struktural dan staf di lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Ke lima pejabat yang dilantik itu , masing-masing  :

 

  1. dr. Linda Siti Rohaeti, MKM sebagai Kepala Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Bandung.
  2. dr. Weni Muniarti, MPH sebagai Kepala Seksi Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja di Luar Sekolah, Direktorat Kesehatan Keluarga.
  3. d
Selengkapnya

Peringatan kesehatan dan Informasi Kesehatan pada Produk Tembakau

Dipublikasikan Pada : Kamis, 10 Januari 2019, Dibaca : 149 Kali

Jakarta - Lebih dari sepertiga penduduk Indonesia merupakan perokok, jika bicara angka, hal itu tentu tidak mengherankan, mengingat merokok sudah dianggap hal yang “wajar” di kalangan masyarakat, meski hal tersebut tidak dapat dibenarkan. Namun, yang paling mengejutkan dari jumlah perokok di Indonesia adalah, fakta bahwa perokok tidak hanya disumbangkan oleh orang dewasa saja, anak-anak di bawah umur pun turut menjadi penyumbang angka perokok yang cukup besar di Indonesia.

 

30 persen anak Indonesia mulai merokok bahkan sebelum genap berusia 10 tahun. Diperkirakan jumlahnya mencapai 20 juta anak, dan terus naik tiap tahunnya. Dari fakta tersebut, kerugian akibat rokok tak hanya diderita ole

Selengkapnya

Lindungi Masyarakat, Menkes dan Dirut BPJS Kesehatan Sepakati Perpanjangan Kerja Sama bagi Rumah Sak

Dipublikasikan Pada : Kamis, 10 Januari 2019, Dibaca : 156 Kali

Jakarta - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dijamin untuk mendapatkan akses seluas-luasnya terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu. Dengan semangat melindungi hak masyarakat tersebut, Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, bersama-sama Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fachmi Idris, menyepakati bahwa perpanjangan kerja sama dengan rumah sakit (RS) yang belum terakreditasi agar tetap dapat memberikan pelayanan bagi peserta JKN-KIS dengan syarat. Kesepakatan kedua pimpinan institusi tersebut dilaksanakan di Kantor Kementerian Kesehatan.


Akreditasi merupakan bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga ne

Selengkapnya

Promkes Kemenkes Lakukan Penyuluhan bagi Korban Tsunami Banten dan Lampung

Dipublikasikan Pada : Rabu, 02 Januari 2019, Dibaca : 154 Kali

Jakarta - Tim Gerak Cepat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan penyuluhan kesehatan kepada korban tsunami Banten dan Lampung.

Penyuluhan dilakukan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang mencakup membiasakan cuci tangan pakai sabun, ASI eksklusif, kesehatan lingkungan, kebersihan perseorangan.

Rencananya, penyuluhan dilakukan di 6 titik di Banten, yakni SMPN 1 Carita, Posko Tembong, Posko Loka Wisata Pasanggrahan, Posko MT. Al-Ikhlas, Posko MTsN 2 Pandeglang, Posko Sport Center Labuan. Adapula 6 titik posko di Lampung, yakni Posko Bob Bazar, Posko Puskesmas Pembantu Canti, Posko Pengungsian Banding, Posko Puskesmas Rajabasa, Posko RS Lapangan Rajabasa, d

Selengkapnya

Ditjen Kesmas Beri Bantuan Langsung Pada Korban Tsnunami di Lampung Selatan.

Dipublikasikan Pada : Senin, 31 Desember 2018, Dibaca : 160 Kali

JAKARTA--Sampai hari ini, Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data bahwa ada 431 korban meninggal, 7.200 luka, 15 orang hilang dan 46.646 orang mengungsi akibat tsunami Selat Sunda. Kerugian material yang tercatat, antara lain 1.778 unit rumah rusak, 78 unit penginapan dan warung rusak, 434 perahu dan kapal yang rusak. Gelombang tsunami yang diakibatkan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau itu melanda pesisir Banten dan Lampung pada Sabtu malam.

 

Pada bencana itu, hingga 2500 orang yang harus mengungsi di Kabupaten Lampung Selatan. Kecamatan Kalianda dan Rajabasa menjadi daerah terkena dampak paling parah dari terjangan tsunami. Banyak warga yang tidak hanya kehi

Selengkapnya

Jelang Libur Panjang, Dirjen Kesmas Canangkan GNSTA.

Dipublikasikan Pada : Rabu, 26 Desember 2018, Dibaca : 148 Kali

JAKARTA—Sehari sebelum libur panjang jelang natal, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari, MQIH, mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), dan penyerahan DIPA untuk Tahun Anggaran 2019 sekaligus melakukan penandatanganan perjanjian Kinerja dengan para Eselon2 di lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat (Kesmas).

 

Acara yang digelar di aula dr.Sujudi, gedung Kemenkes, Jakarta, pada Jumat (21/12/2018) itu, dihadiri para pejabat dan staf di lingkungan Ditjen Kesmas.

 

“Arsip memiliki peran penting dalam membangun tatakelola pemerintahan yang bersih, efektif, terpercaya, akuntable dan transparan”, ujar Dirjen Kesmas mengawali sambutannya pada acara tersebut.

Selengkapnya

Evaluasi Program Kesmas 2018 dan Prioritas 2019

Dipublikasikan Pada : Kamis, 20 Desember 2018, Dibaca : 190 Kali

Lombok - Dirjen Kesmas menyelenggarakan Pertemuan Evaluasi Program Kesmas Tahun 2018 di Lombok, 16-19 Desember 2018. Dihadiri oleh 34 kabid Kesmas se Indonesia, unit Kesmas Pusat, UPT Kesmas, pengelola kesmas Kab/KOta dan Puskesmas yang ada di Provinsi NTB.

 

Tujuan pertemuan ini terlaksananya evaluasi program dan kebijakan Kesmas selama tahun 2018 dan pelaksanaan program prioritas tahun 2019. Teridentifikasinya terobosan dan inovasi dengan dukungan lintas sektor dan lintas program untuk percepatan, penguatan, dan peningkatan kualitas program Kesmas. Tercapainya komitmen dalam meningkatkan koordinasi dan sinergitas pelaksanaan Program Kesmas di Pusat, UPT dan di Daerah.

 

 

 

 

Dirjen Kesma

Selengkapnya