Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah Kematian Anak

Dipublikasikan Pada : Senin, 16 Oktober 2017, Dibaca : 157 Kali

JAKARTA - Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Eni Gustina mengatakan setiap tahun sebanyak 1,7 juta anak meninggal karena diare. Dengan mencuci tangan pakai sabun, kematian anak karena diare tersebut dapat dicegah.

Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2015, sekitar 520 ribu Balita meninggal dalam setahun.

''Kita menggaungkan cuci tangan pakai sabun karena dapet mencegah diare, meningkatkan kesehatan masyarakat, menurunkan kematian Balita, meningkatkan kehadiran anak di sekolah,'' kata Eni Gustina pada Temu Media terkait Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Jumat (12/10) di gedung Kementerian Kesehatan RI.

Cuci tangan pakai air, ungkap Eni,

Selengkapnya

Saka Bakti Husada Menjadi Wadah kaum Muda Yang Handal Dalam Bidang Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Selasa, 10 Oktober 2017, Dibaca : 174 Kali

JAKARTA - Bertempat di Auditorium Prof. Dr. G.A. Siwabessy lt 2 Gedung Prof. Sujudi JL. H.R Rasuna Said Blok X-5 Kavling 4-9 Jakarta Kementerian Kesehatan, tanggal 9 Oktober 2017, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault, didampingi Kak Nila Moeloek Menteri Kesehatan selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Tingkat Nasional, melantik Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional Pergantian Antar Waktu (PAW) masa bakti 2014 – 2019. Ketua Umum Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional Kak Untung Suseno hadir menyaksikan, bersama dengan Anggota Mabi SBH dan juga perwakilan Satuan Karya dan Andalan Nasional.

 

Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional Pergan

Selengkapnya

Mengapa Kesjaor Menjadi sangat Penting

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 Oktober 2017, Dibaca : 168 Kali

Jakarata---Direktur Kesjaor drg. Kartini, M.Kes, pada kesempatan memberikan paparan dihadapan peserta Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Kebijakan Program Kesehatan Masyarakat Tahun Anggaran 2018, di Hotel Haris Bekasi, pada rabu (7/9), sore lalu,  menyampaikan bahwa program Kesehatran kerja dan Olahraga (Kesjaor) sangatlah penting.

“Karena jika keluarag sehat, pekerjanya sehat juga, maka akan tercapailah keluarga bahagaia. Tapi sebaliknya, jika keluarga sakit , pekerja sehat, maka itu akan menjadi beban keluarag”,  tutur drg.Kartini.

 

Kartini tambahkan, jika keluarga sehat, pekerja sakit, maka itu akan menjadi  masalah keluarga. Dan satu lagi,  jika keluarga sakit, pekerja sakit, itu mal

Selengkapnya

Penguatan Manajemen Program Menjadi Kunci Perencanaan Program Kesmas TA 2018

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 06 Oktober 2017, Dibaca : 245 Kali

BEKASI - Dirjen Kesmas dr. Anung Sugihantono meminta seluruh jajaran kesmas mulai dari pusat dan daerah untuk fokus dan bekerjasama dalam menyusun perencanaan dan anggaran kegiatan kesmas sesuai dengan target dalam RKP 2018 khususnya prioritas bidang kesehatan. 

 

Arahan tersebut disampaiakan Dirjen saat memberikan sambutan dan pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Program Kesehatan Masyarakat TA 2018, yang dilaksanakan pada Rabu, 4 Oktober 2017, di Hotel Harris, Bekasi. 

“Saya meminta jajaran kesmas memberikan perhatian khusus mengenai  Kebijakan Program Kesmas dalam Penurunan Stunting pada 100 Kab/Kota, PIS-PK dan Pelaksanaan Germas”  ujar Dirjen.

Selain itu kita semua punya tanggungjawab untu

Selengkapnya

Kerjasama Kemenkes RI dengan PT. KAI

Dipublikasikan Pada : Selasa, 03 Oktober 2017, Dibaca : 206 Kali

BANDUNG - Dirjen Kesmas bersama Direktur Kesling Kemenkes RI menghadiri kegiatan Penyerahan MoU antara Kemenkes RI dengan PT. KAI yaitu kerjasama antara Dirjen Kesmas Kemenkes & PT. KAI tentang sanitasi tempat pengelolaan makanan di stasiun dan diatas kereta api, acara ini dilakukan bertepatan dengan ulang tahun PT KAI ke 72 pada 28 September 2017.

 

Direktorat Kesehatan Lingkungan bekerjasama dengan PT KAI menyelenggarakan Assesment Tempat Pengolahan Makanan (TPM) di lingkungan stasiun dan diatas kereta api, yang dilakukan assessment di 10 stasiun di Jakarta, Depok dan Bogor serta Cold Storage pada kereta jarak jauh di 4 stasiun. Dilanjutkan pelatihan penjamah pangan bagi karyawan gerai/t

Selengkapnya

Kemitraan kemenkes dengan AstraZeneca Indonesia dalam Membangun Kesehatan Masyarakat

Dipublikasikan Pada : Kamis, 28 September 2017, Dibaca : 173 Kali

JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI melakukan kemitraan dengan AstraZeneca Indonesia dalam membangun kesehatan masyarakat melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS)yang dilakukan pada 26 September 2017 bertempat di Gedung Kemenkes RI.

 

Sebagai mitra Kementerian Kesehatan, PT AstraZeneca Indonesia bekerja sama dalam pengadaan program edukasi tenaga kesehatan untuk Penyakit Tidak Menular (PTM), pembangunan fasilitas kesehatan, serta pemberian dukungan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dan juga edukasi mengenai Health Financing di lingkungan Pemerintah dan Rumah Sakit. Melalui kerjasama ini, AstraZeneca berperan aktif dalam mendukung pemerintah untuk pencapaian program

Selengkapnya

Kota Surabaya Menuju Swasti Saba Wistara

Dipublikasikan Pada : Senin, 25 September 2017, Dibaca : 224 Kali

Surabaya (18/9). Kabupaten/Kota Sehat adalah kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.  Kabupaten/kota Sehat (KKS) berarti telah berhasil menyelenggarakan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang telah disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Kota Surabaya menjadi salah satu kota yang diverifikasi lapangan oleh tim verifikator KKS dari Kementerian Kesehatan.

 

Direktur Kesehatan Lingkungan, dr. Imran Agus Nurali, SpKO dalam sambutannya pada acara penerimaan tim verifikator pusat di Kota Surabaya menyampaikan bahwa pada dasarnya penghargaan KKS merupakan penghargaan bagi masyarakat atas peran sertanya dalam menciptakan lingkungan yang sehat

Selengkapnya

Stikerisasi TPM Di Stasiun

Dipublikasikan Pada : Senin, 25 September 2017, Dibaca : 299 Kali

Direktorat Kesehatan Lingkungan bekerjasama dengan PT KAI menyelenggarakan Assesment Tempat Pengolahan Makanan (TPM) di lingkungan stasiun dan diatas kereta api. Pada tanggal 6-10 Juni 2017 telah dilakukan assessment di 10 stasiun di Jakarta, Depok dan Bogor serta Cold Storage pada kereta jarak jauh di 4 stasiun. Dari hasil assessment sebanyak 77% gerai/tenant memenuhi syarat dan 23% tidak memenuhi syarat. Komponen penilaian dilihat dari berbagai hal, diantaranya lokasi dan bangunan, bahan pangan dan pangan jadi, cara penyimpanan, dapur/ruang pengolah pangan, peralatan, penyajian, fasilitas sanitasi dan penjamah pangan.

Selain itu diadakan pula pelatihan penjamah pangan bagi karyawan gerai

Selengkapnya

Promosi Kesehatan Sebagai Pilar Pembangunan Berkelanjutan

Dipublikasikan Pada : Rabu, 13 September 2017, Dibaca : 274 Kali

JAKARTA - Percepatan pembangunan kesehatan diupayakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang mengusung "paradigma sehat". Sehingga promotif-preventif menjadi pilar utama uapaya kesehatan kesehatan serta upaya pemberdayaan masyarakat. Program Indonesia Sehat merupakan salah satu pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan dan menjadi higlight dari beberapa prioritas nasional.

 

Promosi Kesehatan menjadi sangat penting dan menjadikannya agenda dalam perencanaan pembangunan nasional agar dapat menghasilkan kebijakan yang terpadu/berhubungan/bertaut didalam tata kelola pemerintahan yang baik, mobilisasi sosial dan memperkuat kesadaran akan kesehatan guna mengakselerasi tu

Selengkapnya

Video Kegiatan TCTP ke 9 di Provinsi Sumatera Barat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 12 September 2017, Dibaca : 203 Kali

JAKARTA - Video kegiatan workshop Third Country Training Program (TCTP). TCTP adalah forum berbagai negara untuk mendapatkan pembelajaran dari pelaksanaan pemanfaatan buku KIA di Indonesia sekaligus tempat untuk berbagi informasi tentang pelaksanaan pemanfaatan buku KIA di negara peserta. Pada tahun 2017 ini, TCTP ke 9 dengan tema Enhancing the Quality of Maternal and Child Health Program and the Implementation of Maternal and Child Handbook in 2017 through Community Empowerment dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 3 – 8 September 2017. Kegiatan diikuti oleh 26 peserta yang mewakili 6 negara, yaitu Afghanistan, Kenya, Filipina, Tajikistan, dan Thailand termasuk dari

Selengkapnya