Lansia Sehat, Lansia Bahagia

Dipublikasikan Pada : Kamis, 04 Juli 2019, Dibaca : 166 Kali

Jakarta - Di Indonesia yang dimaksud dengan lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. lansia adalah bagian siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang, yang dapat berdaya guna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat. Agar dapat berdaya guna Lansia harus sehat dan dipersiapkan sedini mungkin, serta berada di lingkungan yang mendukung potensi yang dimilikinya.

 

Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Dirjen kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH menjelaskan pada Program Metro TV Selamat Pagi Indonesia (2/7) untuk mencapai keadaan sehat serta bahagia , ada tips buat pra lansia dan lansia yang disebut dengan "BAHAGIA" yaitu Berat badan berlebihan dihind

Selengkapnya

Pemanfaatan DAK untuk Percepatan Penurunan AKI-AKB dan Stunting

Dipublikasikan Pada : Minggu, 23 Juni 2019, Dibaca : 415 Kali

Bekasi - Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas) RI gelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan Masyarakat Tahun 2020 di Bekasi, pada 23-26 Juni 2019. Dengan di gelarnya Rakontek DAK Kesmas ini nantinya Kabupaten dan Kota bisa memanfaatkan DAK untuk percepatan penurunan AKI-AKB dan Stunting.

 

Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak dilakukan dengan berbagai upaya yang sejalan dengan Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi. Menurut data Sensus Penduduk 2010 Angka Kematian Ibu (AKI) sebesar 346 per 100.000 kelahiran hidup (SP 2010) yang menurun menjadi 305/100.000 KH (SUPAS 2015).

 

Untuk Angka Kematian Neonatan (AKN), dari data SDKI, da

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Lantik 2 Pejabat Administrasi dan 26 Pejabat Fungsional

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 21 Juni 2019, Dibaca : 205 Kali

Jakarta - Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH melantik 2 Pejabat Administrasi dan 26 Pejabat Fungsional di Lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat pada tanggal 19 Juni 2019 di Ruang kaca kemenkes RI.

 

Pelantikan pejabat fungsional yang pertama kali di lingkunan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat sesuai peraturan Menteri Kesehatan RI dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi perlu di lakukan penempatan Aparatur SipilNegara (ASN) yang sesuai dengan keahlian dan ketrampilan.dan harus sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan di peta jabatan.

 

"Pejabat administrator dan pengawas serta pejabat fungsional di tuntut mem

Selengkapnya

Ada Kelas Ibu di Kemenkes RI

Dipublikasikan Pada : Selasa, 18 Juni 2019, Dibaca : 155 Kali

Jakarta - Saat ini jumlah pekerja perempuan di Indonesia mencapai 39% (47,4 jutajiwa) dari seluruh pekerja dan 25 juta diantaranya berada pada usia reproduktif. Di Kementerian Kesehatan jumlah pegawai Perempuan lebih banyak dari pegawai laki-laki yaitu 61,82 %. Jumlah pegawai Perempuan usia reproduktif di Kuningan sebesar    1294 orang, di Badan PPSDM sebesar 187 orang  dan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan sebesar 311  orang.  

 

Undang-undang No. 13/2013 tentang ketenagakerjaan menyatakan bahwa pekerja yang bekerja selama lima hari seminggu harus menyelesaikan setidaknya 8 jam sehari , 40 jam seminggu. Kondisi ini tidak menguntungkan bagi perempuan karena mereka memiliki pera

Selengkapnya

Sinkronisasi Kesmas dan P2P

Dipublikasikan Pada : Selasa, 18 Juni 2019, Dibaca : 162 Kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat dan Direktorat Jenderal Pencegahan dan pengendalian Penyakit mengadakan Rapat Kerja bersama (14/6) di Kemenkes. Direktur Jenderal Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH dan Direktur Jenderal P2P dr. Anung Sugihantono, M.Kes memimpin pertemuan yang dihadiri oleh seluruh pejabat struktural Eselon II dan III di lingkungan Ditjen Kesmas dan Ditjen P2P.

 

Raker bersama ini menjadi bukti kuatnya komitmen sinkronisasi tingkat pimpinan antar kedua ditjen. Raker ini bertujuan untuk Sinkronisasi yang meliputi aspek pelaksanaan teknis, regulasi (NSPK), pengorganisasian, SOP dan panduan, serta sistem pencatatan dan pelaporan. 

 

Diharapkan dengan adanya pe

Selengkapnya

Kemenkes Meminta Kemkominfo Blokir Iklan Rokok di Internet

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 14 Juni 2019, Dibaca : 189 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memblokir iklan rokok di media internet. Permintaan pemblokiran tersebut disampaikan melalui surat dari Menteri Kesehatan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika tertanggal 10 Juni 2019.

 
Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menegaskan permintaan pemblokiran ini merupakan upaya untuk menurunkan prevalensi merokok pada masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja. Data mengenai tingkat prevalensi perokok anak dan remaja menunjukkan angka yang mengkhawatirkan.
 
Riset Kesehatan Dasar 2018 menyatakan bahwa terjadi peningkatan prevalensi perokok anak dan remaja usia 10 18 tahun dari 7,2% di tahun
Selengkapnya

Jaga Kesehatanm Jaga Silaturahmi

Dipublikasikan Pada : Selasa, 04 Juni 2019, Dibaca : 168 Kali

Ibadah Ramadhan telah kita tunaikan
Kita sambut fajar kemenangan

Jaga Kesehatan Jaga Silaturahmi
Untuk hari yang lebih baik dan hati yang suci

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Keluarga Besar Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat

 

Selengkapnya

Terminal Sehat ada di Kota Surakarta

Dipublikasikan Pada : Selasa, 04 Juni 2019, Dibaca : 136 Kali

Surakarta - Terminal sebagai salah satu tempat berkumpul dan bertemunya banyak orang merupakan tempat yang harus dikelola dengan baik agar terhindar dari risiko penularan penyakit bagi para penggunanya baik petugas, pengemudi, penumpang, pedagang dan pengunjung terminal.

 

Para penumpang yang dalam kondisi sehat harus dijaga agar jangan sampai mengalami sakit selama perjalanan sampai tiba di tempat tujuan akibat kondisi lingkungan terminal yang tidak sehat.

 

GERMAS dapat diimplementasikan di terminal sebagai bagian dari upaya mewujudkan terminal yang sehat, aman dan nyaman dengan optimalisasi pelayanan dan penggunaan fasilitas/sarana yang ada di terminal termasuk pos kesehatan untuk pelay

Selengkapnya

Mudik Sehat, Aman dan Selamat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 28 May 2019, Dibaca : 150 Kali

Jakarta - Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, menjelang lebaran melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Mudik bagi masyarakat Indonesia merupakan moment paling ditunggu-tunggu, bahkan konon banyak masyarakat non muslim di Indonesia yang ikut merayakan tradisi mudik.

 

Pulang kampung secara besar-besaran yang dilakukan menjelang lebaran, memang hanya terjadi di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Mungkin kamu juga salah satu dari sekian juta orang yang mau mudik? Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada tips agar mudik kita tetap sehat, aman dan selamat.

 

Tips mudik sehat bisa unduh disini

Selengkapnya

Integrasi dan Sinergi Program Kesehatan Kerja dan Olahraga

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 17 May 2019, Dibaca : 181 Kali

Bogor - Besarnya jumlah usia kerja merupakan sasaran penting dalam pembangunan bangsa karena peran pekerja sangat strategis dalam pembangunan bangsa. Saat ini penduduk Indonesia berjumlah 265 juta dan sekitar 133 juta merupakan angkatan kerja. Angkatan kerja adalah penduduk usia produktif (penduduk yang berusia 15-64 tahun) yang siap untuk bekerja (BPS, 2018).

 

Puncak bonus demografi di Indonesia diperkirakan pada tahun 2035. Tingginya populasi penduduk usia produktif pada masa itu, merupakan tantangan sekaligus peluang. Kualitas generasi di masa tersebut akan menentukan peluang Indonesia menjadi negara maju. Pendekatan upaya kesehatan yang berfokus pada populasi pekerja menjadi penting un

Selengkapnya