Bengkulu Bebas Stunting 2030 dengan RAFFLESIA

Dipublikasikan Pada : Kamis, 03 May 2018, Dibaca : 141 Kali

JAKARTA - Provinsi Bengkulu menjadi identik dengan bunga Rafflesia dan hingga kini sering dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri. Rafflesia arnoldii, nama ini pasti cukup familiar di telinga kita, ini adalah bunga padma raksasa kebanggaan warga Bengkulu. Bahkan, julukan sebagai Bumi Rafflesia pun melekat pada provinsi yang bertetangga dengan Sumatera Barat ini. 

 

Selain menjadi bunga raksasa, Provinsi Bengkulu menggunakan nama bunga tersebut dalam rangka Penurunan Stunting melalui “AKSI RAFFLESIA MENUJU BENGKULU BEBAS STUNTING 2030” dengan langkah-langkah sebagai perpanjangan huruf RAFFLESIA yaitu:

 

 

 

Remaja putri,Wanita Usia Subur dan Ibu Hamil diberikan Tablet Tambah Darah,

Ana

Selengkapnya

Pekerja Perempuan Sehat Penentu Generasi Penerus Bangsa

Dipublikasikan Pada : Senin, 30 April 2018, Dibaca : 117 Kali

Jakarta--Anak merupakan penerus sumberdaya generasi masa depan untuk melanjutkan pembangunan. Salah satu upaya yang paling mendasar untuk menjamin pencapaian kualitas tumbuh kembang anak secara optimal sekaligus memenuhi hak anak adalah memberikan makanan terbaik bagi anak sejak lahir hingga usia dua tahun dengan cara ibu memberikan ASI kepada bayinya.

 

“Sayangnya, pada ibu pekerja, terutama di sektor formal, sering kali mengalami kesulitan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya karena keterbatasan waktu dan ketersediaan fasilitas untuk menyusui di tempat kerja”, ujar Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg. Kartini Rustandi, ketika menyampaikan laporan penyelenggaraan seminar ASI dal

Selengkapnya

Inovasi Untuk Generasi Unggul Nusa Tenggara Barat

Dipublikasikan Pada : Kamis, 26 April 2018, Dibaca : 292 Kali

MATARAM - Pada tahun 2025 masyarakat Nusa Tenggara Barat diharapkan sudah mampu menciptakan generasi unggul yang disebut dengan generasi emas. Hal ini sudah dimulai sejak tahun 2014 ditandai dengan Program Generasi Emas NTB (GEN) yang menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia dini yang tentunya diawali sejak dalam kandungan atau yang dikenal sebagai 1000 Hari Pertama Kehidupan.

 

"Sebuah grand strategi untuk membentuk manusia NTB yang bertaqwa, cerdas, sehat dan produktif pada tahun 2025" imbuh Plt. Kadinkes NTB Marjito, S.Si, SKM, M.Kes.

 

Intervensi khusus dilakukan pada 100 desa/kelurahan yang tersebar keseluruh kab/kota di NTB berupa Pemberdayaan Keluarga (PARANA), Penguatan I

Selengkapnya

Semangat Kartini Melalui Kelas Ibu Hamil

Dipublikasikan Pada : Rabu, 25 April 2018, Dibaca : 112 Kali

JAKARTA - Angka kematian ibu di Indonesia masih tinggi, ini harus menjadi perhatian yang serius. Kesehatan seorang ibu adalah kunci utama kesehatan bagi keluarganya. Semangat Ibu Kartini kepada seluruh perempuan di Indonesia untuk menjadi Kartini kesehatan yang menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

 

Semangat Kartini di Puskesmas Provinsi Kalimantan Selatan melakukan secara serempak Kelas Ibu Hamil dengan mengajak semua ibu-ibu hamil yang ada di wilayahnya. Selaian itu juga diberikan edukasi serta penyuluhan kesehatan ibu dan anak. 

 

Diharapkan dengani pelaksanaan kelas ibu hamil tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu tentang kesehatan ib

Selengkapnya

Membangun Jejaring Regional ASEAN untuk Pencegahan dan Pengendalian Keselamatan Berlalulintas

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 20 April 2018, Dibaca : 113 Kali

 

JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah acara The Workshop on the Establishment of Regional Network of National Collaborating Bodies on road Traffic Injuries, ASEAN Health Cluster 1 yang akan diselenggarakan dari 18 hingga 20 April 2018 di Jakarta.

 

Pertemuan dihadiri oleh delegasi dari lima negara ASEAN, yakni Vietnam, Filipina, Laos, Thailand, dan Myanmar, perwakilan dari WHO, ASEAN Secretary, Kementerian Perhubungan RI, dan Kementerian Kesehatan RI.

 

Cluster 1 ASEAN telah menetapkan 7 prioritas kesehatan tahun 2016-2017 dimana pencegahan cedera menjadi prioritas kesehatan nomor tiga. Sejalan dengan hal tersebut, maka Workshop ini diadakan untuk membangun komitmen regional terhadap ke

Selengkapnya

Hadapi Tahun Politik Jangan Kita Lupakan Ukhuwah

Dipublikasikan Pada : Rabu, 18 April 2018, Dibaca : 151 Kali

JAKARTA--- Ukhuwah adalah satu konsepsi Islam yang menyatakan bahwa setiap muslim dengan muslim lainnya pada hakikatnya adalah saudara. Landasannya QS Ali Imran 103, hal ini disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Kesmas dr.Kuwat Sri Hudoyo, MS, ketika membacakan sambutan Menteri Kesehatan dr. Nilla Moelek pada acara peringatan Isra’ Mi’raj 1439H, di masjid Al-Afiah,  lantai5, gedung Kemenkes Jakarta.

“Di tahun politik pada 2019 mendatang, dinamika sosial masyarakat akan diramaikan dengan isu-isu masifnya penyebaran berita hoax yang dikait-kaitkan sebagai warna kontestasi Pilkada dan Pilpres 2019”, tutur dr. Kuwat -- Untuk itu, ujar dr.Kuwat, Ukhuwah islamiyah harus tetap dijaga sebagai pemersa

Selengkapnya

Benahi Gizi : Inovasi Penanggulangan Stunting di Halmahera Selatan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 12 April 2018, Dibaca : 378 Kali

 

TERNATE - Bersamaan dengan pelaksanaan Rapat kerja Kesehatan Daerah Provisnsi Maluku Utara, 10-11 April 2018. Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan mendeklarasikan program inovatif dalam menanggulangi Stunting. Program yang diberi nama BENAHI GIZI merupakan program terintegrasi semua sektor dan program untuk bersama-sama menanggulangi Stunting di kabupaten Halmahera Selatan.

  

BENAHI GIZI itu merupakan singkatan dari :

 

B-> Berikan Tablet Tambah Darah pada ibu hamil dan remaja puteri

E-> Edukasi gizi keluarga melalui pemberdayaan kearifan lokal

N-> Nutrisi ibu hamil dan balita kurus

A-> Akses air bersih sanitasi lingkungan yang tersedia dan memenuhi syarat kesehatan

H-> Hidup seh

Selengkapnya

Cegah Stunting, Presiden Giatkan Makanan Tambahan Lokal

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 April 2018, Dibaca : 138 Kali

SUKABUMI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meninjau kegiatan sosialisasi cegah stunting atau gizi buruk di Puskesmas Bantar Gadung, di Desa Bantar Gadung, Kecamatan Bantar Gadung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4) pagi.

 

Acara ini dihadiri warga yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui, balita, kader Posyandu serta remaja puteri.

 

Presiden menegaskan, bahwa pemerintah ingin menggerakkan secara besar-besaran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) melalui pelayanan 5 meja Posyandu yang ada di daerah-daerah dan bahkan mengoptimalkan kampanye, baik timbang anak, kampanye masalah gizi, dan juga yang berkait

Selengkapnya

Bugar dan Sehat Setiap Hari

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 06 April 2018, Dibaca : 138 Kali

JAKARTA - Bertempat di lapangan Kemenkes RI, Jumat 6 April 2018 berlangsung ativitas sehat seperti senam bersama, pengukuran kebugaran jasmani, olahraga, permainan tradisional, bazar buah sayur dan ikan.

 

Pada kesempatan itu, Ibu Menkes memberikan apresiasi kepada 3 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkes yaitu Bayu Ajie dan Dwi Adi dari Promisi kesehatan serta Budi Sylvana dari Yankes Rujukan yang mendapat hasil pengukuran kebugaran jasmani baik sekali.

 

Mereka menjadi contoh nyata Germas untuk berperilaku sehat. Karena, setiap individu memiliki peran yang sama sebagai contoh bagi individu lain. Tujuannya supaya bisa menumbuhkan agen-agen pembaharu dalam mencontohkan perilaku sehat.

 

Yukk

Selengkapnya

Sehat Itu Bahagia

Dipublikasikan Pada : Kamis, 05 April 2018, Dibaca : 146 Kali

JAKARTA - Pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. Karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat.

 

Ayo hidup sehat dengan lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, konsumsi sayur dan buah setiap hari, agar sehat dan cerdas, serta cek kesehatan rutin untuk mengontrol tekanan darah, gula darah, kolesterol yang ada dalam tubuh kita.

 

Sehat dimulai dari saya... sehat itu baha

Selengkapnya