Loading...

Brain Booster (Nutrisi Pengungkit Otak)


Otak yang ukurannya kira-kira seperlima puluh bagian tubuh manusia merupakan bagian paling penting  yang membutuhkan relatif banyak energi  - yang diperoleh dari nutrisi- dibanding bagian tubuh yang lain. Fungsi otak tergantung pada banyaknya sel otak dan percabangannya, banyaknya neurotransmitter atau zat yang mengaktifkan synaps (hubungan antar sel syaraf), dan kualitas mielin atau selubung sel syaraf. Kurangnya fungsi otak dapat terjadi karena kekurangan nutrisi sejak janin, kebiasaan buruk (merokok, tidur berlebih, tidak sarapan, makan berlebih, polusi, dan jarang berfikir), stres dan sakit (misalnya panas tinggi). Perkembangan struktur  dan sirkuit otak yang merupakan faktor kecerdasan dimulai sejak janin dan selanjutnya kecerdasan dipengaruhi dua faktor yang saling terkait, yaitu faktor keturunan dan faktor lingkungan. Hasil penelitian Landshears (2004) menyebutkan perkembangan kognitif pada remaja 17 tahun merupakan akumulasi perkembangan anak usia 0-4 tahun (50%), 4-8 tahun (30%) dan 9-17 tahun (20%). Oleh karena itu untuk mengembangkan kecerdasan memerlukan paling tidak tiga hal pokok yang harus diberikan secara bersamaan sejak janin, yaitu: 1. Kebutuhan fisik-biologis. Diperoleh dari intake makanan yang cukup untuk mendukung perkembangan otak, menunjang ketrampilan fisik, dan membentengi diri dari penyakit yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan. Intake makanan inilah yang dimaksud nutrisi pengungkit otak, yaitu pemenuhan nutrisi sejak masa kehamilan untuk melejitkan potensi kecerdasan anak. 2. Kebutuhan emosi. Pemenuhan kebutuhan ini sangat penting untuk membentuk kecerdasan emosi anak, misalnya dekapan, rabaan, pandangan, dan komunikasi yang dilakukan ibu selama menyusui merupakan stimulasi emosional dan kognitif yang memicu pembentukan percabangan sel syaraf otak  ke arah emosi positif. 3. Kebutuhan Stimulasi Rangsangan yang konsisten melalui latihan sistem sensorik dan motorik anak, termasuk pendidikan formal di sekolah maupun di rumah oleh orang tua. Stimulasi dapat dilakukan kapan saja ketika bermain, mandi, jalan-jalan, ganti baju, menonton pertunjukan atau televisi dan sebagainya. Nutrisi Pengungkit Otak Nutrisi untuk otak sebenarnya telah terdapat pada makanan seimbang (makanan yang beraneka ragam) yang sama untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Itu karena pertumbuhan fisik dan volume otak tidak dapat dipisahkan dalam tumbuh kembang anak, hanya saja di dalam makanan seimbang ada beberapa zat gizi (nutrisi) yang berfungsi secara spesifik dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak, yaitu: 1.      Karbohidrat.

Merupakan sumber energi yang diperlukan untuk berbagai proses metabolisme otak dan proses pembentukan simpai-simpai saraf pada otak bayi dan anak. Sedangkan karbohidrat yang diperlukan untuk kerja otak adalah dalam bentuk glukosa. Terdapat pada beras, terigu, jagung, sagu, kentang, ubi, oat, dll.

2.      Protein

Selama hamil dibutuhkan protein lebih banyak dibandingkan waktu-waktu lain di seluruh daur hidup seseorang. Hal ini disebabkan protein diperlukan untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Protein disusun oleh asam-asam amino, sedangkan asam amino yang spesifik dibutuhkan untuk otak adalah:

  • Tirosin dan triptopan diperlukan dalam pembentukan neurotransmitter yang berfungsi menyerap pesan dan mengolahnya sehingga pesan dapat disampaikan secara optimal. Terdapat pada telur, kacang-kacangan dan susu yang difortifikasi bahan ini.
  • Kolin, membantu fungsi normal otak melalui pembentukan neurotransmitter asetilkolin. Terdapat pada ASI dan suplemen kolin.
3.     Lemak.

Asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang Pure Unsaturated Fatty Acid (PUFA), yang termasuk di dalamnya  asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan dalam pembentukan membrane sel  saraf otak. Asam lemak omega 3 misalnya asam linoleat, asam eikosapentanoat (EPA) dan yang popular asam dokosaheksanoat (DHA) terdapat pada lemak ikan laut. Sedangkan asam lemak omega 6 terdapat pada lemak biji-bijian (kacang tanah, kenari, kedele, biji bunga matahari, wijen), terdiri dari asam linoleat dan asam arakhidonat (AA). DHA dan AA harus diperoleh dari luar tubuh, karena tubuh tidak dapat mensintesa sendiri.

4.     Vitamin.

Semua jenis vitamin dibutuhkan oleh tubuh, tetapi ada vitamin-vitamin yang bekerja membantu  otak, yaitu:

  • Vitamin B1 (Tiamin)

Tiamin membantu pertumbuhan organ dan system syaraf pusat pada bayi. Terdapat pada segala jenis makanan padi-padian dan bahan yang difortifikasi, seperti roti, sereal, wheat dan pasta. Defisiensi (kekurangan) tiamin menyebabkan : Keletihan, lemah daya ingat, kekacauan mental, penyimpangan perilaku, dan cepat marah

  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Merupakan bentuk koenzym yang membantu mengantar rangsangan saraf. Sumber vitamin B5 adalah daging, unggas, ikan, sereal, biji-bijian, susu, dan sayur.

  • Vitamin B6 (Piridoksin)

Membantu perkembangan otak dan system saraf bayi, disamping membentuk sel darah merah baru. Selain itu Vitamin B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin yaitu zat kimia otak yang menimbulkan rasa tenang bagi tubuh. Terdapat pada daging ayam, hati, pisang, semangka, kacang panjang, dan produk yang difortifikasi misalnya sereal. Defisiensi vitamin B6 berdampak cepat marah, mudah letih, daya konsentrasi lemah, kebiasaan tidur yang buruk, dan lemah daya ingat

  • Vitamin B12 (sianokobalamin)

Vitamin B12 bersama asam folat membantu ibu dan bayi memproduksi sel darah merah yang sehat dan membantu pengembangan otak janin dan system saraf. Sumber vitamin B12 adalah daging merah, ayam, ikan, kerang, telur, dan makan yang mengandung susu.

  • Asam Folat

Merupakan salah satu kelompok vitamin B yang larut dalam air dan cepat rusak jika terpapar panas. Asam folat terdapat secara alami pada bayam, brokoli,pok coy, asparagus, kol,daging, gandum, telur, susu dan keju. Selain itu terdapat pada bahan yang difortifikasi, seperti sereal dan susu. Asam folat membantu pembuatan zat-zat di dalam otak yang penting untuk menyimpan data dalam daya ingat. Kekurangan asam folat semasa hamil dapat menyebabkan kelainan bawaan pada otak, tulang kepala dan sumsum tulang belakang (neural tube defect) yang dijumpai sebagai anensefalus, hidrosefalus, mikrosefalus, dan spina bifida. Setelah bayi lahir, asam folat dibutuhkan untuk pembentukan selubung saraf otak.

5.     Mineral
  • Kalsium

Kalsium membantu perkembangan tulang bayi, fungsi otak, dan jantung. Kalsium dapat ditemukan pada bayam, brokoli, kacang-kacangan, kentang manis, dan produk-produk susu, seperti yogurt, keju, es krim, jus yang difortifikasi, mentega dan sereal.

  • Fe

Fe dibutuhkan dalam pembentukan selubung saraf dan mencegah gangguan kecerdasan. Sumber makanan yang mengandung Fe misalnya ASI, daging, hati, jantung sapi, daging ayam, ikan, kuning telur, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, serealia, dll.

  • Zink

Zink merupakan bagian dari enzim, sehingga penting untuk berbagai fungsi, termasuk pertumbuhan dan perkembangan, reproduksi, fungsi sensori, perlindungan antioksidan dan stabilisasi membran otak. Makanan yang mengandung zink, misalnya daging, buncis, kacang, padi-padian, tiram, produk susu dan bahan yang difortifikasi.  Kekurangan zink menyebabkan kelesuan, cepat marah, kebiasaan makan yang buruk, anoreksia, keletihan, obesitas, dan bingung.

  • Iodium

Iodium merupakan komponen horman tiroksin yang meningkatkan laju oksidasi dalam sel tubuh dan berperan dalam perkembangan mental serta kecerdasan (IQ). Bahan ini di Indonesia difortifikasikan pada garam, sedangkan di beberapa negara lain difortifikasi pada terigu. Sedangkan bahan yang secara alami mengandung Iodium misalnya, sayuran, daging, dan ikan.

Kebutuhan Nutrisi Pengungkit Otak Pada Masa Kehamilan Pada prinsipnya nutrisi dibutuhkan untuk fungsi normal sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan ibu dan janin. Rata-rata tambahan energi yang diperlukan selama masa kehamilan adalah 80000 kilokalori. Jumlah tersebut terbagi atas 150 Kal/hari pada trimester pertama dan 350 Kal/hari pada trimester kedua dan ketiga. Sedangkan tambahan protein selama kehamilan 925 gram atau butuh 75 g setiap hari. Memang sulit untuk mengukur seberapa banyak makanan yang harus dikonsumsi sehingga memenuhi kebutuhan kalori setiap hari. Indikator sederhana dapat digunakan rasa lapar, sedangkan indikator yang lebih akurat adalah kenaikan berat badan setiap bulan. Tabel Kebutuhan Nutrisi Pengungkit Otak Ibu Hamil Setelah lahir, nutrisi terpenting yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya pada usia dua tahun pertama adalah air susu ibu (ASI). Selain mengandung semua unsur nutrisi yang dibutuhkan bayi, kata dia, proses menyusui yang tepat juga merupakan stimulai pertumbungan dan perkembangan otak yang sempurna bagi bayi. Apakah perlu suplemen? Di pasaran banyak kita temukan produk-produk suplemen (yang katanya) merupakan nutrisi otak, baik DHA, AA, Asam folat, omega 3, omega 6, dan lain-lain. Sesungguhnya suplemen tidak akan terserap oleh otak jika zat-zat tersebut sudah terpenuhi dari makanan. Kelebihan nutrisi ini bukannya bisa mengoptimalkan fungsi otak, tetapi justru akan menimbulkan masalah, misalnya, kelebihan Fe akan membuat mual dan muntah, kelebihan DHA dan AA menyebabkan hilangnya daya imun tubuh. Jadi, makanan seimbang sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi otak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal pemenuhan nutrisi pengungkit otak harus  disinergikan dengan pemberian stimulasi-stimulasi dari lingkungan. Stimulasi akan membentuk sinaps (hubungan antar sel syaraf) baru dan jika dilakukan terus menerus akan memperkuat sinaps yang telah terbentuk sehingga otomatis membuat fungsi otak akan makin baik. Stimulasi yang memadai akan lebih besar kontribusinya pada kecerdasan anak dibanding faktor genetik. Tidak kalah penting adalah menjaga otak agar tetap sehat dengan mencegah terjadinya faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan atau berkurangnya fungsi otak, misalnya:
  • Membiasakan sarapan, Sarapan  dengan menyantap makanan berkarbohidrat tinggi membuat tubuh mendapat pasokan glukosa yang cukup dan melalui darah, glukosa dialirkan ke otak sehingga otak dapat bekerja optimal.
  • Makan sesuai kebutuhan, Makan yang berlebihan akan membuat glukosa berubah menjadi lemak jenuh yang akan membebani pembuluh darah otak dan dapat melemahkan kerja otak kerena kurang menadapat oksigen dan glukosa yang segar.
  • Hindari rokok, Rokok & asap rokok mengakibatkan sel-sel otak terbakar dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer.
  • Kelola Stres, Hormon stres terutama sekali akan mengganggu   bagian otak yang disebut hippocampus. Bagian inilah yang memainkan peranan penting dalam membentuk memori.
  • Hindari sakit panas tinggi keterangan
Otak merupakan investasi besar untuk masa depan anak, maka amat penting mempersiapkannya sejak sebelum seorang anak dilahirkan agar  tidak  menyesal di kemuadian hari. ▄(imawati-Setditjen)