Loading...

Pelatihan Pengisian Laporan Pajak ‘On-line’


Jakarta-Maret 2014

Pajak merupakan penyumbang terbanyak dalam APBN, yang websmall-1dipergunakan untuk pembangunan dan kepentingan negara. Untuk itu dalam membantu kelangsungan  APBN, orang bijak harus taat bayar pajak, demikian dr. Kuwat Sri Hudoyo, MS, Sekretaris Ditjen Bina Gizi dan KIA dalam sambutannya  saat membuka acara pelatihan pengisian e’filing  yang diselenggarakan di Hotel Grand Cempaka Jakarta,  Jumat, 13 Maret 204 lalu. Acara ini dihadiri oleh perwakilan staf dari masing-masing  unit bagian yang ada di Sekretariat Ditjen Bina Gizi dan KIA, dibimbing langsung oleh nara sumber dari Kantor Ditjen  Pajak Jakarta.

 

Harapan Sesditjen, setelah acara ini selesai peserta  dapat memahami dan mampu untuk melakukan pengisian  SPT melalui aplikasi e’fin  secara online yang sudah disediakan  dan selanjutnya dapat menularkannya pada teman-teman  yang lain di tempat kerja.

websmall2E-Filing adalah fasilitas yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk memudahkan Wajib pajak dalam melaporkan Surat Pembitahuan Tahunan (SPT). Ada dua kanal yang tersedia untuk menggunakan e-Filing, yaitu: melalui Situs Pajak (www.pajak.go.id) dan melalui Penyedia Jasa Aplikasi.

 

Layanan melalui situs pajak, saat ini hanya dapat dipergunakan Wajib Pajak Orang Pribadi yang memenuhi kriteria untuk menyampaikan SPT Tahunan menggunakan Formulir SPT Tahunan 1770S atau Formulir SPT Tahunan 1770SS dapat menyampaikan SPT Tahunan secara e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id). Sedangkan Wajib Pajak yang lain dapat memanfaatkan layanan e-Filing melalui Penyedia Jasa Aplikasi.

 

Sebelum melangkah menuju situs e-Filing (efiling.pajak.go.id), wajib pajak orang pribadi perlu menyiapkan beberapa hal.  Pastikan Anda sudah memperoleh Electronic Filing Identity Number (e-FIN). Apabila Anda belum mempunyai e-FIN segera hubungi Kantor Pelayanan Pajak terdekat untuk mendapatkannya. Mudah saja persyaratannya, Wajib pajak tinggal datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat dengan membawa Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak dan Kartu Identitas diri lainnya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM) atau Paspor. Kemudian isikan data diri Anda ke dalam formulir yang telah disediakan. Setelah terisi lengkap, serahkan kepada petugas di Seksi Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak. Paling lambat satu hari kerja eFIN tersebut sudah dapat diperoleh. 

 

Setelah eFIN diperoleh, segera aktivasi akun Anda di situs pajak. Siapkan alamat email dan nomor handphone yang akan digunakan untuk menerima kode aktivasi dari server e-Filing. Aktivasi harus dilakukan paling lambat 30 hari kalender sejak eFIN diperoleh. Aktivasi akun dilakukan di situs efiling.pajak.go.id . Caranya, setelah halaman depan situs efiling terbuka, lihat ke bagian kanan atas, disitu terdapat tombol “Registrasi”. Klik tombol tersebut dan  masukkan data-data Anda, seperti NPWP, Kode eFIN, alamat email dan nomor Handphone dan tentukan password e-Filing Anda. Setelah mengisi kode keamanan (captcha) klik tombol “Daftar”.

 

Anda akan memperoleh link aktivasi yang dikirim via email, kalo masih belum memperoleh link aktivasinya, bisa kembali ke halaman registrasi dan pilih tombol “Kirim Ulang Link Aktivasi”. Klik link aktivasi tersebut, dan aktiflah akun Anda. Setelah aktif Anda sudah dapat memulai pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi melalui situs pajak.

Sebelum memulai mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi melalui fasilitas efiling, siapkan dulu beberapa dokumen, seperti Daftar Anggota Keluarga, Daftar Pembayaran Pajak yang telah disetorkan selama tahun 2013, Bukti Potong PPh Pasal 21 dari Pemberi Kerja (Bukti Potong Pajak dari Perusahaan). Kalo bukti ini belum ada, dapat diminta kepada Bendaharawan Gaji (kalo Anda PNS).

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call-Centre pajak di Nomor Telp. 500-200.

 

*)Penulis : ‘fey-Humas