Loading...

Direktorat Bina Kesehatan Anak wujudkan ASI Eksklusif dengan Pojok ASI


Bayi baru lahir perlu mendapat perawatan yang optimal sejak dini, termasuk pemberian makanan yang ideal. Tidak ada satupun makanan yang ideal untuk bayi baru lahir selain ASI. ASI dan segala kelebihannya baik dari aspek gizi, imunologi, kecerdasan, psikologis merupakan hak bagi bayi untuk mendapatkannya dan hak Ibu untuk memberikannya.

Kementerian Kesehatan RI, World Health Organization (WHO) dan United Nations Children’s Fund (UNICEF) menganjurkan pemberian ASI secara eksklusif, yaitu ASI saja sampai bayi berusia 6 bulan, tanpa tambahan cairan ataupun makanan lain selain ASI. Dalam kenyataannya, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan tidak sesederhana yang dibayangkan. Banyak kendala yang timbul dalam upaya memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Perlunya motivasi yang kuat dari Ibu dan dukungan lingkungan sekitar sangat mempengaruhi keberhasilan ASI Eksklusif

Kondisi Ibu bekerja merupakan salah satu kendala yang diungkapakan ibu-ibu untuk memberikan asi eksklusif. Direktorat Bina Kesehatan Anak dibawah pimpinan dr Kirana Pritasari, MQIH mencoba untuk mewujudkan ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja dilingkungan Direktorat Bina Kesehatan anak. Sejak Maret  2012 Direktorat Bina Kesehatan Anak  yang saat itu memiliki 6 karyawan yang merupakan ibu menyusui  telah memiliki ruang pojok ASI yang berukuran 1,5 m x 2,5 m. Ruang Pojok ASI yang dapat menampung 4 (empat) orang ini  dilengkapi juga dengan lemari pendingin, tissue, hand sanitizer, celemek menyusui dan alat streril.

Selain fasilitas ruang pojok ASI, dr Kirana Pritasari, MQIH sebagai pimpinan juga berkomitmen untuk memberikan waktu bagi ibu menyusui untuk memerah ASI dalam waktu kerja serta tidak menugaskan mereka untuk dinas ke luar kota dalam rangka menjaga ketersediaan  stok ASI bagi bayi. Hasil yang diperoleh adalah 3 orang karyawan Direktorat bina kesehatan Anak saat ini sudah sukses memberikan ASI Eksklusif.

Pojok ASI Direktorat Bina Kesehatan Anak yang masih berusaha untuk terus melengkapi perlengkapan dan informasi tentang ASI ini  ini juga terbuka bagi Karyawan direktorat lain di Lingkungan Kementerian Kesehatan yang membutuhkannya. Anda yang berminat? Silahkan Bergabung …..