Loading...

2nd Toward Healthy City Summit 2012


2nd Toward Healthy City

Summit 2012

 

2nd Toward Healthy City Summit 2012 adalah kegiatan terpadu berupa seminar internasional dan pameran yang diselenggarakan untuk ke dua kalinya sejak 2012 untuk menuju kota sehat di Indonesia. Seminar dan pameran ini dilaksanakan pada tanggal 6-7 November 2012 bertempat di Hotel Clarion Makassar, Sulawesi Selatan.

Sejalan dengan pesatnya pembangunan maka pemasalahan perkotaan seperti pencemaran, kepadatan lalu lintas, kriminalitas, kemiskinan, kebersihan, tata ruang, pertumbuhan penduduk, pelayanan masyarakat yang semuanya cenderung berkembang kearah yang mengkhawatirkan. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan di perkotaan termasuk upaya kesehatan bagi masyarakat pekerja serta peningkatan kebiasaan berolahraga dan beraktifitas fisik yang benar.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi sarana bertukar pikiran guna mewujudkan kota sehat di Indonesia. Meningkatkan peran serta pemerintah, masyarakat termasuk masyarakat pekerja dan kalangan industri dalam mewujudkan kota sehat. Mensosialisasikan pola hidup kota sehat, menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku hidup sehat serta mempromosikan produk-produk dan jasa kesehatan.

Sasaran seminar yakni terwujudnya 9 tatanan kota sehat yang terdiri dari:
  1. Kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum sehat
  2. Kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi
  3. Kawasan pertambangan sehat
  4. Kawasan hutan sehat
  5. Kawasan industri dan perkantoran sehat
  6. Kawasan pariwisata sehat
  7. Ketahanan pangan dan gizi
  8. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri
  9. Kehidupan sosial yang sehat

2nd Toward Healthy City Summit 2012 membahas masalah aktual dan strategis berkenaan dengan pembangunan kota sehat di Indonesia dengan tema “Menuju Kota Sehat di Indonesia” dengan topik Standar global pembangunan kota sehat serta bagaimana menjadi kota sehat dengan belajar dari kota sehat dunia (pola pemikiran, perilaku, pelayanan kesehatan publik, penanggulangan polusi, penanggulangan wabah, sanitasi, langit biru, lingkungan hijau dan air bersih).

Pembicara pada seminar ini merupakan pejabat negara dan para pakar yang kompeten dibidangnya masing-masing. Peserta Seminar Summit 2012 ditargetkan diikuti oleh Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota), dinas terkait (dinas kesehatan, dinas kebersihan, dinas pekerjaan umum, pariwisata, dinas soaial dan lain-lain), pengelola rumah sakit, puskesmas, pengelola perkantoran, pengembang perumahan dan lain-lain.

Indah (Dit. Kesjaor)