Loading...

Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2011


Hari Anak Nasional sebagai event nasional tahunan, diselenggarakan di berbagai tempat secara lintas kementerian. Pada tahun 2011, Koordinator tingkat pusat penyelenggaraan Hari Anak Nasional adalah Kementerian Kesehatan. Diantara berbagai kegiatan yang dilaksanakan sebagai bagian dari peringatan HAN tersebut adalah kegiatan seminar dan pelayanan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang bagi anak usia dini.

Kegiatan pemantauan tumbuh kembang anak ditujukan untuk optimalisasi kecerdasan anak sesuai dengan potensi genetiknya. Target kegiatan ini adalah anak usia dini, dimana masa ini merupakan Golden Period atau masa emas bagi pertumbuhan otak dan perkembangan daya pikir anak, sekaligus juga sebagai critical period atau masa kritis, sisi positifnya adalah otak anak lebih terbuka untuk proses pembelajaran dan pengkayaan, namun sisi negatifnya lebih peka terhadap lingkungan utamanya lingkungan yang tidak mendukung seperti asupan gizi yang tidak adekwat, kurang stimulasi dan tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

Keluarga menjadi fokus perhatian untuk memaksimalkan potensi anak. Pengetahuan dan kesadaran dari keluarga dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan esensial anak, yaitu kebutuhan gizi, pelayanan kesehatan, kasih sayang, stimulasi perkembangan, pendidikan dan perlindungan anak memegang peranan yang sangat penting.

Kegiatan Hari Anak Nasional terkait Pemantauan tumbuh kembang anak, didahului oleh Seminar sehari bertajuk “Buku

KIA, Hadiah Terindah Bagi Anak” yang dilaksanakan di RS Premier Bintaro pada hari Rabu, 15 Juni 2011. Acara didahului oleh sambutan dari Pihak RS Premier Bintaro, selaku tuan rumah, lalu disusul oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dan Kementerian Kesehatan. Setelah acara sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Pentingnya Peran

Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Untuk Optimalisasi Potensi Anak, bertindak sebagai narasumber adalah dr. Soedjamiko, Sp.A (K), MSi sebagai pakar tumbuh kembang anak dari RS Cipto Mangunkusumo dan dr. Rachmat Sentika, Sp.A selaku dokter spesialis anak di RS Premier Bintaro. Setelah itu diadakan diskusi interaktif dengan peserta seminar yang terdiri dari para kader kesehatan se – Kota Tangerang Selatan, Jajaran SKPD Pemda Tangerang Selatan, Perwakilan Organisasi Profesi dan Asosiasi Rumah Sakit.

Kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan adalah Seminar “Buku KIA Hadiah Terindah Bagi Anak dan Gebyar Posyandu” yang dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Juli 2011 di Puskesmas Tanjung Priuk, dengan dukungan penuh dari Group Astra sebagai bagaian dari Corporate Social Responsibility dari perusahaan tersebut. Acara dihadiri oleh 100 balita berikut orangtuanya yang didatangkan dari posyandu binaan Group Astra. Dalam acara ini, 100 balita tersebut mendapatkan pelayanan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang, sekaligus orang tua balita mendapatkan pembekalan materi “Perawatan Bayi dan Balita untuk Tumbuh Kembang Optimal yang disampaikan oleh Narasumber dr. Soedjamiko, Sp.A (K), MSi yang merupakan pakar tumbuh kembang anak dari RS Cipto Mangunkusumo. Orang tua dari anak – anak yang terdeteksi mengalami gangguan tumbuh kembang juga mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk intervensi dari kelainan tumbuh kembang. Acara dimeriahkan dengan berbagai acara hiburan untuk anak – anak dan dipandu oleh MC Donna Agnesia sebagai ikon artis yang mendukung gerakan ASI Eksklusif dan Tumbuh Kembang Balita.

Sebagai puncak promosi Pemantauan Tumbuh kembang Anak, dilaksanakan Gebyar Posyandu dengan tema “Peran Posyandu dalam Upaya Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak” yang dilaksanakan di Plasa Bintaro pada tanggal 15 Juli 2011, acara dihadiri dan diawali dengan sambutan oleh Gubernur Banten, Walikota Tangerang Selatan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pemeriksaan tumbuh kembang bagi 200 orang anak balita se Kota Tangerang Selatan serta konsultasi tumbuh kembang dengan dokter spesialis anak bagi anak yang mengalami masalah tumbuh kembang. Pelaksanaan pelayanan SDIDTK ini juga ikut disaksikan oleh Gubernur Banten, Walikota Tangerang Selatan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Acara dimeriahkan dengan sesi hiburan yang diisi oleh tarian dari anak – anak TK dan pembagian doorprize untuk peserta. Kegiatan dihadiri oleh 5000 undangan yang terdiri dari orang tua balita, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan,SKPD Pemerintah Kota Tangerang Selatan, BKKBN, serta perwakilan organisasi profesi yaitu IDAI, IDI, IBI, PPNI, PERSAGI.

(Sumber : Direktorat Bina Kesehatan Anak, 2011)