Loading...

Menengok Perbatasan


Berbicara mengenai daerah per- batasan antar negara pasti tidak jauh dari membandingkan antara fasilitas di Republik Indonesia dengan negara tetangga. Banyak anggapan yang beredar bahwa fasilitas

negara tetangga, misalnya Malaysia lebih baik. Masih ada hal lain yang sering dike- luhkan di sektor kesehatan, salah satu- nya adalah keterbatasan jumlah tenaga kesehatan yang bersedia bertugas di DTPK. Menteri Kesehatan dan Menteri PDT sepakat membangun daerah ter- pencil dan perbatasan.

DINKES KAB SAMBAS
Pembangunan kesehatan berlaku di seluruh Indonesia termasuk Daerah Ter-pencil Perbatasan Dan Kepulauan (DTPK). Pembangunan DTPK meru pakan prioritas dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. Kabupaten Sambas Kalimantan Barat memiliki 27 pusk esmas namun 7 diantaranya tidak memiliki tenaga dokter. Puskesmas membutuhkan tenaga ke-sehatan, bu kan hanya dokter tetapi juga tenaga lainnya seperti bidan dan tenaga kes ehatan lainnya.

Berdasarkan informasi dari Kepala Di- nas Kesehatan Kabupaten Sambas, bahwa dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT) lebih memilih bertu- gas di daerah sangat ter- pencil karena mendapat gaji sebesar Rp 5 juta dari Pusat dan Rp 1,5 juta dari Ka- bupaten. Se- bagai contoh, di Puskesmas Sajingan yang merupakan salah satu puskesmas daerah sangat terpencil di kabupa- ten Sambas yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia terdapat lima orang dokter, satu di antaranya dokter PNS dan dokter lain- nya berstatus PTT.

Berdasarkan informasi yang disam paikan oleh Wakil Bupati Sambas, Kondisi status kesehatan Kabu paten Sambas menunjukkan AKB 43,01/1.000 KH (target Nasional 26), AKI 399,6/100.000.KH (target Nasion al 226). Selain itu kondisi Gizi kurang dan gizi buruk masih di atas angka rata nasional 21,55 % dan 4,40%.

PUSKESMAS SAJINGAN

Salah satu permasalahan yang ada di DTPK adalah kondisi geo grafis yang sulit dijangkau dan terisolir. Kendala ini juga dialami oleh tenaga kesehatan daerah perbatasan. Untuk memberikan pelayanan ke masyarakat, tidak jarang harus melalui gunung gunung dan menyeberang laut. Sementara itu waktu tempuh ke Malaysia lebih cepat karena kon disi jalan penghubung yang lebih mulus dibandingkan ke Ibukota Kabupaten Sambas. Karena kon disi jalan yang kurang baik, mau tidak mau sementara ini bila ada kasus yang di luar kewenangan Puskesmas dikirim ke fasilitas Kes ehatan Negara tetangga dengan tarif berobat bisa mencapai 15 kali-lipat. Puskesmas Sajingan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan agar warganya terus memanfaatkan fasilitas yang ada di Indonesia. Jalan penghubung antara Sambas dan Sa jingan sudah ditetapkan menjadi jalan Nasional yang saat ini tengah diba ngun oleh Kementerian PU.

Bupati Sambas mengembangkan perbatasan dengan pendekatan: se curity, charity dan lingkungan. Begi tupula dalam memecahkan masalah keterbatasan tenaga kesehatan telah menyekolahkan dokter menjadi dok ter spesialis 12 orang atau 3 orang per tahun dan 3 orang sudah lulus ditugaskan di RS setempat. Saat ini juga menyekolahkan 50 bidan seb agai tindak lanjut dari proyek HWS yang direkruit dari umum dan 10 anak kader atau anak dukun bayi. Bidan dan perawat yang ditugaskan di dae rah terpencil mendapat tambahan in sentif Rp. 750.000./bulan.

Secara bertahap Kemenkes terus mengupayakan penyediaan fasilitas kesehatan yang lebih baik di pusk esmas dengan ruang rawat inap ini. Dengan harapan bisa menolong ma syarakat setempat dalam menanggu langi masalah kesehatan dan tentu nya juga keterpaduan pembangunan dengan sektor lain juga sangat me nentukan seperti penyedian air bersih dan membuka wilayah terisolir.

Pada kunjungan kerja Kemenkes menyerahkan Puskesling Roda 4 dan Bidan Kit untuk Puskesmas Sa jingan serta 1 unit ambulance untuk Pos Lintas Batas Darat Aruk (Desa di perbatasan) dan peralatan kes ehatan untuk cegah tangkal penyakit menular seperti Flu Burung, HIV-AIDS dll. Kemampuan tenaga Puskesmas juga ditingkatkan untuk dapat melak sanakan kasus-kasus emergency. Pengembangan SDM Kesehatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Bina Kesehatan Komunitas. ▄ (Andewi - Setditjen).