Loading...

Perencanaan Pusda Program Dit.Keskom


Yogyakarta, Tanggal 3 hingga 6 Maret 2010, Direk-torat Bina Kesehatan Komunitas mengadakan pertemuan perencanaan pusat dan daerah. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menjalin koor- dinasi antara Pusat dan Daerah dalam menyusun perencanaan dan anggaran serta sosialisasi program-program di lingkungan Direktorat Bina Kesehatan Komunitas.

Dalam pertemuan ini dihasilkan suatu rekomendasi yang merupakan ke- sepakatan bersama dari pakar dan seluruh peserta. Tahun 2010 meru- pakan tahun pertama dari RPJMN 2010-2014 yang memerlukan perha- tian pelaksana program di pusat dan daerah. Mengingat perlu adanya pe- nyesuaian kebijakan RPJMN 2005- 2009 dan RPJMN 2010-2014 serta Renstra Kemen-terian Kesehatan 2010-2014.,

Berfikir secara sistematis dan kom- prehensif dalam perencanaan keg- iatan di lapangan menjadi sangat vital agar program dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, dengan memperhatikan 3 unsur utama yaitu Pelayanan Kesehatan, Pem- biayaan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Tahun 2010 telah dialokasi- kan dana Yankesdas yang dapat digunakan untuk pelak- sanaan program IKD dan UKBM, Kesehatan DTPK, Kesehatan Perkotaan, Kes- ehatan Olahraga, Kesehatan Indera, Kesehatan Usila, dan Kesehatan Tradisional, yang merupakan lingkup Direktorat Bina Kesehatan Komunitas. Lebih lanjut, UPT Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat harus dapat membangun kerja sama den- gan wilayah binaan, menginisiasi dan memfasilitasi upaya yang harus dikembangkan dalam pelayanan ke- sehatan masyarakat. ▄ (Anang Subur SKM, MPH - Dit. Bina Keskom)